Sukses

Kisah Wanita Jadi Korban Penipuan Justru Tipu Balik Pelakunya ini Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Kasus mengenai penipuan hingga saat ini sepertinya masih banyak dialami oleh masyarakat. Bahkan, kini banyak pula yang melakukan penipuan melalui sambungan telepon mengatasnamakan sebuah instansi ataupun yayasan dan lembaga.

Tentu saja, hal ini pun membuat masyarkat harus selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan. Hal serupa juga turut dialami oleh pengguna akun Twitter @pentilram. Melalui akun Twitter tersebut, wanita dengan nam Ram Mintarsih ini membagikan kisahnya saat mendapatkan sebuah chat ke nomor WhatsApp pribadinya.

Penipuan tersebut bahkan mengatasnamakan dari pihak Bank BUMN serta mencantumkan logo bank pada foto profilnya. Namun, rupanya Ram Mintarsih tak mudah untuk ditipu. Meski tetap mengikuti alur chat yang dinginkan oleh si penipu, dirinya tetap bertahan dan tidak mengikuti apa yang disuruh dilakukan oleh sang penipu.

Tak hanya itu saja, dirinya justru berhasil mengerjai dan menipu balik sang penipu. Hal ini pun membuat banyak netizen heran karena kopolosan sang penipu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ditipu balik oleh korban

Melalui akun Twitter @pentilram, pada Selasa (9/8/2022) dirinya membagikan momen saat menjadi korban penipuan oleh seseorang yang mengaku dari sebuah bank BUMN. Dalam foto yang diunggah, Ram Mintarsih memperlihatkan jika dirinya diharuskan mengisi sebuah formulir yang telah disediakan.

Meski mengaku jika telah mengisi formulir, nyatanya dirinya tidak melakukan hal tersebut. Bahkan ia turut serta mengelabui sang penipu dengan berpura-pura telah membuka situs yang diberikan. Namun, dirinya memilih membuka situs web tersebut namun tanpa melakukan koneksi internet. Dirinya bahkan meminta untuk diisikan pulsa dengan dalih menyalakan paket.

"Bolech bantu isiin pulsa dulu? Mungkin ini paketnya sisa untuk wassap ajach, jadi gak loading webnya" ujarnya.

Namun, tanpa disangka-sangka pulsa sebesar Rp 50.000 dia dapatkan dari penipu tersebut. Tak berhenti disitu saja, sang penipu yang telah memberikan pulsa pun mencoba untuk menghungi namun tak mendapatkan respons dan kesal sendiri si penipu terhadap calon korbannya.

"Ending nya gue block ajach sich takoed. kalo mau coba di chat aja siapa tau masih bego" tulisnya.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Unggahan mengenai dirinya yang menjadi korban penipuan namun justru melakukan penipuan terhadap sang penipu ini langsung mencuri perhatian banyak netizen. Bahkan, tak seidkit pula yang membagikan hasil kisah serupa melalui kolom balasan.

"Samaaku juga dichat kek gtu, untung aja curiga dari kata setujuh janji ga setujuh pake H wkwk, sama di wa bisnisnya masa buka 24 jam, NGAKAK dah aja aku pura2 jadi anak kecil wkwkwk" ujar akun @aloivioo

"Lha malah yang begini gua juga demen ngerjain, tp gua cari tau dulu lokasinya" tulis akun @pra_satyaa

"Anjir puas banget gw bacanya, lu kok bisa si kepikiran buat nipu balik nder, kalo gw boro² nipu balik, langsung gw block tu orang" ujar @nesverland

"jdi ni yg dosa siapa?" tulis @theohrn13

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS