Sukses

18 Cara Menenangkan Pikiran yang Efektif dan Mudah, Enggak Harus Pergi Healing

Cara menenangkan pikiran yang efektif dan mudah untuk dilakukan, tidak selalu harus pergi liburan dan healing

Liputan6.com, Jakarta Cara menenangkan pikiran diperlukan untuk meredakan stres dan rasa tidak nyaman yang muncul akibat banyaknya beban pikiran yang harus ditanggung. Semua jenis stres dapat berdampak negatif bagi tubuh jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat.

Cara menenangkan pikiran ini penting terutama saat anda mengalami kecemasan atau kemarahan yang kemudian sangat mungkin mengambil alih diri Anda dan membuat anda tidak tenang dan stres. Itulah mengapa penting untuk memiliki beberapa strategi untuk dapat membantu ketika merasa banyak pikiran.

Ada berbagai cara menenangkan pikiran, agar bisa merasa lebih tenang dan santai. Mulai dari makan makanan favorit hingga menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan. Terdapat banyak cara menenangkan pikiran yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk membantu mengatasi perasaan gelisah dan tidak tenang yang dirasakan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022) tentang cara menenangkan pikiran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menenangkan Pikiran Yang Efektif Dan Mudah

1. Latihan Pernapasan

Cara menenangkan pikiran yang pertama adalah dengan melakukan pernapasan secara teratur. Saat cemas atau marah, Anda cenderung mengambil napas pendek dan cepat. Peneliti mengatakan hal ini akan mengirimkan pesan ke otak, menyebabkan umpan balik positif yang memperkuat respons melawan-atau-lari.

Itulah mengapa mengambil napas panjang dan dalam yang menenangkan akan mengganggu putaran itu dan membantu menjadi lebih tenang. Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu anda tenang. Salah satunya adalah pernapasan tiga bagian.

Pernapasan tiga bagian mengharuskan anda untuk mengambil satu nafas dalam-dalam dan kemudian menghembuskan napas sepenuhnya sambil memperhatikan tubuh. Setelah merasa nyaman dengan pernapasan dalam, Anda dapat mengubah rasio inhalasi dan ekshalasi menjadi 1:2.

 

2. Lepaskan Kecemasan atau Kemarahan

Langkah selanjutnya adalah dengan berusaha melepaskan kecemasan dan kemarahan yang dirasakan, banyak peneliti merekomendasikan untuk mengeluarkan energi emosional dengan berolahraga. Olahraga berupa jalan-jalan dan lari direkomendasikan untuk membuat anda merasa lebih tenang.

Namun, sebaiknya hindari aktivitas fisik yang mencakup ekspresi kemarahan, seperti meninju tembok atau berteriak. Karena hal ini terbukti meningkatkan perasaan marah, karena memperkuat emosi karena anda hingga akhirnya merasa baik sebagai akibat dari marah.

 

3. Visualisasi Kan Diri Anda

Cara menenangkan pikiran yang selanjutnya adalah dengan memvisualisasikan diri. Tip ini mengharuskan anda untuk berlatih teknik pernapasan yang telah anda pelajari. Setelah mengambil beberapa napas dalam-dalam, tutup mata dan bayangkan diri dalam kondisi tenang.

Lihat tubuh anda yang rileks, dan bayangkan diri Anda yang telah melalui situasi stres atau penyebab kecemasan dengan tetap tenang dan fokus. Dengan menciptakan gambaran mental tentang bagaimana rasanya tetap tenang, anda dapat merujuk kembali ke gambar itu saat cemas.

3 dari 6 halaman

Cara Menenangkan Pikiran Yang Efektif Dan Mudah

4. Tantang Pikiran Anda

Bagian dari pikiran yang tidak tenang adalah memiliki pikiran irasional yang belum tentu masuk akal atau terjadi. Pikiran-pikiran ini sering kali merupakan "skenario terburuk". Anda mungkin menemukan diri anda terjebak dalam siklus "bagaimana jika", yang dapat menyebabkan anda memiliki pikiran yang tidak tenang dan perasaan khawatir berlebihan.

Ketika Anda mengalami salah satu dari pikiran-pikiran ini, berhentilah dan tanyakan pada diri anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apakah ini mungkin terjadi?

Apakah ini pemikiran yang rasional?

Apakah ini pernah terjadi pada saya sebelumnya?

Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Bisakah saya menanganinya?

Setelah anda menjawab pertanyaan diatas, inilah saatnya untuk membingkai ulang pemikiran anda. Alih-alih “Saya tidak bisa berjalan melintasi jembatan itu. Bagaimana jika ada gempa bumi, dan jatuh ke air?” katakan pada diri sendiri: "Ada orang yang berjalan melintasi jembatan itu setiap hari, dan jembatan itu tidak pernah jatuh ke air."

 

5. Pikirkan Baik-baik

Miliki mantra khusus untuk digunakan dalam situasi kritis. Pastikan itu salah satu yang menurut anda bermanfaat. Sebagai contoh saat anda menghadapi situasi yang menyulitkan pikirkan tentang “Apakah ini penting bagi saya kali ini minggu depan?" atau “Seberapa pentingkah ini?”.

Hal ini memungkinkan pemikiran untuk mengalihkan fokus, dan anda dapat "menguji kenyataan" situasi. Karena ketika kita cemas atau marah, kita menjadi terlalu fokus pada penyebabnya, dan pikiran rasional meninggalkan pikiran kita. Mantra-mantra ini memberi kita kesempatan untuk memungkinkan pemikiran rasional kembali.

 

6. Merilekskan Tubuh

Saat pikiran anda tidak tenang, biasanya rasanya setiap otot di tubuh anda tegang. Untuk itu berlatih relaksasi otot progresif dapat membantu anda menenangkan diri dan memusatkan diri. Untuk melakukan ini, berbaringlah di lantai dengan tangan terentang di sisi anda.

Pastikan kaki anda tidak bersilang dan tangan anda tidak mengepal. Mulailah dari jari kaki anda dan katakan pada diri sendiri untuk melepaskannya. Perlahan-lahan naikkan tubuh anda, katakan pada diri sendiri untuk melepaskan setiap bagian tubuh anda sampai seluruh tubuh anda merasa rileks.

4 dari 6 halaman

Cara Menenangkan Pikiran Yang Efektif Dan Mudah

7. Identifikasi Titik Tekanan di Tubuh untuk Menenangkan Pikiran

Cara menenangkan pikiran bisa dilakukan dengan mengenali titik tekanan tubuh. Pergi untuk pijat atau mendapatkan akupunktur adalah cara yang bagus untuk mengelola pikiran yang tidak tenang dan stress. Tetapi tidak selalu mudah untuk menemukan waktu di hari kerja anda. Namun babar baiknya adalah, anda dapat melakukan akupresur pada diri sendiri untuk menghilangkan kecemasan secara instan.

Metode ini melibatkan memberi tekanan dengan jari atau tangan anda pada titik-titik tubuh tertentu. Tekanan melepaskan ketegangan dan merilekskan tubuh anda. Satu satunnya adalah titik di bagian dalam pergelangan tangan anda. Tekan ibu jari anda di area ini selama dua menit. Ini dapat membantu meredakan ketegangan.

 

8. Cari Udara Segar

Suhu dan sirkulasi udara dalam suatu ruangan dapat meningkatkan rasa tidak nyaman akibat pikiran yang tidak tenang dan menyebabkan kecemasan. Jika anda merasa tegang dan ruangan tempat anda terasa panas dan pengap, ini bisa memicu serangan panik.

Keluarkan diri anda dari lingkungan itu dan sesegera mungkin keluar untuk mencari udara segar selama beberapa menit. Udara segar tidak hanya akan membantu menenangkan pikiran anda, tetapi juga perubahan pemandangan terkadang dapat mengganggu proses berpikir anda dengan lebih baik.

 

9. Makan Untuk Sumber Bahan Bakar Tubuh

Menjadi lapar tidak pernah membantu. Jika anda lapar atau tidak terhidrasi dengan baik, banyak teknik relaksasi tidak akan berhasil. Itulah mengapa penting mendapatkan sesuatu untuk dimakan. Cobalah menggigit coklat hitam. Dimana penelitian terkait menunjukkan itu dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi stres.

Anda juga bisa mencoba secangkir teh hijau dan madu. Studi menunjukkan teh hijau dapat membantu mengurangi respon stres tubuh. Penelitian telah menemukan bahwa madu dapat membantu meredakan kecemasan.

 

10. Mengunyah Permen Karet

Cara menenangkan pikiran berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi kecemasan akibat pikiran yang tidak tenang dan juga menaikan mood untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Faktanya, penelitian menunjukkan orang yang mengunyah permen karet secara teratur biasanya kurang stres daripada yang tidak mengunyah permen karet.

5 dari 6 halaman

Cara Menenangkan Pikiran Yang Efektif Dan Mudah

11. Mencari Dukungan Sosial

Saat pikiran anda tidak tenang, anda perlu mengeluarkannya dan melampiaskannya. Anda dapat melampiaskannya ke teman terpercaya, anggota keluarga, atau rekan kerja yang anda percaya dan bisa membantu anda.

Bahkan jika anda tidak punya waktu untuk panggilan telepon secara penuh karena waktu, pertukaran teks cepat dapat membantu anda mengeluarkan semuanya dan membantu anda merasa didengar. Poin bonus jika anda terlibat dengan teman lucu yang dapat membantu anda tertawa untuk menghilangkan stres.

 

12. Tonton Video Lucu

Cara menenangkan pikiran berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan menonton video lucu. Terkadang tertawa memang dapat menjadi obat terbaik untuk mengatasi pikiran yang tidak tenang dan kecemasan yang dirasakan setelahnya serta stress.

Penelitian telah menemukan bahwa tertawa memberikan manfaat terapeutik dan dapat membantu menghilangkan stres serta meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup. Lakukan pencarian internet cepat untuk menemukan video lucu untuk meningkatkan mood instan.

 

13. Dengarkan Musik

Langkah cepat berikutnya dalam cara menenangkan pikiran adalah dengan mendengarkan musik kesukaan. Mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan pada tubuh dan pikiran anda. Anda akan lebih fokus dengan musik yang anda dengarkan dan terhindar dari pikiran irasional yang membuat anda tidak tenang dan cemas.

 

14. Menarilah

Langkah lanjutan setelah anda mendengarkan musik adalah menari mengikuti irama musik favorit anda. Menari sejak dahulu secara tradisional telah digunakan sebagai seni penyembuhan oleh para leluhur. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa menari adalah cara yang bagus untuk memerangi depresi dan kecemasan akibat pikiran yang tidak tenang serta dapat meningkatkan kualitas hidup.

6 dari 6 halaman

Cara Menenangkan Pikiran Yang Efektif Dan Mudah

15. Menghirup Aromaterapi

Menghirup aromaterapi menjadi langkah selanjutnya dalam cara menenangkan pikiran. Aromaterapi atau penggunaan minyak esensial  dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati.

Bahan alami yang biasa digunakan dalam aromaterapi meliputi kayu cedar, kamomil, kerenyam, Jahe, lavender, lemon dan daun the. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam diffuser, atau campur dengan minyak dan oleskan ke kulit anda untuk membantu menenangkan pikiran.

 

16. Memiliki Objek Pemusatan

Saat anda memiliki banyak pikiran biasanya banyak energi anda dihabiskan untuk pikiran yang tidak rasional. Untuk membuat anda tenang, temukan "objek pemusatan" seperti boneka kecil atau liontin yang anda pakai di leher.

Katakan pada diri bahwa ketika anda stress dan menyentuh benda tersebut anda ingat untuk selalu tetap tenang dan rasional. Hal ini akan memusatkan pikiran anda dan membantu menenangkan pikiran anda.

 

17. Mandi Air Hangat

Luangkan waktu untuk mandi air hangat. Beri diri anda waktu untuk berpikir, bersantai, dan menenangkan diri. Memiliki waktu untuk diri sendiri dapat membantu untuk mengumpulkan pikiran dan memprosesnya.

Selain itu, panas yang dirasa saat mandi pada otot yang sakit atau tegang dapat membantu merilekskan pikiran anda. Pembuluh darah anda menjadi lebih besar dan memungkinkan lebih banyak nutrisi dan oksigen dikirim ke otot dan menghasilkan sirkulasi yang lebih baik. Dan membuat anda merasa lebih nyaman.

 

18. Tuliskan

Temukan tempat yang nyaman dan tuliskan pikiran dan perasaan anda dalam jurnal atau pada selembar kertas gores. Terkadang meletakkan semuanya di atas kertas dapat membantu anda memilah-milah hal yang penting dan tidak penting untuk dipikirkan, hal ini kemudian akan membuat anda kembali merasa tenang.

Jika anda mau, setelah selesai, anda mungkin ingin merobek kertasnya. Bagi sebagian orang, ini adalah cara menerima apa adanya dan melepaskan. Orang lain mungkin ingin menyimpan kertas itu dan menggunakannya untuk mengatasi stres apa pun yang mereka alami. Salah satu cara tidak lebih baik dari yang lain, jadi temukan yang terbaik untuk anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.