Sukses

15 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Salah Satunya Perlu Operasi

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit perut sebelah kiri umumnya disebabkan oleh hal-hal yang ringan, namun tidak menutup kemungkinan ini disebabkan oleh hal-hal yang lebih serius seperti penyakit kronis. Sehingga penyebab sakit perut sebelah kiri tidak boleh diabaikan begitu saja.

Penting untuk mengetahui penyebab sakit perut sebelah kiri, hal ini karena rasa sakit yang dirasakan baik dalam kisaran ringan hingga berat dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terdapat beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang mungkin terjadi, dan pengobatan untuk mengatasinya juga harus disesuaikan dengan penyebabnya, sehingga penting untuk mengetahui penyebab sakit perut sebelah kiri untuk dapat menyembuhkannya dengan tepat dan cepat.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri, berikut ini Lipuran6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022). Tentang penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu dipahami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

1. Sembelit

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang pertama dan yang paling umum terjadi adalah sembelit. Sembelit terjadi ketika seseorang merasa sulit untuk buang air besar atau buang air besar kurang serta lebih sedikit dari biasanya.

Ketika tinja bergerak perlahan melalui GIT atau tidak dapat dikeluarkan dari rektum, hal itu menyebabkan rasa sakit di usus besar yang terletak di perut kiri bawah. Penyebab umum sembelit adalah dehidrasi, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga.

 

2. Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa hanyalah suatu kondisi di mana orang memiliki masalah dalam mencerna susu dan produk berbasis susu seperti keju dan yoghurt. Hal ini dapat disebabkan oleh kekurangan enzim pencernaan yaitu laktase.

Laktase adalah enzim pencernaan yang membantu dalam koagulasi dan pemecahan laktosa susu. Bila hal ini terjadi, saat seseorang dengan intoleransi laktosa mengonsumsi olahan susu makan dapat mengakibatkan sakit perut disertai sendawa, kembung, diare, dan kram perut.

 

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan terjadi ketika asam menumpuk setelah makan. Asam dapat terakumulasi dengan makan berlebihan, makan terlalu cepat, konsumsi makanan pedas dan berlemak secara berlebihan, dan dalam kasus khusus dapat disebabkan oleh obat-obatan.

Sakit perut, sensasi terbakar, ketidaknyamanan, mulas, kembung, atau gas adalah tanda-tanda gangguan pencernaan. Selain itu anda juga mungkin mengalami maag, merasa kembung serta mual atau muntah. Konsultasikan dengan dokter jika tanda-tanda gangguan pencernaan memburuk.

 

4. Divertikulitis

Divertikulitis berkembang ketika divertikula dinding usus terinfeksi dan meradang. Ini berkembang di bagian usus besar yang rentan, yang dikenal sebagai usus besar, dan terutama ditemukan pada orang dewasa.

Jumlah divertikula bertambah seiring bertambahnya usia seseorang. Karena itu, orang yang lebih tua lebih mungkin menderita diverticulitis. Gejala lain yang dirasakan adalah Mual, Menggigil atau demam, kembung, Sembelit, tinja encer, serta diare.

 

5. Kram Menstruasi (Dismenore)

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang berikutnya adalah karena kram menstruasi atau yang lebih dikenal dengan nama dismenore. Kram ini biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi. Meskipun rasa sakitnya bisa bervariasi dari sedang hingga serius.

Tapi itu akan memudar seiring berjalannya waktu dan siklus menstruasi yang berakhir. Kram menstruasi biasanya tidak berbahaya. Namun anda perlu konsultasi dengan dokter jika kram parah menghentikan aktivitas harian dan gejala semakin memburuk dari waktu ke waktu.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

6. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di dalam atau di luar ovarium. Kebanyakan kista tidak menunjukkan gejala dan hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Kista besar dapat membuat ketidaknyamanan. Mungkin juga menyentuh kandung kemih anda dan membuat anda sering buang air kecil.

Namun kista yang pecah dapat menyebabkan masalah serius, seperti nyeri parah atau pendarahan internal. Segera konsultasi ke dokter jika sakit perut sebelah kiri disertai dengan demam atau muntah, tanda-tanda syok, pernapasan cepat, pusing dan kelemahan.

 

7. Obstruksi Usus

Obstruksi usus adalah suatu kondisi dimana zat makanan tidak dapat melakukan perjalanan melalui saluran pencernaan ketika dibawa ke dalam tubuh. Penyumbatan ini dapat menimbulkan ancaman yang parah karena dapat mengakibatkan rasa sakit yang sering saat buang air kecil dan buang air besar di bagian kiri bawah perut.

Selain sakit perut pada bagian kiri, gejala lainnya juga meliputi mual dan muntah. Jika dibiarkan juga dapat menyebabkan penyumbatan usus lebih yang walaupun biasanya lebih sering terjadi pada orang tua namun bisa juga menyerang orang yang lebih muda.

 

8. Batu Ginjal

Batu ginjal menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri yang berikutnya. Adanya penumpukan kalsium di ginjal dapat menyebabkan batu ginjal. Semua orang memiliki dua ginjal yang terletak di sisi kiri dan kanan perut.

Namun bila terjadi penumpukan kalsium di ginjal kiri (batu ginjal), bisa menimbulkan rasa nyeri di perut bagian kiri bawah. Seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki batu ginjal sampai menyebabkan masalah serius, seperti melihat darah dalam urin atau merasa sakit saat buang air kecil.

 

9. Hernia

Penyebab sakit perut sebelah kiri selanjutnya adalah karena Hernia. Hernia adalah hasil dari organ internal atau bagian tubuh ekstra yang mendorong melalui daging atau jaringan di sekitarnya. Benjolan atau tonjolan dapat tumbuh dengan beberapa hernia.

Selain gejala sakit perut, gejala lain yang meliputi diantaranya adalah ukuran tonjolan yang semakin besar, mengembangkan rasa sakit di situs, sakit saat mengangkat, sakit tumpul dan perasaan kenyang serat begah diperut.

 

10. Herpes Zoster

Orang yang menderita cacar air dapat menderita herpes zoster di kemudian hari. Hal ini disebabkan karena virus varicella-zoster yang masih ada di dalam tubuh. Infeksi herpes zoster dapat menghasilkan ruam yang menyakitkan yang terlihat seperti garis lepuh yang membungkus satu sisi tubuh

Sedangkan beberapa orang yang terkena rasa sakit tapi tidak ada ruam. Selain rasa sakit pada perut bagian kiri, gejala lain yang meliputi diantaranya adalah perasaan terbakar, mati rasa, atau kesemutan pada kulit, sensitivitas sentuhan, dan juga gatal.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

11. Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah kondisi kronis yang terjadi pada saluran pencernaan ketika seseorang tidak dapat mencerna gluten. Gluten adalah protein yang ada dalam gandum dan tersedia di beberapa makanan dan produk kesehatan.

Ketika seseorang memiliki penyakit celiac, sistem kekebalannya mempengaruhi usus, menciptakan berbagai masalah pencernaan dan kekurangan vitamin. Gejala lain selain sakit perut meliputi kembung, kelelahan, penurunan berat badan dan diare.

  

12. Penyakit Radang Panggul (PID)

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang berikutnya adalah karena penyakit radang panggul atau PID. PID adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita. Ini biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia dan gonore, tetapi jenis infeksi lain juga dapat menyebabkan PID.

Beberapa gejalanya selain sakit perut sebelah kiri antara lain adalah demam, keputihan, rasa sakit atau pendarahan saat berhubungan seks serta sensasi terbakar saat buang air kecil.

 

13. Torsio Testis

Torsio testis terjadi ketika testis berputar, memutar korda spermatika yang membawa darah ke skrotum. Penurunan aliran darah menyebabkan ketidaknyamanan dan pembengkakan yang tiba-tiba dan biasanya keras. Torsio testis dapat terjadi pada semua usia.

Untuk menyembuhkan torsio testis dibutuhkan operasi darurat oleh pihak medis. Selain sakit perut  bagian kiri, terdapat gejala lain seperti ketidaknyamanan dan pembengkakan skrotum yang parah, mual, muntah dan demam.

 

14. Kehamilan Ektopik

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang mungkin menyerang wanita adalah kehamilan ektopik. Pada kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi tertanam sebelum memasuki rahim. Ini biasanya terjadi di dalam saluran tuba yang menempelkan ovarium ke rahim.

Selain gejala berupa sakit perut sebelah kiri, terdapat gejala lain yang meliputi berupa menstruasi yang terlewat dan tanda-tanda kehamilan lainnya, pendarahan vagina, keluarnya air dari vagina serta nyeri saat buang air kecil atau buang air besar.

 

15. Endometriosis

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang terakhir adalah karena adanya Endometriosis pada rahim. Endometriosis merupakan jaringan serupa yang biasanya menempel di lapisan rahim serta bisa juga berkembang di luar rahim yang menyebabkan sakit perut.

Selain sakit perut sebelah kiri, beberapa gejala lainnya antara lain kram menstruasi yang parah, ketidaknyamanan dengan seks, buang air besar atau buang air kecil yang menyakitkan, periode menstruasi yang sulit serta bercak diantara periode menstruasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS