Sukses

Wisata Alam Kalibiru, Wisata Jogja Tersembunyi yang Menarik untuk Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Wisata Alam Kalibiru menyuguhkan wisata dengan keindahan alam yang masih asri dan indah di Jogja. Kalibiru merupakan desa wisata di sisi barat Jogja yang merupakan salah satu Kawasan di pegunungan Menoreh. Tepatnya berlokasi di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

Area Wisata Alam Kalibiru sebelumnya merupakan area hutan pinus yang tidak terawat, tandus dan gersang. Namun karena upaya masyarakat setempat hutan tersebut dapat pulih dan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang popular di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Merupakan salah satu destinasi wisata populer saat ini, Wisata Alam Kalibiru bisa dikunjungi kapanpun oleh wisatawan, namun waktu terbaik adalah ketika musim hujan karena area hutan Kalibiru akan lebih sejuk dengan panorama alam yang semakin indah karena adanya kabut tipis yang menghiasi.

Wisata Alam Kalibiru juga memiliki fasilitas untuk pengunjung yang terbilang lengkap, untuk lebih jelasnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022). Informasi lengkap tentang Wisata Alam Kalibiru mulai dari fasilitas, harga tiket masuk hingga akses menuju lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Kalibiru Dan Rute Aksesnya

Lokasi dan Akses Menuju Lokasi

Tempat Wisata Alam Kalibiru berada di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta, tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota adalah sekitar 40 kilometer.

Kalibiru juga berdekatan dengan objek wisata lain seperti Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, dan air terjun Sidoharjo. Bahkan dari Kalibiru ini, akan bisa dilihat pemandangan menawan Waduk Sermo dari jarak dekat.

Untuk dapat mencapai lokasi tempat Wisata Alam Kalibiru, pengunjung bisa melalui beberapa rute alternatif yang bisa dipilih, diantaranya bisa dengan melalui Rute Sermo, Rute Malioboro, atau Rute Clereng dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

- Rute Malioboro

Rute pertama adalah rute Malioboro. Untuk wisatawan yang ingin menuju Kulon Progo dari Malioboro dapat mengambil jalur Purworejo. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai di terminal Wates. Dari terminal wates, ikuti penunjuk jalan untuk menuju ke waduk Sermo. Dari Sermo, ikuti terus rute yang ada untuk menuju Kalibiru.

- Rute Sermo

Rute ke wisata alam Kalibiru yang kedua adalah rute terbanyak yang digunakan oleh wisatawan. Alasannya adalah karena dalam perjalanan, akan dijumpai juga pemandangan waduk Sermo yang indah, sehingga perjalanan akan lebih menyenangkan. Jika kamu adalah orang yang lebih menikmati perjalanan daripada tujuan destinasi, rute ini akan cocok untukmu.

- Rute Clereng

Rute terakhir adalah rute Clereng. Perjalanan dengan rute ini lebih cepat daripada rute pertama dan kedua. Jika kamu tidak begitu suka perjalanan jauh dan lebih suka perjalanan singkat, anda dapat memilih rute ini. Dari pusat kota, kamu bisa menuju Sentolo, lalu ke Pengasih. Namun, setelah perempatan Pengasih, berbelok ke arah kanan (menuju Clereng). Ikuti saja rute itu untuk menuju Kalibiru.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Kalibiru dan Fasilitasnya

Tempat Wisata Alam Kalibiru memiliki sejumlah fasilitas wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Utamanya adalah wisata berupa spot foto kekinian yang instagramable, wahana outbound, hingga menara pandang. Terdapat juga fasilitas umum yang lengkap seperti masjid, tempat parkir, tempat makan dan banyak lagi. Berikut informasi lengkapnya.  

Fasilitas Spot Foto

Wisata Alam Kalibiru memiliki sejumlah spot foto kekinian yang instagramable untuk para wisatawan. Terdapat spot foto berbentuk gardu pemandangan atau rumah pohon, spot foto berbentuk bunga, spot panggung, spot foto berbentuk kano terbang dan spot foto sepeda langit. Untuk dapat berfoto di spot foto ini anda cukup membayar sekitar 10.000 hingga 15.000 untuk masing-masing spot foto.

 

Fasilitas Outbond

Wisata Alam Kalibiru memiliki flying fox yang bisa dicoba oleh semua kalangan, yaitu dengan harga Rp 5.000 rupiah per orang (untuk anak-anak) sampai Rp 10.000 per orang (untuk dewasa). Namun flying fox ini baru bisa digunakan pada hari Minggu mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Selain flying fox ada juga sarana outbond berupa jembatan monyet. Jembatan monyet ini adalah sebuah jembatan gantung yang terhubung dari pohon yang satu ke pohon yang lain. Bahan yang digunakan adalah papan-papan kayu dengan tali-temali.

Dari atas jembatan, anda dapat melihat pemandangan Waduk Sermo yang terlihat indah dari atas. Untuk yang takut ketinggian, tidak usah cemas karena sudah ada penjaga yang bisa memasangkan tali pengaman.

 

Fasilitas Menara Pandang

Wisata Alam Kalibiru juga memiliki menara pandang untuk menikmati pemandangan perbukitan dari Kalibiru. Dari sana juga akan bisa didapatkan pemandangan matahari terbenam yang keren jika berkunjung pada saat yang tepat.

Selain itu, ada beberapa gardu pandang berbentuk rumah pohon untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan berburu foto sunset yang keren. Pemandangan perbukitan yang hijau dan dingin juga akan memanjakan mata para wisatawan. Tidak heran mengapa ada banyak anak muda yang ingin mengabadikan momen di sana.

 

Fasilitas Trekking

Di Wisata Alam Kalibiru juga terdapat fasilitas trekking atau jelajah alam, ada beberapa rute dan medan perjalanan yang bisa ditempuh. Wisatawan bebas memilih pada trek mana mereka akan berjalan. Ada trek yang berjarak hanya 1,5 km, 3 km, 5 km, hingga 7 km.

Selama perjalanan, kamu juga bisa melihat keanekaragaman fauna yang tersebar, seperti elang, celeng, landak, ayam hutan, serta harimau. Jika kamu berencana naik gunung, ada baiknya melatih fisik dahulu sebelum melakukan trekking di trek Kalibiru ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Kalibiru dan Harga Tiketnya

Harga Tiket Masuk Dan Atraksi Wisata

Wisata Alam Kalibiru merupakan destinasi wisata yang terjangkau untuk semua kalangan dan cocok untuk orang-orang yang tidak ingin menghabiskan uang banyak untuk berwisata di sekitaran Yogyakarta. Berikut ini rinciannya:

Tiket Masuk per Orang   Rp10.000

Parkir Mobil     Rp5.000

Parkir Motor    Rp2.000

Spot Foto 1     Rp15.000

Spot Foto 2     Rp10.000

Spot Foto 3     Rp10.000

Spot Foto 4     Rp15.000

Spot Foto Bundar        Rp15.000

Spot Foto Panggung    Rp15.000

Spot High Rope Game (HRG)   Rp35.000

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS