Sukses

17 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Keluarga Dekat Kota yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Ingin mengisi waktu libur atau akhir pekan dengan keluarga, wajib mampir ke berbagai destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Pengunjung dengan rombongan keluarga di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota, bisa menikmati wisata budaya, wisata religi, wisata edukasi, hingga wisata outbound di sini.

Destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota sangat direkomendasikan karena lokasinya sangat mudah dijangkau. Lokasi destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga satu dengan lainnya hanya membutuhkan jarak tempuh tidak lebih dari empat puluh menit.

Tak hanya lokasinya yang mudah dijangkau, destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota mayoritas pasti buka di pagi, siang, dan sore hari. Tiket masuk ke berbagai destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota pun terjangkau, hanya sedikit mahal di lokasi outbound. Tertarik berkunjung ke destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh belas destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota yang wajib dikunjungi, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Keluarga

1. Malioboro

Malioboro adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Tempat ini memang benar-benar terasa Yogyanya.

Pengunjung bisa menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat dengan menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak.

Destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota seperti Malioboro ini bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik.

Menikmati suasana destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota di Malioboro tidak dipungut biaya. Suasananya kini semakin syahdu karena awal tahun 2022 pedagang sudah dipindah di lokasi khusus dekat Malioboro, bukan lagi di jalan Malioboro. Tertarik berkunjung?

2. Titik Kilometer 0 Yogya

Titik 0 kilometer merupakan destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Gambaran destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini berada di perempatan jalan. Di sini pengunjung bisa menyaksikan aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni.

Titik 0 kilometer yang menjadi destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini merupakan ujung dari jalan Malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Berada di lokasi destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini tidak dipungut biaya sama sekali.

3. Keraton Yogyakarta

Main ke kompleks Keraton Jojakarta, yuk! Keraton Yogyakarta merupakan destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota dan wajib dikunjungi. Wisatawan bisa menemukan turis lokal maupun asing.

Bangunan di dalam keraton sebagai destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini memang masih dipelihara dengan baik. Ada sejumlah diorama yang menunjukkan detai kebuayaan Jojakarta di masa lalu.

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Lokasi destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini berada di sebelah selatan Pasar Beringharjo.

Ini benteng bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan sebagai museum. Bangunan peninggalan zaman kolonial ini bisa jadi objek wisata Yogya bernuansa sejarah sekaligus spot foto keren. Tarif masuknya hanya Rp3.000.

5. Taman Pintar (Tampin)

Taman pintar adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan.

Ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Pengunjung tempat destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini pun bisa melakukan aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000 sampai Rp50.000. Biasanya tempat wisata Yogya ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

6. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monumen Yogya Kembali alias Monjali adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Monumen yang menjadi destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota di Jalan Lingkar Utara Jojakarta itu tampil semarak dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni. Tarif masuk ke destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini adalah Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend).

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Keluarga

7. Taman Budaya Jojakarta

Taman Budaya merupakan destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini pengunjung bisa menikmati aneka pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis. Biaya masuk ke destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini gratis.

8. Shopping Center Jojakarta

Kalau objek destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini dikenal sebagai surga bagi para pembaca. Di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini, pengunjung bisa menemukan buku dari beragam genre dengan harga yang sangat ramah di kantong. Bonus disampuli juga.

Di siang hari, pengunjung bisa banyak-banyak berswafoto di lingkungan sekitar tempat wisata kota Yogya ini karena selain unik dan pasti hasilnya estetik, cahaya siang hari di sini cantik banget.

9. Taman Sari

Taman sari adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta.

Di siang hari, pengunjung bisa banyak-banyak berswafoto karena selain arsitektur yang bagus, cahaya siang hari di Taman Sari cantik banget.

Salah satu situs paling tepat untuk menikmati seni arsitektur memang di Taman Sari. Di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota seperti taman sari, dikenal sebagai tempat pemandian putri-putri keraton.

Kondisi bangunan di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini masih sangat terjaga. Tak heran apabila di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau prewedding.

Tarif masuknya murah, hanya Rp3.000 saja tetapi belum termasuk biaya apabila pengunjung membawa kamera profesional.

10. Alun-Alun Kidul

Wisata Yogyakarta murah meriah dan mudah dijangkau ada alun-alun kidul. Alun-alun Kidul adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota, khusus menampilkan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini ada pohon beringin kembar yang legendaris.

Di siang hari, pengunjung bisa banyak-banyak berswafoto karena selain tempatnya yang rindang oleh pepohonan, cahaya siang hari di alun-alun kidul cantik banget.

Wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup bisa banget dicoba. Di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota seperti alun-alun Kidul merupakan pusat kegiatan warga di hari libur.

11. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka Zoo adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Ini kebun raya dan kebun binatang terbesar di Yogyakarta. Selain aneka koleksi konservasi hewan, kebun binatang ini memiliki berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan.

Para wisatawan dapat berinteraksi dengan para koleksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, spedd boat, perahu katamaran, dan masih banyak lagi. Kebun binatang ini juga sudah dilengkapi fasilitas yang lengkap dan terjaga.

Kebun binatang ini berlokasi di Jalan Veteran No. 47, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, buka setiap Sabtu hingga Kamis pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Harga tiket masuk kebun binatang ini mulai dari Rp 75.000 per orang.

Di siang hari, pengunjung destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota bisa banyak-banyak berswafoto karena selain banyak pepohonan rindang dan satwa, cahaya siang hari di sini cantik banget. Cocok banget untuk lokasi Date Zoo bareng pasangan!

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Keluarga

12. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark (SKE) Yogyakarta dibangun pada 2014 dan memiliki luas hingga 7 hektare. SKE Yogyakarta adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota berupa sebuah taman bermain sekaligus wahana edukasi yang menyenangkan.

SKE memiliki bianglala bernama cakra manggilingan dengan tinggi 48 meter. Cakra manggilingan terdiri dari 28 buah kapsul yang masing-masing dapat memuat empat orang. Daya tarik utama bianglala ini adalah persembahan bird eye view 360 derajat, para wisatawan  dapat melihat ke seluruh penjuru Yogyakarta.

Bukan hanya bianglala yang ikonik, SKE juga memiliki 18 wahana bermain lainnya, seperti, House of Terror (Rumah Hantu), Area Ketangkasan, Bioskop 8D, Bioskop 4D, Montor Tumbur (Bumper Car), Sepeda Mabur (Flying Bicycle), Cangkir Mabur (Spinning Cup), Kursi Mabur (Flying Chair), Taman Lampu, dan Waterpark.

SKE sebagai destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota, menawarkan berbagai macam wahana edukasi, mulai dari omah batik, omah musik, hingga planetarium. SKE buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 23.00. WIB.

Tiket SKE juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 140.000. Tempat wisata ramah anak ini berlokasi di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

13. Studio Alam Gamplong 

Studio Alam Gamplong adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota yang cukup populer. Tempat yang awalnya digunakan sebagai lokasi syuting ini memiliki banyak replika, mulai dari replika benteng batavia, bangunan kampung pecinan, serta terdapat sebuah kereta kuda. Studio alam gamplong semakin dikembangkan sebagai destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota yang wajib dikunjungi dengan berbagai spot foto menarik. 

14. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota dan cocok bagi yang suka belanja. Pasar Beringharjo paling terkenal untuk kulakan atau belanja batik.

Tak hanya itu, di tempat destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan.

Harga produk yang dijual di tempat destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet, ya. Jangan sampai kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja.

15. Alun-Alun Selatan

Alun-alun Selatan merupakan tempat destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota selain alun-alun Kidul. Suasana di tempat destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini mirip banget dengan alun-alun Kidul meskipun lokasinya tidak dekat dengan kota.

Di tempat destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini pengunjung bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni.

16. Museum Dirgantara

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala atau Museum Dirgantara adalah destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota untuk dikunjungi keluarga. Museum ini menyimpan koleksi yang berkaitan dengan sejarah TNI AU Indonesia.

Museum yang berdiri sejak tahun 1978 ini dulunya merupakan sebuah bangunan pabrik gula peninggalan masa kolonialisme seluas 4,3 hektare.  Bukan hanya menyimpan aneka benda mengenai TNI AU, museum ini juga berisi pesawat-pesawat yang pernah digunakan TNI AU.

Museum yang berlokasi di Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Harga tiket masuk museum ini juga cukup terjangkau hanya Rp 6.000 per orang.

17. Tugu Yogya

Tugu Yogya merupakan destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota. Tidak dipungut biaya apapun bagi pengunjung, tetapi di destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota ini harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Yogya sebagai destinasi wisata Yogyakarta untuk keluarga dekat kota dan cukup ikonik ini. Di siang hari, pengunjung bisa banyak-banyak berswafoto di lingkungan sekitar tugu karena selain khas Yogya, cahaya siang hari di sini cantik banget.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS