Sukses

22 Tempat Wisata di Batam Selain Pantai, Nikmati Pemandangan Malam sampai Kota Mati

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Batam memang dikenal dengan pantainya yang tidak diragukan lagi keindahannya. Ada banyak sekali tempat wisata di Batam yang menyuguhkan keindahan pantai, mulai dari Pantai Marina sampai dengan Pantai Elyora.

Tidak hanya itu, suasana pantai dengan angin sepoi-sepoi juga bisa Anda nikmati di berbagai tempat wisata di Batam, terutama di pulau-pulau kecil di sekitarnya. Bahkan, jika memilih secara acak pantai apa yang ingin dikunjungi, Anda tidak akan kecewa.

Yang jelas ada banyak tempat wisata di Batam yang indah, terutama pantainya. Namun wisata di Batam tidak hanya bisa dinikmati melalui keindahan baharinya yang sudah tidak diragukan lagi.

Ada banyak tempat wisata di Batam yang menawarkan daya tarik yang bisa ditolak oleh pengunjung. Bahkan tempat wisata di Batam yang paling sederhana pun bisa memberikan kesan yang sangat mendalam bagi pengunjung, baik itu tempat makan, taman, lokasi bersejarah, maupun kota mati.

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Batam selain pantai yang bisa Anda nikmati dengan berbagai gaya liburan, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Sambutan Selamat Datang

1. Welcome to Batam

Tempat wisata di Batam yang wajib dikunjungi tak lain adalah ikon Kota Batam, tak lain tulisan ‘Welcome to Batam’. Tulisan ini dapat kamu lihat di sebuah bukit bernama Bukit Clara yang menghadap ke Terminal Feri Internasional Batam Centre.

Welcome to Batam menjadi semacam ikon atau simbol dari wisata di Batam itu sendiri. Kamu bisa selfie dengan latar belakang yang bertuliskan ‘Welcome to Batam’ bersama keluarga dan teman-temanmu. Berfoto dengan latar belakang ikon Kota Batam satu ini tentunya tidak boleh kamu lewatkan.

2. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang adalah tempat wisata di Batam yang memberikan pemandangan nan indah. Jembatan ini berlokasi sekitar 20 km dari pusat kota Batam. Keindahan Jembatan Barelang yang mirip dengan Golden Gate Bridge di San Fransisco ini cocok bagi kamu yang ingin berfoto dengan tema romantis. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Batam ini pada pagi atau sore hari sehingga kamu bisa menangkap momen matahari terbit dan matahari terbenam dengan jelas dari tempat tersebut.

3. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Tempat wisata di Batam yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini berlokasi di Tj. Bantung, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kamu bisa mengambil foto di sini karena arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo sangat unik.

Masjid yang tempat wisata di Batam ini memiliki unsur budaya Tiongkok dengan sebagian besar catnya berwarna merah dan beberapa ornamen huruf Tiongkok. Selain bisa berwisata religi, di sini kamu bisa berfoto bersama keluarga dan teman-teman.

4. Alun-Alun Engku Putri

Hampir setiap kota memiliki alun–alun, tak terkecuali Kota Batam. Alun-alun Engku Putri adalah salah satu alun-alun yang menjadi tempat wisata di Batam. Tak heran jika alun-alun ini sering dikunjungi banyak wisatawan.

Berlokasi di Jalan Engku Putri, Teluk Tering, Kota Batam memiliki bentuk dan arsitektur yang dikelilingi oleh gedung-gedung perkantoran yang tinggi dan suasana yang ramah. Tak hanya dikelilingi gedung perkantoran, Alun-alun Engku Putri juga dikelilingi tempat ibadah di sekitarnya.

3 dari 6 halaman

Pemandangan dari Atas Bukit

5. Telaga Bidadari

Telaga Bidadari merupakan salah satu tempat wisata di Batam yang masih tergolong belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Lokasinya berada di dalam hutan Pancur dengan suasana alam yang sangat asri dan alami. Telaga ini memiliki air yang jernih dan segar.

6. Bukit Tanjung Uma

Bukit Tanjung Uma merupakan tempat wisata di Batam yang wajib dikunjungi jika ingin menikmati alam Batam yang eksotis. Melihat panorama alam yang ditawarkan saat dilihat dari ketinggian, Bukit Tanjung Uma memang menyuguhkan panorama yang begitu menawan.

Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Batam dan sekitarnya. Keindahan Kota Batam akan lebih memancar jika dilihat dari atas bukit ini ketika dilihat saat malam, yang dipenuhi cahaya lampu kota. Lokasi tempat wisata di Batam yang lagi hits dan wajib dikunjungi ini berada di Tanjung Tritip, Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau.

7. Batam Forest Top

Di Forest Top kamu bisa memanjat pohon, bergelayutan, merayap, dan berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya. Ada sekitar 15 wahana permainan yang bisa dinikmati di tempat wisata di Batam ini.

Lima belas wahana permainan tersebut antara lain adalah Tarzan Swing, Post Man, Tandem Rope hingga Flying Fox. Lokasi Batam Forest Top sendiri berada di Bukit Harimau, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

8. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Lokasi taman Wisata habibie 1000 Tangga berada di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Lokasinya bisa dibilang cukup tersembunyi, tapi dari tempat ini kamu bisa menyaksikan keindahan Batam dari sisi yang berbeda, terutama dari ketinggian.

Kamu akan melihat banyak pepohonan di sekeliling, yang menghadirkan atmosfer sejuk bagi pengunjungnya. Tidak hanya itu, dari ketinggian, kamu bisa melihat banyak kapal yang berlalu lalang di lautan. Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Singapura juga bisa kamu lihat dengan cukup jelas.

4 dari 6 halaman

Nimatnya Berbelanja dan Indahnya Kota Mati

9. Nagoya Hill

Bagi yang gemar berbelanja, tentunya tidak sah jika tidak berbelanja di kota yang memang terkenal dengan kota belanja ini. Ada salah satu tempat wisata di Batam yang bisa memanjakan keinginan untuk belanja, yaitu di Nagoya Hill.

Pusat perbelanjaan terbesar di Batam ini memiliki konsep unik yaitu konsep one stop travel shopping. Tak hanya dipadati oleh masyarakat Indonesia saja, namun tempat wisata Batam ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari Singapura dan Malaysia.

10. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam adalah taman wisata konservasi tumbuhan pulau kecil di Indonesia. Di tempat wisata di Batam ini, pengunjung bisa melihat berbagai flora serta berfoto ria. Terdapat pula berbagai spot foto yang instagrammable.

11. Marina City

Marina City dulunya pernah menjadi markas dan pusat perjudian. Sekarang kehidupan di sana berubah total setelah pemerintah melarang perjudian. Sejak saat itu, ekonomi kota seolah mati.

Kini tempat wisata di Batam ini hampir tak berpenghuni dan terlihat seperti kota mati seperti di film-film zombie. Terdapat banyak bangunan kosong sehingga kerap dijuluki kota hantu. Untuk beberapa orang kota ini menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Batam

12. Bukit Senyum

Bukit Senyum merupakan tempat wisata di Batam yang berada di lokasi tinggi sehingga membuat pemandangan yang ada di bawahnya terlihat secara jelas. Kita bisa melihat kota Batam dari ketinggian serta melihat gedung-gedung tinggi di negeri tetangga Singapura.

5 dari 6 halaman

Wisata Kuliner

13. Kuliner Bingka Bakar

Kue ini berasal dari Kerajaan Melayu. Kue ini termasuk camilan favorit di Batam. Bentuknya mirip dengan bika Ambon. Namun, kue ini diolah dengan cara dipanggang, sehingga aromanya sangat harum.

Bingka Bakar adalah pilihan yang cocok untuk oleh-oleh dari Batam ketika mudik Lebaran. Kue ini tersedia dalam rasa cokelat, stroberi, pandan, wijen, dan keju. Bingka Bakar juga banyak dijual di pusat oleh-oleh yang ada di Batam.

14. Kuliner Kek Pisang Villa

Kue khas Batam ini selalu menjadi incaran para wisatawan. Kek Pisang Villa mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di Batam. Ada berbagai pilihan topping, mulai dari keju, kacang, dan cokelat. Kue ini cukup praktis dan awet untuk dibawa ke luar kota.

15. Kuliner Batam Ogura

Rasa keik di Batam Ogura tak perlu diragukan lagi. Keik yang inspirasinya berasal dari pastry di Negeri Matahari Terbit atau Jepang memiliki berbagai varian rasa yang menggoda. Soal rasa jangan khawatir, karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Teksturnya lembut bakal bikin kamu ketagihan. Batam Ogura ada lima varian rasa, yaitu ogura cheese, ogura choco, ogura green tea, ogura red velvet, dan ogura durian. Bagi yang belum pernah mencoba sebaiknya segera mencoba, dijamin bakal ketagihan.

16. Mega Wisata Ocarina Park

Berlokasi di Sadai, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau, Mega Wisata Ocarina Park merupakan salah satu tempat wisata di Batam yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati berbagai acara musik yang sering diadakan di tempat ini.

Tempat wisata di Batam ini juga menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan. Selain itu, di Mega Wisata Ocarina Park kamu bisa menikmati berbagai wahana permainan. Wahana permainan yang bisa kamu nikmati antara lain seperti Kiddy Land, Movie Theater, Flying Fox dan Giant Wheel.

6 dari 6 halaman

Petualangan dan Wisata Sejarah

17. Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure berlokasi di Nuvasa Bay, Nongsa. Sea Forest Adventure merupakan tempat wisata di Batam yang cocok bagi para pecinta aktifitas outdoor, permainan, dan petualangan. Tempat wisata di Batam ini dibangun di lahan seluas 10 hektare.

di lahan seluas 10 hektare ini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam kegiatan adventure, dan survival science. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas berupa Gathering Facility, Camping Ground, Land Adventure, hingga Sea Adventure.

18. Kampung Vietnam

Saat liburan ke Batam, sayang jika tidak mengunjungi Kampung Vietnam. Tempat ini dahulu sempat menjadi lokasi pengungsian bagi 250.000 orang Vietnam yang mencari perlindungan.

Tempat ini dianggap bersejarah, maka Ex-Camp Vietnam menjadi destinasi wisata sejarah dan diberlakukan tiket masuk. Namun jangan khawatir karena harga tiket masuknya sangat terjangkau.

19. Bukit Tanjung Tritip

Selain baharinya yang begitu banyak dan menawan, wisata di Batam juga menawarkan rekreasi perbukitan. Bukit Tanjung Tritip ini juga banyak dikenal dengan bukit cinta. Anda akan disuguhkan pemandangan kota Batam dari ketinggian yang begitu menawan.

Dari puncak bukti, pengunjung bisa menikmati pemandangan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar bukit. Tempat wisata di Batam ini sangat cocok untuk menghilangkan penat sekaligus berburu foto.

20. Queen Garden Waterboom Batam

Tempat wisata di Batam yang layak untuk dikunjungi adalah Queen Garden Waterboom. Queen Garden menawarkan berbagai wahana yang akan membuat kegiatan liburan makin menyenangkan.

Di sana terdapat slider dengan ketinggian yang beragam, mulai untuk orang dewasa hingga anak-anak. Menariknya lagi, waterboom satu ini adalah waterboom paling besar di Kepulauan Riau, wajar jika tetap hits.

21. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan wisata di Batam ini merupakan salah satu wisata edukasi di Batam yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di tempat ini, Anda akan mengenal berbagai flora maupun fauna. Hal ini tentu tidak hanya menghibur melainkan juga akan menambah khazanah ilmu pengetahuan bagi anak anak.

Kunjungan Anda di Hutan Wisata Mata Kucing akan semakin menarik, karena Anda bisa melakukan foto bersama dengan satwa yang ada. Tempat wisata di Batam ini hingga kini tetap menjadi favorit wisatawan lokal maupun luar negeri.

Hutan Wisata Mata Kucing berlokasi di Jl. Taman Bukit Golf, Tanjung Riau, Kibing, Kec. Sekupang, Kota Batam.

22. Golden Prawn

Sebagai penutup perjalanan mengisi perut tentu menjadi hal yang wajib dilakukan. Maka, tak ada salahnya mengunjungi wisata kuliner yang sangat populer di Batam ini.

Golden Prawn merupakan restoran yang menyediakan menu seafood yang menggoyang lidah. Tak heran jika tempat ini sangat hits di kalangan wisatawan yang memang menyukai olahan seafood.

Selain menjadi restoran, Golden Prawn juga menyediakan hotel bintang 5 yang juga sangat direkomendasikan bagi traveller. Golden Prawn berlokasi di Jl. Golden Prawn, Tanjung Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam.

Demikian 22 rekomendasi tempat wisata di Batam selain pantai. Semoga ini bisa menjadi rujukan bagi Anda yang memiliki rencana berlibur di Kota Batam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS