Sukses

8 Manfaat Blog Bagi Penulisnya, Dapat Membantu Karier dan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Blog adalah singkatan dari weblog, sebuah website yang mayoritas dimiliki atau dijalankan oleh individu ataupun kelompok kecil. Situs web ini dimanfaatkan untuk membagikan berbagai informasi kepada publik melalui internet. Ada banyak manfaat blog yang baik untuk banyak orang.

Mengutip dari situs milik Notre Dame of Maryland University, blog pertama di dunia dibuat oleh Justin Hall di Links.net. Saat itu istilah blog masih belum ditemukan. Hall masih menyebutnya sebagai halaman pribadi miliknya. Semenjak itu, banyak orang yang mengikuti Justin Hall dengan membuat halaman pribadi di internet. Pada tahun 1997, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog untuk menyebut situs-situs milik pribadi tersebut.

Saat ini ada ratusan juta blog yang dapat ditemukan di internet. Blog-blog ini digunakan untuk berbagi berbagai macam informasi oleh para penulisnya, mulai dari yang bersifat agak pribadi, bahkan untuk kebutuhan komersil. Tingginya antusiasme untuk menulis blog tidak terlepas dari banyaknya manfaat blog bagi para penulisnya.

Saat kita membuat dan menulis blog, kita akan mendapatkan banyak manfaat blog yang akan berguna bagi diri kita. Membuat blog tidak hanya dapat membantumu untuk mengasah kemampuanmu, khususnya kemampuan menulismu. Manfaat membuat blog juga dapat membantu perjalanan karir profesionalmu.

Berikut ini adalah berbagai manfaat blog untuk para penulis dan pembuatnya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Melatih Kemampuan Menulis dan Membuka Pandangan

A. Melatih Kemampuan Menulis

Salah satu manfaat blog yang terbesar ialah untuk melatih kemampuan dan keterampilan menulismu. Menulis adalah salah satu kemampuan yang harus kamu asah melalui latihan yang rutin. Semakin sering kamu menulis, akan semakin bagus pula tulisanmu.

Menulis blog memberikanmu kesempatan untuk melatih kemampuan ini. Sebagai blogger yang aktif, kamu tentu saja dituntut untuk rajin menulis konten untuk keperluan blog pribadimu. Selain itu, kamu juga akan dituntut untuk belajar memilih kata, membuat kalimat yang terstruktur, dan lainnya. Dengan demikian, kamu dapat banyak berlatih untuk meningkatkan skill menulis yang kamu miliki.

B. Membuka Pandangan Baru

Blog adalah sarana komunikasi dua arah. Di dalam blog, kamu tidak hanya akan menulis sebuah artikel saja. Akan tetapi, kamu juga akan menapatkan komentar dari orang-orang yang membaca tulisanmu. Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi secara langsung dengan para pembaca tersebut.

Para pembaca tulisanmu dapat berasal dari manapun di seluruh penjuru dunia. Mereka memiliki nilai, budaya, dan cara pandang yang berbeda. Melalui komentar mereka dan juga berinteraksi dengan mereka, kamu dapat mempelajari banyak hal yang baru. Manfaab blog ini akan membuka dan memperluas pandanganmu mengenai hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya dan yang berguna bagi hidupmu.

3 dari 5 halaman

Membangun Relasi dan Menawarkan Kesempatan Baru

C. Membangun Relasi

Manfaat blog berikutnya ialah kamu dapat membangun dan mengembangkan relasi yang kamu punya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, melalui blog, kamu akan mengenal banyak orang baru dari berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Melalui interaksimu dengan orang lain di blog, kamu dapat membangun hubungan pertemanan dengan mereka. Selain itu, tidak jarang bila kamu juga mendapatkan penggemar dari para pembaca yang menyukai konten dan tulisan di blog yang kamu buat.

D. Menawarkan Kesempatan Baru

Blog adalah salah satu sarana yang sangat baik digunakan untuk membagikan ilmu yang kamu miliki. Dengan membagikan ilmu dan kemampuan yang kamu miliki di halaman blog pribadimu, kamu dapat membangun identitasmu sebagai ahli dalam bidang yang kamu geluti.

Saat namamu sudah terkenal melalui konten yang kamu bagikan di halaman blog pribadimu, kamu akan mendapatkan berbagai kesempatan baru. Misalnya, kamu bisa mendapatkan undangan untuk berbicara di suatu seminar, atau tawaran untuk pekerjaan di sebuah perusahaan. Kalau kamu penulis, kamu juga bisa saja menarik minat penerbit yang membaca karya tulismu di blogmu. Dengan demikian, manfaat blog adalah membuka kesempatan baru yang baik untuk hidupmu dan juga perjalanan karirmu.

4 dari 5 halaman

Membantu Diri Sendiri dan Orang Lain

E. Membantu Orang Lain

Kamu dapat membantu banyak orang lain melalui konten blog yang kamu buat. Di dalam blog pribadimu, kamu bisa menulis banyak hal, mulai dari kisah keseharianmu hingga artikel mengenai keterampilan yang kamu miliki. Semua itu dapat membantu orang lain yang mengunjungi blogmu.

Kamu mungkin menulis kisah lucu yang kamu alami pada hari itu. Tulisanmu tersebut dapat membuat para pembaca tertawa terbahak-bahak dan membantu menghibur mereka dari berbagai beban pikiran yang mereka miliki. Kisah pribadimu juga mungkin dapat memberikan motivasi dan banyak pelajaran bagi para pembaca blogmu.

F. Membantu Diri Sendiri

Selain untuk membantu orang lain, manfaat blog juga dapat membantu dirimu sendiri. Membagikan kisah atau bercerita dengan orang lain dapat membantumu untuk meringankan beban pikiran yang menumpuk. Terkadang kita tidak tahu atau tidak memiliki orang yang bisa mendengarkan cerita yang ingin kita bagikan. Kalau begitu, kamu bisa menggunakan blog untuk mengungkapkan perasaanmu.

Mengutip dari situs Skills You Need, penelitian menunjukkan bahwa menulis dapat membantu menyembuhkan trauma yang dialami. Menulis juga merupakan cara yang efektif untuk mengeluarkan perasaan dan pikiran yang menumpuk sehingga kegiatan ini baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu.

5 dari 5 halaman

Membantu Karir dan Sumber Penghasilan

G. Membantu Karir

Manfaat blog yang berikutnya ialah membantu karirmu. Menulis blog dapat membantumu ketika sedang mencari pekerjaan. Kamu bahkan bisa mendapatkan penawaran kerja dari perusahaan tertentu.

Di era digital ini, konten berperan penting dalam penjualan dan promosi perusahaan. Ada banyak sekali perusahaan yang mencari karyawan yang berpengalaman membuat konten untuk keperluan marketing perusahaan tersebut. Pengalamanmu membuat blog dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan ini. Kamu bisa menggunakan karya-karya di blog pribadimu sebagai portofolio saat kamu melamar pekerjaanmu yang akan memberikan poin tambahan bagimu.

H. Sumber Penghasilan

Manfaat blog berikutnya ialah sebagai sumber penghasilan. Melalui blog kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa saja menjual ruang di halaman blogmu untuk iklan. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang dipasang di halaman blogmu.

Kamu juga bisa menggunakan blog pribadimu untuk keperluan komersil. Kamu bisa menggunakannya untuk berjualan atau mempromosikan sebuah produk. Selain itu, nama dan jaringan yang kamu buat ketika blogging dapat membantumu saat kamu mendirikan bisnis baru.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS