Sukses

RIP Artinya dalam Bahasa Indonesia, Kenali Ungkapan Belasungkawa Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta RIP artinya mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Istilah dalam bahasa Inggris ini memang sudah sering kamu temukan di sosial media. Biasannya ungkapan RIP ini diucapkan saat adanya seseorang yang meninggal dunia.

RIP biasanya juga diikuti dengan kalimat lainnya yang dapat menunjukkan bahwa kamu turut berduka atas meninggalnya seseorang. RIP sendiri merupakan kependekan atau singkatan dari Rest In Peace.

RIP artinya bekaitan dengan ucapan belasungkawa. Saat seseorang meninggal, kamu bisa mengucapkan kata ini secara langsung. Tidak jarang juga ditemui kata RIP ini disebutkan di media sosial saat seseorang yang terkenal meninggal dunia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022) tentang RIP artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

RIP Artinya

RIP artinya dalam bahasa Indonesia tentunya perlu dipahami oleh setiap orang. Istilah RIP biasanya digunakan sebagai ucapan belasungkawa dan doa untuk orang yang sudah meninggal. Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan istilah ini saat mengucapkan duka cita di media sosial. RIP artinya Rest In Peace. RIP artinya dalam bahasa Indonesia yaitu bersitirahat dalam damai atau beristirahat dengan tenang.

Melansir KapanLagi, menurut Jonar T. H. Situmorang, dalam buku Kristologi menyebut bahwa sebenarnya RIP artinya adalah singkatan dari bahasa Latin, yaitu Requisecant In Peace yang maknanya kurang lebih juga 'semoga beristirahat dalam kedamaian'. Sehingga, wajar jika istilah RIP artinya dipakai untuk ungkapan belasungkawa,dengan maksud mendoakan agar orang yang meninggal bisa tenang di alam sana.

RIP artinya berkembang dengan penggunaan oleh anak muda di media sosial. RIP artinya dalam bahasa gaul terkadang tidak berkaitan dengan kematian seseorang. Namun, RIP artinya dalam bahasa gaul berkaitan dengan berbagai hal yang mati atau hilang. RIP artinya berubah dan digunakan sebagai ungkapan keprihatinan atas situasi tertentu. Hal ini kerap kita lihat di media sosial, terutama dengan mengunakan hashtag.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris Lainnya

RIP artinya hanyalah salah satu ungkapan belasungkawa yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Masih banyak lagi ungkapan lainnya yang bisa kamu ungkapkan saat mendengar kabar seseorang meninggal, yaitu sebagai berikut:

1. Our thoughts and prayers are with you (Kami selalu mendoakanmu).

2. I am sorry to hear about your loss (saya turut berduka cita atas kehilangan yang menimpamu).

3. We are mourning to hear your lost. Be strong. (Kami sangat sedih mendengar kabar duka ini. Tetap kuat ya!).

4. We will treasure our memories of him/her and offer you our condolences. (Kami akan menghargai kenangan kami tentang dia dan menyampaikan belasungkawa kami)

5. I am sorry, but I am at a loss words (saya turut berduka cita).

6. I am so sorry to hear that disaster you are experienced. (Aku turut berduka cita mendengar musibah yang kau alami ini).

7. We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence. (Kami turut berkabung atas kehilangan yang sangat dalam dengan simpati dan belasungkawa yang sangat dalam).

8. I am lost for words at this sad time. Please know that I am thinking of you and praying for peace and comfort. (Saya kehilangan kata-kata pada saat yang menyedihkan ini. Ketahuilah bahwa saya memikirkanmu dan berdoa untuk kedamaian dan ketenanganmu)

4 dari 4 halaman

Ungkapan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris Lainnya

9. No words can comfort you from your sadness, but don't worry, we are always here for you. (Tidak ada kata-kata yang bisa menghiburmu dari rasa sedih, tapi jangan khawatir, kita semua di sini untukmu).

10. In sorrow, we mourn those lost. In gratitude, we embrace those around us. In sympathy, we reach out to those who grieve. (Dalam kepedihan, kami berduka cita kepada yang telah meninggal. Dalam rasa syukur, kami merangkul yang berada di sekitar. Dalam simpati, kami meraih mereka yang berkabung).

11. A good person will grant the best place in Heaven. Our deepest condolences for you loss. (Orang yang baik akan mendapatkan tempat terbaik di surga. Kami ingin menyampaikan rasa belasungkawa kami yang paling dalam).

12. The ones we love are never gone; they live within our hearts. We are sorry beyond words for your loss. (Orang-orang yang kita cintai tidak pernah pergi; mereka hidup di dalam hati kita. Kami minta maaf melebihi kata-kata atas kehilangan Anda).

13. May the peace that comes from the memories of love shared comfort you now and in the days ahead. (Semoga ketenangan yang datang dari kenangan bahagia dapat membuatmu merasa lebih baik sekarang dan seterusnya).

14. I am deeply saddened by the loss that you and your family have encountered. My condolences. (Aku sangat sedih oleh kehilangan yang dilaluimu dan keluargamu. Turut berduka cita).

15. If the people we love are stolen from us, the way to have them live on is to never stop loving them. James O'Barr (Jika orang yang kita cintai dicuri dari kita, cara agar mereka tetap hidup adalah dengan tidak pernah berhenti mencintai mereka).

16. I offer you my thoughts, prayers and well-wishes during this dark time in your life. (Aku berikan perhatian, doa, dan harapan yang baik pada saat-saat kelam di dalam hidupmu ini).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.