Sukses

10 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil serta Efek Samping yang Harus Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Masa kehamilan adalah saat yang menyenangkan bagi seorang wanita. Akan tetapi, membuat pilihan yang sehat selama waktu kehamilan juga sangatlah penting. Jika kamu sedang hamil, maka kamu harus makan makanan sehat untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. 

Kamu harus memasukkan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam makananmu karena mereka penuh dengan nutrisi penting dan kaya akan serat. Salah satunya adalah buah pisang. Manfaat pisang untuk ibu hamil dapat membantu mengatasi mual juga muntah selama trimester awal kehamilan. 

Selain manfaat pisang untuk ibu hamil dalam mengatasi mual, manfaat lain juga dapat membantu mengurangi risiko cacat pada bayi. Dengan makan pisang, diketahui dapat memberi bayi mineral dan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhannya. 

Dilansir dari parenting.firstcry.com, pisang adalah buah tropis dan mengandung vitamin esensial, mineral, juga karbohidrat, dan serat makanan yang baik dikonsumsi selama proses kehamilan. Manfaat pisang untuk ibu hamil juga membantu menurunkan risiko edema yang sering dialami oleh wanita.

Berikut ini manfaat pisang untuk ibu hamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

1. Membantu Mencegah Keasaman dan Mulas

Makan pisang diketahui dapat membantu melindungi lambung dan dinding esofagus dari asam lambung. Keasaman dan mulas adalah masalah umum yang terjadi selama kehamilan. Dengan mengonsumsi pisang selama waktu ini dapat menjaga keasaman dan mulas, serta membantu pencernaan.

2. Membantu Perkembangan Tulang

Pisang merupakan sumber kalsium yang sangat baik, juga diperlukan untuk perkembangan tulang baik pada bayi maupun ibu. Kalsium juga diperlukan untuk pengaturan kontraksi otot dalam tubuh jadi sertakan buah ini dalam diet kehamilan. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi pisang, dapat membantu perkembangan tulang selama proses mengandung. 

3. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Pisang juga merupakan sumber Vitamin C. Vitamin ini, disebut juga sebagai asam askorbat, yang sangat penting untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Mengonsumsi pisang juga membantu dalam pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, serta menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melawan infeksi. Makan pisang selama kehamilan dapat memberi bayi dan calon ibu dengan semua manfaat Vitamin C.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

4. Membantu Perkembangan Sistem Saraf Bayi

Manfaat pisang untuk ibu hamil juga sangat membantu perkembangan sistem saraf bayi. Pisang kaya akan vitamin B6 yang larut dalam air,  dan sangat diperlukan untuk perkembangan sistem saraf pusat bayi. Dengan demikian, konsumsi pisang secara teratur pada trimester pertama kehamilan terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. 

5. Bantu Atasi Sembelit

Manfaat pisang untuk ibu hamil juga diketahui dapat membantu atasi sembelit. Pisang mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi, sehingga membantu merangsang pergerakan usus dan mengurangi kembung di perut yang disebabkan oleh gas. Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat. Sembelit merupakan masalah umum selama kehamilan dan itulah mengapa makan buah yang mudah didapat ini dapat membantu meredakan sembelit.

6. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya juga dapat menjaga tekanan darah. Pisang merupakan sumber yang kaya kalium, dan merupakan mineral penting yang mengontrol tingkat tekanan darah dalam tubuh. Kamu juga bisa memasukkan pisang ke dalam makananmu dan mencegah fluktuasi tingkat tekanan darah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

7. Bantu Atasi Muntah dan Mual

Manfaat pisang untuk ibu hamil, dapat membantu serta mengatasi muntah dan mual. Pisang yang kaya akan vitamin B6 atau piridoksin, dapat menyembuhkan mual dan muntah di pagi hari. Saat ada dalam kondisi hamil, wanita berada dalam fase mual juga muntah yang berlebihan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi pisang, terutama pada trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan bagi wanita.

8. Membantu Menurunkan Risiko Edema

Manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya yakni bantu turunkan risiko edema. Banyak wanita hamil mengalami edema atau retensi air pada trimester kedua dan ketiga. Edema dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, juga persendian lainnya. Jika kamu melihat pembengkakan di persendian atau pergelangan kaki, hindari untuk mengonsumsi makanan asin dan memasukkan pisang ke dalam makanan untuk  membantu menurunkan pembengkakan.

9. Meningkatkan Energi dengan Cepat

Manfaat pisang untuk ibu hamil juga mampu meningkatkan energi dengan cepat. Pisang yang mengandung karbohidrat tinggi karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, sehingga dapat dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi langsung. Selama trimester terakhir kehamilan, makan pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat. Makan pisang juga bahkan membantu untuk melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energimu.

10. Menurunkan Kemungkinan Cacat Lahir pada Bayi

Manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat mengurangi  kemungkinan cacat lahir pada bayi. Pisang merupakan sumber folat yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan otak serta sumsum tulang belakang bayi. Makan pisang selama kehamilan mampu meningkatkan kadar folat dalam tubuh sehingga menurunkan kemungkinan kekurangan folat yang menyebabkan cacat pada bayi.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Mengkonsumsi Pisang Selama Kehamilan

Selain banyak manfaat pisang yang baik untuk ibu hamil, terdapat juga efek samping yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil. 

a. Jangan mengkonsumsi buah ini ketika kamu menderita diabetes gestasional. Karena dengan mengonsumsi pisang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

b. Beberapa orang akan mengalami reaksi alergi terhadap komponen lateks yang disebut kitinase, yang ada dalam pisang, oleh sebab itu, ibu hamil harus berhati - hati. Jika terjadi reaksi alergi ketika makan pisang, harus melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS