Sukses

16 Tempat Wisata di Mojokerto, Sarat Nilai Sejarah dan Masih Asri

Liputan6.com, Jakarta Saat merencanakan liburan ke Jawa Timur, kebanyakan orang mungkin akan terpikirkan Kota Wisata Batu, dekat Malang. Padahal wisata di Mojokerto tidak kalah menarik untuk dieksplorasi.

Terlebih lagi, Mojokerto merupakan sebuah wilayah yang memiliki sejarah panjang sebagai lokasi salah satu kerajaan terbesar yang pernah berdiri di Nusantara, yang tak lain adalah Majapahit.

Itu hanya salah satu faktor saja yang menjadi daya tarik dari Mojokerto. Selebihnya, wisata di Mojokerto memang memiliki ciri khas dan daya tariknya sendiri, dan tak kalah dari tempat wisata di Jawa Timur lainnya.

Bahkan, wisata di Mojokerto bisa dibilang menyajikan banyak jenis tempat wisata yang dapat mengakomodasi berbagai macam gaya liburan. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, sampai wisata religi tersedia di berbagai tempat wisata di Mojokerto.

Yang jelas, wisata di Mojokerto akan menawarkan pengalaman menarik yang tidak akan pernah Anda dapatkan ketika berwisata di tempat lain. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Mojokerto, yang telah Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Selasa (9/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Mojokerto yang Legendaris

1. Alun-Alun Mojokerto

Alun-alun mungkin terdengar biasa, karena hampir di setiap kabupaten di Pulau Jawa, setidaknya, memiliki alun-alun. Alun-alun Kota Mojokerto terletak di pusat kota, bagi warga Kota Mojokerto dan sekitarnya merupakan tempat rekreasi sekaligus sebagai sarana bersantai bagi keluarga di akhir pekan.

Mulai pagi hari hingga malam hari, tempat ini tidak pernah sepi dari berbagai kegiatan. Pada pagi hari, banyak siswa-siswi memanfaatkan tempat ini untuk melakukan kegiatan olahraga ataupun sebagai tempat sarana bermain.

Kala sore menjelang, alun-alun ini ramai oleh warga sekitar, terutama para remaja. Ketika senja tiba, beberapa PKL mengais rejeki dengan menjajakan aneka dagangannya hingga tengah malam.

Bisa dibilang, alun-Alun Kota Mojokerto merupakan alun-alun yang tak pernah sepi pengunjung. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan keramaian kota.

2. Museum Gubug Wayang

rekomendasi tempat wisata di Mojokerto berikutnya adalah Museum Gubug Wayang. Museum ini adalah museum khusus yang menampilkan seni, budaya, dan etnografi. Perintisan museum berawal dari komunitas-komunitas di Pulau Jawa yang serius dalam pelestarian seni dan budaya.

Pada 15 Agustus 2015, perintisan Museum Gubug Wayang pertama kali diawali dengan membentuk sanggar. Luas Sanggar Gubug Wayang awalnya hanya berukuran kecil.

Sanggar kemudian berkembang sehingga mempunyai 12 cabang sanggar dengan fokus seni dan budaya yang berbeda-beda. Museum Gubug Wayang kemudian menempati sebuah gedung peninggalan Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1912.

Gedung tersebut dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan kain dan sarang burung walet. Jenis koleksi yang dipamerkan berupa wayang, topeng, terakota, keris, wayang Si Unyil, dan mainan tradisional.

Museum ini beralamat di Jalan R.A Kartini Nomor 23, Kauman, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

3. Taman Benteng Pancasila

Taman Benteng Pancasila merupakan tempat wisata di Mojokerto yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Daya tarik dari taman ini adalah desain yang memenuhi kebutuhan hiburan warga. Termasuk wisatawan yang membutuhkan ruang terbuka hijau sekedar melepas capek dari rutinitas pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari.

Taman ini dipadati pengunjung mulai sore hingga malam hari. Keberadaan taman ini juga mendatangkan pekerjaan bagi pedagang makanan ringan dan penjaja camilan khas Mojokerto.

Taman Benpas ini menyediakan beberapa fasilitas, agar pengunjung dapat menikmati taman ini dengan tenang dan aman.

Diantaranya, terlihat fasilitas untuk anak-anak. Yaitu, mobil battery, odong-odong, kereta kelinci, bermain lampu, menaiki kuda keliling dan masih banyak lagi.

4. Kolam Renang Sekarsari

Kolam renang Sekarsari merupakan salah satu objek wisata di Kota Mojokerto yang terbilang legendaris. Pemandian ini berdiri sejak kurang lebih 50 tahun lalu yang dijadikan destinasi wisata masyarakat Mojokerto yang kini telah direvitalisasi dengan ikon menara Tri Bhuwana Tungga Dewi.

Tempat rekreasi ini berada di Jalan Empunala, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

3 dari 5 halaman

Wisata Keluarga dan Wisata Religi

5. Wisata Religi Makam KH Ahyat Halimy

Sepeninggal wafatnya, tempat KH.Ahyat Halimy bersemayam berubah menjadi tujuan baru wisata di Mojokerto yang bertema religi. Berlokasi di Jalan Wakhid Hasim, tempat ini sangat mudah dicapai dengan berbagai moda transportasi.

KH. Ahyat Halimy, merupakan tokoh besar yang banyak memberikan sumbangsih bagi kehidupan beragama di kota Mojokerto, ia juga salah satu pejuang kemerdekaan dan saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Beberapa tahun yang lalu, biografinya telah diterbitkan oleh pemerintah kota Mojokerto, dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa beliau dan sebagai telada bagi warga kota Mojokerto.

Selama hidupnya, banyak hal yang sudah digagas oleh KH Ahyat Halimy, mulai berdirinya Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Lembaga Pendidikan SMP-SMA Islam Brawijaya, YPAY Al Ikhlas, dan RS Sakinah.

6. Taman Ganjaran

Taman Ganjaran adalah tempat wisata di Mojokerto yang selalu populer. Lokasi tempat wisata ini berada di Jl. Raya Tretes – Trawas No.88, Slepi, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto.

Tempat wisata di Mojokerto ini cocok dikunjungi bareng anak-anak atau keluarga. Ini karena di tempat wisata Trawas Mojokerto yang selalu populer ini terdapat wahana bianglala, odong-odong untuk anak-anak, mobil dan motor mini, ATV, berkuda, perahu naga, dan masih banyak lagi.

7. Fresh Green Trawas

Fresh Green Trawas adalah wisata di Mojokerto juga disebut sebagai “Wisata Mendem Duren”. Pecinta durian wajib banget mampir ke tempat wisata di Mojokerto ini.

Untuk mencapai lokasi wisata di Mojokerto ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Mojokerto. Selain bisa makan durian dengan puas, di sini juga sudah tersedia berbagai fasilitas yang akan membuat liburan makin menyenangkan.

8. Bumi Perkemahan Dlundung

Bumi perkemahan dlundung adalah tempat wisata di Mojokerto dengan daya tarik berupa suasana alam yang masih asri ditambah dengan hawa sejuk yang menyegarkan.

Tempat wisata di Mojokerto ini akan membuat siapapun yang berkunjung merasa nyaman dan betah tinggal lebih lama di Bumi Perkemahan Dlundung ini. Fasilitas di Bumi Perkemahan Dlundung cukup memadai. Jadi Pengunjung tak perlu merasa kerepotan untuk memenuhi kebutuhannya.

4 dari 5 halaman

Tempat Nongkrong sampai Pendakian

9. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill adalah salah satu tempat wisata di Mojokerto yang populer. Tempat wisata di Mojokerto ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Lokasi tempat wisata ini berada di desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana menarik. Mulai dari outbound, kolam renang, playground, flying fox, mini zoo, dan masih banyak lagi.

10. Rustic Market Trawas

Rustic Market adalah salah satu tempat wisata di Mojokerto yang cocok untuk yang suka nongkrong. Sebab, tempat wisata ini berupa sebuah café, yang berlokasi di desa Selotapak, Kec. Trawas, Mojokerto.

Tempat wisata di Mojokerto ini semakin populer di media sosial. Ini karena desain bangunan ala rustic Eropa serta memiliki spot ikonik seperti kincir angin Belanda dan Jam Raksasa Mirip Big Ben di London.

11. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah tempat wisata di Mojokerto yang cocok bagi Anda yang suka mendaki gunung. Pendakian akan cukup santai di gunung dengan ketinggian 1.653 meter dari atas permukaan laut ini. Waktu yang dibutuhkan hanya tiga hingga enam jam pendakian. Jalurnya cukup mudah. tempat wisata di Mojokerto ini tentu akan sangat cocok bagi para pendaki pemula.

12. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo merupakan tempat wisata di Mojokerto yang terletak di lereng Gunung Penanggungan, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas.

Petirtaan Jolotundo merupakan bangunan petirtaan yang dibuat zaman Airlangga (Kerajaan Kahuripan). Petirtaan Jolotundo berukuran panjang: 16,85 m, lebar: 13,52 m dan kedalaman: 5,20 m.

Terbuat dari batu andesit yang diparut halus. Candi yang menjadi monumen cinta kasih Raja Udayana untuk menyambut kelahiran anaknya, Prabu Airlangga.

Petirtaan Jolotundo dibangun pada tahun 899 Saka. Sumber lain menyebutkan bahwa candi ini adalah tempat pertapaan Airlangga setelah mengundurkan diri dari singgasana dan diganti anaknya.

5 dari 5 halaman

Air Terjun hingga Kebun Bunga Fotogenic

13. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung ini terletak di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. daya tarik utama dari tempat wisata di Mojokerto ini tentu saja adalah air terjun di lereng Gunung Welirang.

Kawasan air terjun Dlundung dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung-warung yang siap melayani para pengunjung dengan suasana pedesaan yang khas. Nuansa alam pegunungan nan sejuk dan berpanorama indah merupakan daya tarik yang dimilikinya.

14. PPLH Seloliman Trawas

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) adalahsalah satu tempat wisata di Mojokerto yang bisa menjadi alternatif liburan keluarga yang menyenangkan.

PPLH Seloliman juga memiliki sebutan sebagai wisata edukasi karena cocok untuk mengenal lingkungan. Lokasi tempat wisata Trawas Mojokerto yang selalu populer ini berada di Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto

Selain belajar, tempat wisata di Mojokerto ini menyediakan berbagai fasilitas seperti area outbound, penginapan, pusat kuliner, kamar mandi, dan sebagainya.

15. Air Terjun Watu Ondo

Air terjun watu ondo berada di Taman Hutan Raya Raden Soerojo. di tempat wisata di Mojokerto ini terdapat dua aliran air yang jatuh ke tanah, sehingga sekilas terlihat seperti air terjun kembar. Air terjun pertama berketinggian sekitar 75 meter, sementara air terjun yang kedua sekitar 40 meter saja.

16. Poetoek Soeko

Poetoek Soeko berlokasi di desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Tempat wisata di Mojokerto ini merupakan kawasan kebun dengan luas 7000 meter persegi, penuh dengan tanaman bunga matahari. Berada di dataran tinggi menjadikan suasana di tempat wisata ini sangat sejuk dan asri.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS