Sukses

7 Wisata Malam Jakarta, Cocok untuk Melepas Penat di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Ibu Kota DKI Jakarta adalah kota metropolitan yang terkenal dengan kepadatan dan keramaiannya. Dari pagi hari hingga tengah malam kota ini hampir tidak pernah beristirahat. Pasalnya, ada banyak tempat wisata malam Jakarta yang siap untuk menghibur para pengunjung yang datang.

Tempat wisata malam Jakarta cocok untuk dikunjungi oleh penduduk ibu kota dan sekitarnya dan juga para wisatawan yang datang ke kota ini. Bagi penduduk ibu kota, tempat-tempat wisata malam Jakarta dapat dikunjungi untuk sejenak mengistirahatkan badan dan pikiran serta melepas penat setelah seharian penuh bekerja dan bergulat dengan padatnya jalanan ibu kota.

Ada berbagai macam tempat wisata Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati suasana ibu kota di malam hari. Kamu bisa mengunjungi berbagai museum dan taman yang terdapat di Jakarta. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata kuliner untuk mengisi perutmu dan mencicipi kelezatan sajian Ibu Kota Jakarta.

Berikut ini dirangkum oleh Liputan6.com rekomendasi berbagai tempat wisata malam Jakarta yang dapat kamu kunjungi, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata Malam Jakarta - Museum dan Taman Hiburan

1. Museum Fatahillah

Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat yang terfavorit dan wajib kamu kunjungi untuk menikmati indahnya suasana malam hari di Jakarta. Salah satu tempat wisata malam Jakarta yang dapat kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kota Tua ialah Museum Fatahillah.

Museum Fatahillah adalah museum yang menyimpan koleksi benda-benda yang terkait dengan sejarah kota Jakarta. Museum ini dulunya merupakan bangunan Balai Kota Batavia (Stadhuis van Batavia) yang dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn mulai dari tahun 1707 hingga 1710.

Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Jakarta Barat. Meskipun jam operasional museum ini hanya sampai pukul 3 sore, masih banyak pengunjung yang datang ke sini pada malam hari. Di sini kamu bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan museum dan juga bangunan-bangunan tua lain di sekitarnya sembari bersantai dan menikmati jajanan yang dijajakan oleh para pedagang kaki lima yang ada di sana.

2. Magic Art3D Meseum Kota Tua

Kalau kamu mengunjungi daerah Kota Tua Jakarta, kamu juga bisa mampir dan berkunjung ke Magic Art3D Museum. Mengutip dari situs web milik pengelola, museum ini didirikan oleh perusahaan Korea pada 7 Desember 2018.

Buat kamu yang suka menikmati keindahan karya seni, kamu wajib untuk berkunjung ke museum yang satu ini. Museum ini menampilkan sejumlah karya seni mural buatan tangan para seniman Indonesia maupun Korea yang menciptakan ilusi 3D yang menakjubkan. Di sini para pengunjung bisa menelusuri berbagai zona yang memiliki tema berbeda-beda, mulai dari zona lukisan, satwa, laut, rutinitas, dinosaurus, horor, hingga petualangan.

Museum ini terletak di menciptakan ilusi 3D. Jam operasional museum ini mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam membuatnya cocok untuk kamu kunjungi di malam hari.

3. Dufan Night Ancol

Dunia Fantasi atau yang dikenal secara luas sebagai Dufan adalah salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan di ibu kota. Taman hiburan ini terkenal dengan segudang wahana yang siap untuk dinikmati dan menghibur para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Dufan tidak hanya bisa kamu nikmati di pagi atau siang hari saja. Kamu juga bisa berkunjung ke tempat ini di malam hari dan menikmati berbagai wahana yang ada di tempat ini. Di sini kamu juga dapat menikmati suasana malam di taman hiburan ini yang dipercantik dengan cahaya lampu yang indah. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai atraksi khusus yang ditampilkan oleh pihak pengelola pada malam hari. Banyaknya wahana dan atraksi yang disajikan pada malam hari membuat tempat wisata malam Jakarta ini cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga maupun teman-teman terdekatmu.

4. Taman Banteng

Tempat wisata malam Jakarta berikutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Taman Banteng. Taman Banteng dahulunya dikenal dengan nama Waterlooplein, sebuah taman yang terletak di pusat kota Jakarta, tidak jauh dari Gereja Katedral Jakarta.

Kamu bisa mengunjungi taman ini di malam hari untuk bersantai dan berjalan-jalan mengelilingi Taman Banteng bersama dengan keluarga maupun teman-teman terdekat. Di sini kamu juga bisa menikmati keindahan atraksi air mancur menari yang diiringi oleh lagu-lagu tradisional. Air mancur ini juga memiliki warna yang beragam yang menambah keindahan pemandangannya di malam hari.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata Malam Jakarta - Kuliner

5. Pasar Baru

Setelah puas berjalan-jalan di sekitar Kota Tua dan Lapangan Banteng, saatnya kamu mengisi perutmu yang kosong di Pasar Baru. Pasar Baru adalah pusat perbelanjaan tertua di Jakarta yang didirikan pada tahun 1820.

Di tempat wisata malam Jakarta ini kamu bisa berjalan-jalan menikmati keramaian dan pemandangan pusat perbelanjaan ini di malam hari. Kamu bisa menyicipi beragam kuliner lezat yang ditawarkan di Pasar Baru. Selain itu kamu juga bisa berjalan-jalan dan berbelanja di toko-toko yang ada di pusat perbelanjaan ini.

6. Menteng

Kalau kamu ingin bersantai dan menikmati suasana kita Jakarta di Malam Hari, kamu bisa berkunjung ke Taman Menteng. Tempat wisata malam Jakarta ini menyajikan berbagai fasilitas, termasuk fasilitas olahraga, yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Taman ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung dan juga komunitas yang menjadikannya sebagai tempat berkumpul bahkan di malam hari.

Setelah dari Taman Menteng, kamu bisa berjalan kaki ke Jajanan Malam Menteng yang terletak tidak jauh dari taman tersebut. Di sana kamu dapat memilih dan mengicipi berbagai jajanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima yang berjajar di sepanjang jalan.

7. Cafe Batavia

Tempat wisata Malam Jakarta yang berikutnya ialah Cafe Batavia. Cafe ini adalah salah satu restoran yang sangat terkenal yang terletak di wilayah Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara no. 14, Kota Tua, Jakarta Barat.

Cafe Batavia terkenal dengan bangunannya. Bangunan yang digunakan oleh restoran ini adalah sebuah bangunan tua yang telah didirikan sejak tahun 1805 yang menarik minat banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Di sini para pengunjung juga dapat menikmati berbagai sajian yang lezat yang disajikan oleh Cafe Batavia. Suasana cafe yang nyaman membuat tempat ini cocok untuk kamu kunjungi guna melepas lelah di malam hari setelah beraktivitas sepanjang hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS