Sukses

12 Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Menarik

Tempat wisata di Berastagi ini menjadi salah satu kota di Sumatera Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Berastagi wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Berastagi adalah salah satu kota di Kabupaten Karo Sumatera Utara. Di sini ada banyak rekomendari tempat wisata yang bernuansa alam.

Tempat wisata di Berastagi merupakan destinasi favorit yang lagi hits dan menjadi incaran wisatawan. Tempat wisata di Berastagi ini menawarkan berbagai pilihan destinasi, mulai dari pegunungan, taman wisata, hingga bangunan bersejarah.

Tempat wisata di Berastagi ini menjadi salah satu kota di Sumatera Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Hal ini karena tempat wisata di Berastagi memiliki alam yang asri dan sejuk, sehingga cocok untuk menghilangkan penat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Berastagi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Dikunjungi

1. Pagoda Taman Lumbini

Taman Alam Lumbini merupakan rekomendasi tempat wisata di Berastagi yang wajkib dikunjungi. Taman Alam Lumbini ini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Taman ini merupakan bagian dari sebuah Vihara yang sengaja dibangun sebagai tempat ibadah masyarakat Budha yang ada di sekitar daerah Karo. Biasanya, mayoritas pengunjung taman ini hanya memanfaatkan bagian sekitar taman terutama bagian Vihara untuk dijadikan sebagai latar belakang pengambilan foto.

2. Bukit Kubu Berastagi

Bukit Kubu merupakan tempat wisata di Berastagi yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata di Berastagi ini berlokasi di Jalan Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Semajaya, Kabupaten Karo.

Tempat wisata di Berastagi ini tergolong paling mudah untuk diakses dari di antara tempat wisata di Karo lainnya. Adapun berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berkeliling menggunakan kuda dan delma, bermain flying fox, main mobil remote control, dan lain sebagainya.

3. Bukit Gundaling

Tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Bukit Gundaling. Tempat wisata ini merupakan daerah bukit yang terletak di Jalan Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karoini.

Di sini kamu dapat dengan leluasa menyaksikan pemandangan Kota Berastagi dari ketinggian. Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.575 mdpl ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Berastagi.

Tempat wisata di Berastagi ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk melihat aktivitas Gunung Sinabung. Berkeliling sambil menunggangi kuda bisa kamu pilih untuk menikmati seluruh keindahan alam di sini.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Dikunjungi

4. Penatapan Berastagi

Penatapan Berastagi merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Di tempat di Berastagi ini kamu bisa duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan alam dan sajian kuliner sederhana seperti mi rebus dan jagung bakar.

Kondisi alam di sekitar Penatapan ini benar-benar masih asri. Kondisi udaranya masih sangat segar dengan pepohonan besar yang tumbuh di seluruh bagian penjuru wilayahnya. Ketika berkunjung saat malam hari, kamu akan menyaksikan pemandangan cantik. Pasalnya kamu akan melihat kelap-kelip lampu kota yang indah, ditemani dengan sajian kuliner.

5. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna merupakan tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi berikutnya. Air terjun ini terletak di Kawasan Perkemahan Sibolangit yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan debit air yang cukup deras.

Mirip namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan hijau. Aliran air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari arus sungai yang terbentuk berkat letusan Gunung Sibayak. Walaupun mengandung belerang, air di tempat ini cenderung tidak lengket dan tidak beraroma belerang sama sekali.

6. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk. Pemandian ini terletak di Desa Daulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 58 kilometer dari Kota Medan.

Pemandian air panas ini memiliki sumber air panas alami dengan belerang yang berasal dari lava Gunung Sibayak sehingga cocok dijadikan untuk sekedar relaksasi dan merasakan hangatnya air belerang ditambah sejuknya udara pegunungan.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Dikunjungi

7. Desa Lingga

Tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Kampung Tradisional Desa Lingga. Tempat wisata ini berlokasi 15 kilometer dari pusat Kota Berastagi. Kampung ini merupakan salah satu dari beberapa kampung di Kari yang masih menjaga budaya dan tradisi suku Karo.

Desa Lingga ini terletak sekitar 1.200 mdpl. Ada banyak bangunan rumah tradisional atau rumah adat suku Karo yang sudah berusia lebih dari 250 tahun. Selain rumah adat, Desa Lingga juga memiliki banyak bangunan tradisional lainnya seperti Jambur, Geriten, Sapo Page, Museum, dan lain sebagainya.

Seluruh bangunan tradisional yang didirikan menggunakan arsitektur bangunan tradisonal suku Karo, yaitu berbentuk memanjang dengan satu ruangan besar di dalamnya tanpa ruang kamar mandi. Uniknya lagi, satu bangunan rumah adat bisa menampung 8 hingga 10 keluarga. Hal ini dikarenakan rumah adat ini tidak memiliki ruang kamar.

8. Desa Peceren

Tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Desa Peceran. Desa ini merupakan salah satu desa budaya yang masing memegang teguh tradisi dan budaya suku Karo. Berkunjung ke sini kamu akan disuguhkan berbagai macam wisata sejarah dan budaya Karo. Mulai dari rumah adat hingga kehidupan budaya masyarakat sekitar, semuanya bisa kamu nikmati di tempat ini.

Salah satu tempat paling menarik yang selalu menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata Berastagi ini adalah rumah adat suku Karo. Ada sekitar enam rumah adat di desa Peceren ini.

9. Funland Mikie Holiday

Tempat wisata di Berastagi yang wajib kamu kunjungi berikutnya yaitu Funland Mikie Holiday. Tempat wisata ini mengusung konsep taman bermain sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Di dalam Funland Mikie Holiday terdapat kurang lebih 40 wahana yang bisa kamu coba, seperti Flying Fish, Bumper Bee, Bon Voyage, Dino Tracker serta masih banyak lagi. Untuk tiket masuk wisata ini cukup dengan membayar Rp 40.000 per orang dan kamu bisa bermain sepuasnya. Tempat wisata di Beratagi ini hanya buka di akhir pekan saja yaitu pada Sabtu dan Minggu, mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Dikunjungi

10. Danau Lau Kawar

Tempat wisata di Berastagi yang bernuansa alam yaitu Danau Lau Kawar. Danau yang terletak di bawah kaki Gunung Sinabung ini memiliki luas kurang lebih 200 hektare. Pemandangan hijau sekitar danau serta airnya yang tenang dan bening menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Suhu di danau ini terbilang dingin karena letaknya berada di bawah kaki gunung.

Selain menikmati indahnya pemandangan, terdapat pula beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan di danau ini, seperti memancing, naik kapal boat, menyewa perahu, hingga panjat tebing.

Di pinggiran danau juga terdapat lahan luas yang bisa digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda jika ingin sambil bermalam di Danau Lau Kawar. Pengunjung yang datang ke danau tidak dikenakan biaya retribusi, hanya perlu membayar biaya parkir saja. Untuk motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

11. Air Terjun Sikulikap

Tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Air Terjun Sikulikap. Air terjun Sikulikap berada di tengah hutan tropis, dengan masih banyaknya bebatuan di sekitarnya yang semakin membuat panorama air terjun ini tampak alami. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 m sehingga membuat kita akan berdecak kagum dengan keindahannya tersebut.

12. Kebun Raya Tongkoh

Tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi lainnya adalah Kebun Raya Tongkoh. Di kebun ini kamu bukan hanya puas menikmati indahnya pepohonan yang berbuah ranum tetapi juga bisa memetik sendiri buah langsung dari pohonnya.

Ada tiga jenis buah yang jadi unggulan di Kebun Raya Tongkoh yaitu stroberi, jeruk dan markisa. Buah segar yang telah kamu petik bisa kamu nikmati di lokasi atau juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.