Sukses

3 Cara Mengobati Herpes Secara Alami, Pahami Jenis dan Cara Mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati herpes penting diketahui. Herpes adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyebabkan luka di mulut ataupun di alat kelamin seseorang. Hal ini dapat menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman dan juga sakit di bagian tubuh yang terluka. Oleh sebab itu, penting untuk memahami cara mengobati herpes.

Virus herpes dapat menyebar melalui air liur, kontak kulit, dan juga hubungan seksual, tergantung pada jenis virusnya. Saat seseorang terpapar virus herpes, maka virus tersebut akan tetap tinggal di dalam tubuhnya. Biasanya virus tersebut akan berada dalam kondisi tidak aktif. Akan tetapi ada berbagai kondisi yang dapat mengaktifkan kembali virus yang ada di dalam tubuh tersebut. Mengetahui cara mengobati herpes akan membantu orang-orang yang mengidap penyakit ini untuk menekan gejala dan rasa sakit yang mereka hadapi.

Ada berbagai cara mengobati herpes yang dapat kamu lakukan. Umumnya, para penderita herpes akan diberikan obat anti-virus dan obat penghilang rasa sakit untuk membantu mengobati dan menekan gejala yang muncul ketika kambuh. Akan tetapi ada berbagai cara mengobati herpes secara alami yang bisa kamu coba di rumah untuk menekan gejala yang kamu hadapi ketika penyakit tersebut kambuh.

Berikut ini adalah berbagai cara mengobati herpes secara alami beserta jenis dan cara mencegahnya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

1. Jenis Penyakit Herpes

Sebelum membahas tentang cara mengobati herpes secara alami, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu jenis penyakit herpes. Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Ada dua jenis virus herpes simplex, yakni HSV-1 dan HSV-2. Kedua jenis virus ini meyebabkan 2 jenis penyakit herpes yang berbeda. Berikut ini adalah 2 jenis penyakit herpes tersebut:

A. Herpes Oral

Mengutip dari situs Medical News Today, herpes oral adalah jenis herpes yang umumnya disebabkan oleh virus HSV-1. Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, virus HSV-2 juga bisa menyebabkan herpes jenis ini.

Orang yang menderita herpes oral pada awalnya mungkin merasa gatal, panas, atau geli di sekitar mulut, bibir, atau lidah. Kemudian, akan mulai muncul luka ataupun lecet kecil yang akan berkembang di sekitaran area ini ataupun area lain di kulit.

Menurut situs Cleveland Clinic, virus HSV-1 yang menyebabkan herpes oral dapat menyebar dan menular melalui kontak bibir atau ciuman, menyentuh kulit di sekitar bibir penderita, menggunakan alat makan yang sama dengan penderita, hingga melalui oral sex. Virus ini juga dapat menular ke bayi ketika penderita mencium bayi tersebut.

B. Herpes Genital

Jenis penyakit herpes yang berikutnya ialah herpes Genital. Herpes jenis ini umumnya disebabkan oleh virus herpes simplex HSV-2. Penyakit ini adalah salah satu penyakit seksual yang umum terjadi.

Umumnya, para penderita herpes genital akan menemukan munculnya lepuhan kecil di sekitar alat kelamin, rektum, ataupun mulut. Lepuhan ini berisi cairan yang bila pecah maka akan menimbulkan luka kecil yang menyakitkan. Luka ini dapat bertahan selama kurang lebih 2 hingga 4 minggu.

Virus HSV-2 pada umumnya menyebab melalui aktivitas seksual. Akan tetapi, virus ini juga dapat menular saat seseorang menyentuh luka terbuka, termasuk saat sedang menyusui. Virus ini juga dapat menular ke bayi yang sedang dikandung oleh ibu yang terinfeksi virus ini.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Herpes Secara Alami

A. Lidah Buaya

Salah satu cara mengobati herpes secara alami adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya memang sudah lama terkenal sebagai salah satu tanaman yang dapat membantu mengobati berbagai permasalahan kesehatan, khususnya untuk kulit.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk membantumu mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan luka yang muncul akibat herpes. Kamu bisa mencuci daun lidah buaya, mengupas kulit daunnya, dan mengambil gel yang ada di dalam daun tersebut. Setelah itu, oleskanlah gel lidah buaya tersebut ke kulit yang luka atau melepuh karena herpes. Bila kamu tidak dapat menemukan daun lidah buaya, kamu bisa menggantinya dengan minyak lidah buaya yang dapat kamu temukan dan beli di toko-toko.

B. Kompres

Luka ataupun lepuhan yang muncul akibat penyakit herpes yang kambuh dapat menyebabkan rasa sakit dan panas yang menyengat dan akan mengganggu aktivitas sehari-harimu. Untuk membantu mengurangi berbagai gejala yang mengganggu tersebut, kamu bisa mengompres bagian yang terluka atau melepuh. Mengompres luka dapat membantumu untuk mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan dan juga mencegah terjadinya peradangan tambahan.

Cara mengobati herpes dengan mengompres bisa kamu lakukan dengan menggunakan air hangat ataupun dingin. Kamu bisa mencelupkan kain bersih yang lembut ke dalam air hangat atau dingin dan menempelkannya di luka yang ingin kamu kompres. Selain menggunakan kain, kamu juga bisa menggunakan botol kecil yang bersih yang kamu isi baik dengan air hangat ataupun dengan air dingin.

C. Baking Soda

Cara mengobati herpes secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda adalah salah sastu bahan yang sering digunakan untuk membuat kue. Baking soda dapat membantumu untuk meredakan gejala herpes yang kamu alami saat penyakit tersebut kambuh dengan mencampurnya bersama minyak esensial Niaouli. Minyak esensial ini memang terkenal dapat membantumu untuk melawan infeksi luka dan meningkatkan kemampuan regenerasi kulit.

Cara mengobati herpes menggunakan baking soda adalah dengan mencampur satu sendok makan baking soda dan lima tetes minyak Niaouli serta setengah gelas air hangat. Oleskanlah racikan tersebut pada bagian kulit yang terinfeksi dengan menggunakan kapas.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penularan Herpes

Setelah memahami cara mengobati herpes secara alami, saatnya kita membahas soal cara mencegah herpes. Cara mencegah herpes penting untuk diketahui karena kamu tidak dapat sepenuhnya sembuh setelah terinveksi virus herpes simplex. Virus tersebut akan terus hidup di dalam tubuhmu dan dapat sewaktu-waktu kambuh.

Cara mencegah penularan penyakit herpes bergantung pada jenis virusnya. Mengutip dari situs web Cleveland Clinic, untuk mencegah tertular virus HSV-1, hindarilah berciuman ataupun melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi virus tersebut. Selain itu, janganlah menyentuh kulit di sekitar bibir mereka ataupun menggunakan alat makan, gelas, dan lip balm yang sama dengan orang yang terjangkit virus HSV-1.

Sementara itu, virus HSV-2 banyak menyebar melalui aktivitas seksual. Oleh sebab itu, untuk mencegah tertular virus ini kamu harus menghndari berhubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami infeksi aktif virus HSV-2. Selain itu, janganlah berganti-ganti pasangan, khususnya dengan orang yang asing dan tidak dikenal, serta gunakanlah alat pengaman ketika berhubungan seksual untuk mencegah penularan virus herpes ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.