Sukses

8 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan, Cegah Kanker dan Alzheimer

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai manfaat timun suri yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis labu-labuan ini adalah salah satu sajian favorit di Indonesia yang banyak ditemukan dalam menu buka puasa selama bulan Ramadan.

Salah satu takjil favorit ketika berbuka puasa adalah es timun suri. Tingginya kandungan air yang terdapat di dalam timun suri membuatnya dapat membantu kita menyegarkan badan saat berbuka puasa.

Banyaknya manfaat timun suri tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Selain mengandung banyak air, timun suri juga mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti glukosa, fluktosa, vitamin A, vitamin C, dan asam linoleat. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Ada banyak manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh. Timun suri tidak hanya dapat membantu tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan, tetapi juga dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit yang berbahaya, seperti kanker hingga alzheimer. Oleh sebab itu, baik bagimu untuk mengonsumsi buah ini secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat timun suri secara efektif.

Berikut ini adalah berbagai manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang berahaya. Penyakit ini dapat menurunkan kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat. Alzheimer dapat menyebabkan seseorang mengalami kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia. Penyakit ini banyak menyerang orang-orang yang berusia lanjut.

Mengkonsumsi timun suri secara rutin dan teratur dapat membantumu untuk mencegah terkena penyakit Alzheimer. Manfaat timun suri untuk mencegah alzheimer tidak terlepas dari tingginya kandungan vitamin K yang ada di dalam buah ini. Vitamin ini memiliki peran yang penting untuk mencegah serta membatasi kerusakan sel neuronal di otak yang dapat menjadi penyebab menurunnya kemampuan otak seseorang. Selain itu, vitamin ni juga baik untuk membantu eningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteoprotik pada persendian.

2. Mencegah Kanker

Manfaat timun suri yang selanjutnya ialah dapat membantumu mencegah penyakit kanker. Timun suri memiliki kandungan zat anti-oksidan yang tinggi. Zat anti-oksidan yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu tubuh untuk melawan dan mencegah serangan zat radikal bebas. Zat radikal bebas disebut-sebut dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya, di antaranya adalah kanker.

Selain itu, di dalam timun suri juga terdapat kandungan saponin. Senyawa saponin diketahui sangat ampuh menghambat pertumbuhan kanker dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, hal terakhir yang diinginkan adalah melonjaknya kandungan gula dalam darah. Hal ini menyebabkan para penderita diabetes harus waspada dalam memilih hidangan yang ia konsumsi. Pasalnya, kandungan gula darah dapat melonjak karena makanan dan minuman yang ia konsumsi.

Salah satu manfaat timun suri adalah buah ini baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Timun suri memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang tidak akan membuat gula darah melonjak sehingga buah ini aman untuk dinikmati oleh penderita diabetes.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat timun suri yang lainnya ialah buah ini dapat membantumu untuk memperlancar dan menjaga kesehatan sistem pencernaanmu. Timun suri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan cairan dan serat. Asupan kedua kandungan ini sangat penting untuk kelancaran dan kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh manusia.

Kurangnya asupan serat dan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pencernaan, mulai dari maag, sembelit, gastritis, hingga tukak lambung. Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dan cairan seperti timun sari dapat membantumu untuk mencegah munculnya berbagai permasalahan dalam sistem pencernaanmu.

4 dari 5 halaman

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

5. Kaya Kandungan Vitamin A

Mengutip dari situs milik Pemerintah Kota Medan, timun suri adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin A. Tingginya vitamin A yang terkandung di dalam timun suri dapat membantumu untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Manfaat timun suri karena tingginya kandungan vitamin A yang terdapat di buah ini dapat membantumu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit katarak. Selain itu, vitamin A ini juga baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, mecegah kanker, menghalau alzheimer, serta membantu pembentukan gigi dan tulang.

6. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Manfaat timun suri yang selanjutnya adalah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami. Racun dapat masuk ke dalam tubuhmu melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap harinya ataupun melalui polusi udara yang kamu hirup.

Untuk membantumu membersihkan tubuh dari racun, kamu dapat mengkonsumsi timun sari secara rutin. Mengutip dari sumber yang sama, tingginya kandungan cairan dan vitamin yang terdapat dalam buah ini dapat membantu untuk mengikat racun yang ada di dalam tubuh dan membuangnya melalui urin. Dengan demikian, tubuhmu akan kembali bersih dari racun dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mungkin menyerang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

7. Menyehatkan Kuku dan Rambut

Mengkonsumsi timun suri secara rutin dan teratur juga dapat membantumu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kuku dan rambut. Manfaat timun suri dapat membantumu untuk menjaga supaya kukumu tidak rusak dan pecah-pecah.

Selain itu, timun suri juga baik untuk kesehatan rambutmu. Berbagai kandungan yang ada di dalam timun suri dapat membantumu untuk meningkatkan ketebalan rambutmu. Bagi kamu yang memiliki masalah rambut tipis, kamu bisa mencoba mengkonsumsi timun suri untuk membantu mempertebal rambutmu. Tentu saja kamu juga perlu melakukan berbagai perawatan lainnya supaya dapat efektif mengatasi masalah rambutmu.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya baik untuk rambut, timun suri juga baik untuk kulitmu. Manfaat timun suri bisa membantumu untuk merawat kulitmu dan juga menjaga kesehatannya.

Hal ini tidak terlepas dari tingginya kandungan vitamin C yang ada di dalam timun suri. Vitamin ini dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak. Anti-oksidan yang terkandung di dalam buah ini juga memberikan berbagai manfaat baik bagi kesehatan kulitmu. Mengkonsumsi timun suri secara teratur dapat membantumu untuk mencegah penuaan dini serta membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel sel tubuh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS