Sukses

Cara Main UNO Stacko untuk Pemula Serta Aturannya, Seru Juga Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Permainan UNO sekarang menjadi salah satu permainan yang paling digandrungi oleh banyak orang. Biasanya permainan ini dimainkan pada saat berkumpul dengan teman-teman, karena cara main UNO Stacko membutuhkan banyak anggota agar lebih menyenangkan.

Sekarang banyak warung kopi yang menyediakan permainan ini untuk menghidupkan pertemuan para pelanggan. Umumnya yang kita jumpai adalah UNO kartu, namun tidak sedikit juga ada UNO Stacko yang tersedia.  Adapun  banyak cara main UNO Stacko yang seru juga menyenangkan dilakukan.

Terdapat beberapa jenis serta komponen permainan UNO, di antaranya UNO kartu dan UNO Stacko. Sesuai dengan namanya, UNO kartu menggunakan komponen kertas kartu untuk dimainkan. Sedangkan UNO Stacko menggunakan komponen balok-balok yang disusun. Cara main UNO Stacko selain sederhana, akan tetapi permainan ini juga memiliki peraturan yang harus disetujui oleh semua pemain sebelum bermain.

Berikut ini cara main UNO Stacko yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jenis dan Komponen Balok UNO Stacko

Sebelum mengetahui tentang Langkah juga cara main UNO Stacko, maka ketahui terlebih dulu jenis serta komponen dari Uno Stacko.

1. Jenis Balok UNO Stacko

Seperti layaknya permainan UNO kartu pada umumnya, UNO Stacko juga memiliki beberapa jenis balok. Balok-balok tersebut juga memiliki kegunaan masing-masing.

- Balok Angka

Balok angka merupakan balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka pada balok UNO Stacko juga dimulai dari angka 1 hingga 4. Angka-angka tersebut terdapat pada 4 warna yang berada di permainan UNO Stacko, yakni biru, kuning, merah, dan hijau.

- Balok Skip

Balok berikutnya juga memiliki lambang lingkaran yang tidak dicoret pada tiap sisinya. Hal ini berarti bahwa pemain selanjutnya tidak akan mendapatkan giliran atau dilewati dalam satu giliran tersebut.

- Balok Turn Around atau Reverse

Jenis balok ini merupakan balok yang memiliki simbol dua panah yang saling berlawanan arah, serta menandakan bahwa giliran pemain akan diputar balik.

- Balok Wild

Balok Wild juga adalah balok yang memiliki warna ungu, dan dapat diambil kapan saja oleh para pemain. Nantinya, orang yang mengambil balok ungu akan menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain selanjutnya.

- Balok Draw 2

Jenis balok dengan lambang dua kotak pada tiap sisinya ini,  menandakan bahwa pemain selanjutnya harus mengambil 2 balok dengan warna yang sama pada balok draw 2 block ini.

2. Komponen Balok UNO Stacko

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis balok dalam UNO Stacko, maka ada juga komponen-komponen yang ada di UNO Stacko. Berikut komponen-komponen tersebut:

- 4 Balok Skip

- 1 Balok Wild

- 8 Balok Biru

- 4 Balok Draw two

- 4 Balok Reverse

- 8 Balok Merah

- 8 Green Balok Hijau

- 8 Yellow Balok Kuning

3 dari 4 halaman

Cara main UNO stacko

Adapun cara bermain UNO Stacko yang sederhana.

Cara main UNO stacko sederhana

Cara main UNO stacko yang pertama, pemain dapat memberikan peraturan -peraturan sesuai yang akan disepakati bersama.

1.  Pemain yang mengambil balok hanya akan diperbolehkan menggunakan satu tangan saja. (Bahkan, ada aturan yang hanya memperbolehkan menggunakan dua jari saja)

2.  Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika balok-balok bersimbol digunakan oleh pemain lain, maka pemain selanjutnya wajib mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing simbol.

3.  Balok yang diizinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah. Balok pada level 1,2, dan 3 pada bagian atas tidak diizinkan untuk diambil.

4.  Balok pertama yang akan diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka.

5.  Pemain yang meruntuhkan susunan Menara, maka diharuskan menyusun dan menata kembali menara agar dapat dimainkan kembali.

Menyusun UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu yang pertama adalah kamu dapat menyusunnya terlebih dahulu. Cara penyusunannya, kamu bariskan 3 balok secara acak pada masing-masing tingkatan lalu susunan balok dilakukan secara menyilang antara baris satu dan selanjutnya, begitu seterusnya.

Cara main UNO Stacko kayu

UNO Stacko dapat dimainkan oleh 2 hingga 10 pemain, jadi kamu memiliki teman yang cukup banyak, untuk melakukan permainan ini, serta menjadi salah satu rekomendasi permainan yang sangat menyenangkan.

1.  Pemain pertama harus mengambil balok pada bagian bawah ataupun tengah.

2.  Selanjutnya, setelah balok tersebut diambil, maka pemain tersebut harus meletakkan kembali balok tersebut di bagian atas menara.

3.  Pemain berikutnya juga harus mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya.

4.  Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

4 dari 4 halaman

Aturan Main UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu juga memiliki berbagai aturan. Aturan ini tentunya akan membuat permainan menjadi lebih menegangkan. Berikut beberapa aturan yang biasa digunakan dalam menerapkan cara main UNO Stacko kayu:

- Pemain yang mengambil balok hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan saja.

- Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika balok-balok bersimbol digunakan oleh pemain lain, maka pemain selanjutnya wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing simbol.

- Balok yang diijinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah, balok pada level 1,2, dan 3.

- Balok pertama yang diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka

- Pemain yang meruntuhkan susunan menara diharuskan menyusun dan menata kembali menara agar dapat dimainkan kembali.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS