Sukses

14 Cara Menyembuhkan Batuk dengan Obat Alami Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan batuk bisa dengan menggunakan obat yang berasal dari bahan-bahan alami. Secara umum, batuk adalah hal yang normal. Batuk dapat membantu menjaga tenggorokan Anda bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Namun batuk juga bisa mengganggu jika dibiarkan tanpa pengobatan.

Menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat, sangat penting dipahami untuk cara menyembuhkan batuk. Akan lebih baik pula jika dalam penyembuhan batuk dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga terhindar dari efek samping.

Cara menyembuhkan batuk bisa dilakukan dengan melakukan berbagai langkah seperti mengonsumsi air hangat hingga beristirahat dengan cukup. Namun jika anda ingin segera menyembuhkan sakit batuk yang diderita, terdapat beberapa cara menyembuhkan batuk yang bisa dicoba.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022). Tentang cara menyembuhkan batuk dengan menggunakan obat alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Obat Alami

1. Madu

Cara menyembuhkan batuk yang pertama adalah dengan mengonsumsi madu. Dibuktikan dengan banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat madu yang juga dapat meredakan batuk dan lebih efektif daripada obat batuk yang beredar di pasaran.

Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampur hingga 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Anda juga bisa makan 2 sendok teh madu atau membuatnya sebagai olesan roti untuk camilan.

 

2. Daun Peppermint

Daun peppermint terkenal karena khasiat penyembuhannya. Menthol dalam peppermint dapat membantu menenangkan tenggorokan dan membuat pernapasan terasa lebih mudah. Anda bisa mengolahnya menjadi teh peppermint atau menghirup uap peppermint dengan menyeduhnya menggunakan air panas.

Untuk membuat perawatan uap, tambahkan 7 atau 8 tetes minyak esensial peppermint ke sekitar secangkir air yang baru saja direbus. Letakkan handuk di atas kepala anda dan ambil napas dalam-dalam tepat di atas air.

 

3. Berkumur air asin

Meskipun obatnya mungkin tampak relatif sederhana, berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan anda batuk. Mencampur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan ½ liter air hangat dapat membantu meredakan iritasi.

 

4. Jahe

Jahe adalah obat tradisional yang popular dan sering digunakan untuk mengobati mual dan sakit perut, tidak hanya itu jahe juga dapat meredakan batuk. Penelitian menunjukan bahwa jahe dapat mengendurkan otot-otot saluran napas. Jahe juga memiliki senyawa anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan.

Jika anda sedang batuk, teh jahe adalah pilihan terbaik. Cairan panas dapat mengurangi iritasi, kekeringan, dan lendir di tenggorokan. Untuk membuat teh jahe, iris 1 inci ruas akar jahe segar. Rebus dalam 1 gelas air selama 10 sampai 15 menit.

 

5. Kunyit

Kunyit telah digunakan secara tradisional untuk banyak penyakit selama bertahun-tahun, termasuk batuk. Senyawa aktifnya, kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Disarankan untuk mengkonsumsi kunyit dengan lada hitam.

Hal ini karena piperin, senyawa utama dalam lada hitam, meningkatkan bioavailabilitas kunyit dan  dapat mendukung penyerapan kunyit oleh tubuh. Cobalah menyeruput teh kunyit hangat dan tambahkan sedikit lada hitam dengan sedikit madu untuk rasa manis.

3 dari 5 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Obat Alami

6. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, mereka membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal. flora gastrointestinal adalah bakteri baik dalam perut.

Penelitian juga menunjukkan penurunan jumlah orang yang tertular infeksi saluran pernapasan atas setelah diberi berbagai jenis probiotik. Cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, antara lain kol parut, yogurt, kefir, kombucha, tempe dan masih banyak lagi.

 

7. Minum Air Hangat

Salah satu cara terbaik untuk meredakan batuk adalah dengan minum banyak cairan. Minum cairan dapat membantu meringankan kekeringan di tenggorokan, yang merupakan penyebab umum batuk. Ini juga membantu mengencerkan lendir, yang dapat meredakan batuk dan hidung tersumbat.

Cairan panas seperti kaldu atau teh sangat ideal untuk batuk. Jika anda lebih suka minuman dingin, pilihlah minuman non-karbonasi seperti air atau teh tanpa pemanis. Mengisap es batu juga dapat membantu.

 

8. Bromelin

Cara menyembuhkan batuk yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi Bromelin. Bromelain adalah enzim yang berasal dari nanas. Bromelin memiliki sifat anti-inflamasi dan juga memiliki sifat mukolitik, yang dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh. Anda dapat minum jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk.

 

9. Gunakan Bantal Ekstra Saat Tidur

Batuk sering memburuk di malam hari karena saat dalam posisi berbaring, posisi hidung yang mengarah ke atas menyebabkan lendir menggenang di tenggorokan anda, dan tidak mengalir keluar. Ini memicu refleks batuk sebagai sarana untuk mengeluarkan lendir itu.

Mengangkat kepala dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Tidur dengan cara ini juga membantu meringankan GERD (penyakit refluks gastroesofageal), yang dapat menyebabkan batuk malam hari.

 

10. Menggunakan Pembersih Udara

Pembersih udara membantu menghilangkan debu dan penyebab alergi dari rumah yang dapat memicu bersin, batuk, dan pilek. Pembersih udara bekerja dengan menggerakkan udara di rumah melalui serangkaian filter yang membersihkan jamur, bakteri, atau debu kemudian menghasilkan udara segar dan bersih.

Pembersih udara sangat membantu bagi orang yang menderita alergi musiman. Seperti pelembab udara, pembersih udara cenderung efektif hanya di satu ruangan, jadi ingatlah untuk menempatkannya dengan bijak. Penting juga untuk membersihkan pembersih udara secara teratur untuk memastikan filter bekerja dengan baik.

4 dari 5 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Obat Alami

11. Bawang Putih

Cara menyembuhkan batuk berikutnya adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti-inflamasi ringan. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dikatakan dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih dimaksudkan untuk meredakan batuk yang terkait dengan flu biasa.

 

12. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dengan kamar mandi yang dipenuhi Uap dapat membantu meredakan batuk. Berendam atau hanya sekedar diam dalam ruangan selama beberapa menit dapat meredakan batuk dan gangguan pernapasan.

Mandi uap atau air hangat dapat membantu melembabkan saluran udara di bagian atas, ini juga dapat membantu memecah lendir di dada dan mengeluarkannya. Disarankan untuk mandi air hangat atau uap setidaknya lima menit sampai sepuluh menit.

 

13. Minum Jus Lemon

Cara menyembuhkan batuk yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus lemon. Kaya akan vitamin C, lemon menjadi salah satu bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk yang dialami. Anda dapat memeras lemon dan menuangkannya ke air hangat untuk kemudian dikonsumsi teratur untuk hasil yang lebih baik.

 

14. Hindari Penyebab Refluks Asam

Refluks asam adalah penyebab umum batuk. Menghindari makanan yang dapat memicu refluks asam adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola kondisi ini dan mengurangi batuk yang menyertainya.

Setiap individu mungkin memiliki pemicu refluks yang berbeda yang harus mereka hindari. Orang yang tidak yakin apa yang menyebabkan refluks mereka dapat memulai dengan menghilangkan pemicu paling umum dari diet mereka dan memantau gejalanya.

5 dari 5 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk dan Cara Mencegahnya

Cara Mencegah Batuk

Selain mempelajari cara menyembuhkan batuk, penting juga mempelajari cara mencegahnya. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari dan mencegah batuk antara lain sebagai berikut:

- Hindari kontak dengan orang lain yang sedang sakit. Jika anda tahu anda sakit, hindari pergi bekerja, sekolah, atau tempat lain di mana anda akan berhubungan dengan orang lain sehingga anda tidak membuat orang lain sakit.

- Tutup hidung dan mulut anda setiap kali batuk atau bersin. sebaiknya dengan menggunakan tisu yang bisa langsung dibuang setelah digunakan atau batuk ke bagian siku anda.

- Minum banyak cairan agar tetap terhidrasi.

- Bersihkan area umum di rumah, kantor, atau sekolah anda sesering mungkin. Ini sangat penting untuk meja, mainan, atau ponsel.

- Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah batuk, makan, ke kamar mandi, atau merawat orang yang sakit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS