Sukses

16 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Berat yang Ampuh, Wajib Dicoba

Kumpulan cara menghilangkan rasa ngantuk berat di pagi dan siang hari.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara menghilangkan rasa ngantuk berat akan membuat aktivitas keseharian lebih produktif dan lancar. Rasa ngantuk atau kantuk yang berat di pagi dan siang hari pada sebagian orang sangat sulit dikendalikan. Sebenarnya ini terjadi bukan tanpa alasan! 

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara menghilangkan rasa ngantuk berat paling ampuh adalah menghindari penyebabnya. Kemudian cara menghilangkan rasa ngantuk berat adalah mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat.

Mulai dari mencukupkan konsumsi air, vitamin, dan nutrisi. Kemudian cara menghilangkan rasa ngantuk berat, penting sekali memperhatikan keseimbangan penggunaan energi tubuh. Itulah penjelasan singkat tentang cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang wajib dicoba.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam enam belas cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh, Selasa (9/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Berat yang Ampuh

1. Minum Air Putih

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah mencukupi konsumsi air putih. Ketika mengalami kantuk yang berat, jangan ragu untuk langsung minum air putih. Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh ini wajib dicoba.

Kelelahan merupakan salah satu tanda dehidrasi. Fungsi sel-sel tubuh akan terganggu ketika asupan cairan di dalam tubuh tidak cukup, hingga menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, cukupilah konsumsi air putih setiap harinya sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh.

2. Mandi Dingin atau Cuci Muka

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah mencuci muka atau mandi dengan air dingin. Mencuci muka atau mandi dengan air dingin disebut cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh.

Mandi air dingin menjadikan aliran darah di dalam tubuh terasa lebih lancar. Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh ini sekaligus membuat tubuh kita terasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Bergerak

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah bergeraklah. Jika merasakan kantuk saat bekerja atau menjalani aktivitas, cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh bergerak sejenak.

Studi menyebutkan cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh dengan melakukan jalan kaki selama 10 menit wajib dicoba. Jalan kaki 10 menit dikatakan dapat meningkatkan semangat yang berkurang akibat terlalu lama berfokus dengan pekerjaan.

4. Peregangan

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah melakukan peregangan. Gerak tubuh dengan meregangkannya selain berjalan adalah cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh.

Lakukan cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh dengan peregangan ringan. Peregangan tubuh sejenak dapat menstimulasi peningkatan denyut jantung dan berpotensi menghilangkan ngantuk.

5. Makan Camilan Sehat

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah makan camilan sehat, bukan camilan gurih dan manis ya! Ketika kadar gula darah menurun (hipoglikemia), secara medis seseorang bisa merasakan gejala lemas, lelah, mengantuk, hingga nyeri kepala.

Maka dari itu, cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah rehat sejak sambil mengonsumsi camilan ringan dan sehat. Contoh cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah konsumsi camilan yang mengandung serat, seperti buah, sayur, dan snack bar.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Berat yang Ampuh

6. Bernapas dengan Dalam

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah bernapas dengan dalam, ini mirip dengan meditasi. Mengambil napas dalam-dalam diyakini dapat meningkatkan kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh.

Melakukan cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh ini, mampu meningkatkan fungsi sirkulasi tubuh hingga mampu meningkatkan level energi seseorang. Selain itu, cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh juga dapat menurunkan stres dan kecemasan.

7. Hindari Layar Sejenak

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah menghindari menatap layar sejenak. Terlalu lama memandang layar dapat menyebabkan ketegangan otot mata dan berakhir pada kondisi astenopia (mata lelah).

Hal ini terjadi karena otot mata terus-menerus berkontraksi demi melihat arah dekat. Kelelahan otot mata dapat memperberat rasa kantuk yang dialami. Maka cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh coba alihkan pandangan ke hal yang lain terlebih dahulu.

8. Sarapan

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah jangan pernah melewatkan sarapan. Hal ini sekaligus pencegah kantuk di pagi dan siang hari yang wajib dicoba.

Pilihlah sarapan dengan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, buah-buahan, dan sayur-sayuran sebagai menu sarapanmu.

Proses penyerapan nutrisi dari makanan yang memiliki karbohidrat kompleks, berjalan lebih lambat membuatnya menjaga energi lebih lama. Ini cocok dijadikan cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh.

9. Rutin Berolahraga

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah rutinkan kebiasaan berolahraga. Olahraga atau aktivitas fisik akan membantu melancarkan peredaran darah, inilah sumber kantuk pasti tidak datang di siang hari bahkan pagi hari.

Rutin berolahraga akan menjadikan penggunaan oksigen di dalam tubuh menjadi semakin efektif dan optimal, membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan segar untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh, rutinkan berolahraga selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Olahraga seperti apa? Lakukan olahraga yang disukai, seperti bersepeda, berenang, joging, ataupun jenis olahraga lainnya.

10. Rutin Berjemur

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah selain berolahraga juga rutin berjemur. Paparan sinar matahari memiliki peran penting dalam siklus bangun dan tidur manusia, selain untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D.

Mengenai cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh ini diungkap dalam sebuah penelitian. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan masalah tidur, terutama kantuk di siang hari.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Berat yang Ampuh

11. Berbincang

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah berbincang dengan siapa saja dan topik apa saja asal itu menyenangkan serta ringan. Melakukan cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh ini disebut dapat membantu otak untuk tetap terjaga dan fokus. Berbincang akan membuat otak selalu waspada menanggapi orang lain saat berbicara dengan kita.

12. Mendengarkan Musik

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah mendengarkan musik. Cobalah cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh dengan memilih musik favorit. Hal ini pada sebagian besar individu, bisa membangkitkan stamina serta konsentrasi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

13. Menghirup Aroma Tajam

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah menghirup aroma yang tajam. Meski belum ada penelitian yang pasti meyakini keampuhannya, banyak individu berhasil dengan cara ini. Cobalah cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh dengan menghirup aroma yang kuat seperti minyak kayu putih, lemon, daun mint, hingga kopi.

14. Membuat Ruang Kerja Terang

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah tak hanya berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi, tetapi jaga ruang kerja tetap terang. Apabila sangat memungkinkan, cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah buka jendela dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari mampu menambah energi dan meningkatkan fokus saat bekerja.

15. Tidak Makan Siang yang Berat

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah hindari makan siang yang terlalu berat. Makan terlalu banyak dan berat adalah salah satu penyebab kantung di siang hari. Cobalah cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh dengan mengonsumsi sayur dan buah daripada daging.

16. Power Nap atau Tidur Siang Sebentar

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh adalah melakukan power nap atau tidur siang sebentar. Cobalah cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang ampuh dengan tidur siang selama 15-30 menit. Para ahli mengungkap tidur siang sebentar mampu meningkatkan fungsi otak dan stamina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.