Sukses

12 Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami yang Efektif, Cobalah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai cara menaikkan trombosit secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Penyebab turunnya kandungan trombosit dalam tubuh yang paling umum terjadi adalah penyakit demam berdarah. Rendahnya kadar trombosit di dalam darah dapat membuat darah sukar mengalami pembekuan dan mengakibatkan pendarahan baik di luar maupun di dalam tubuh.

Ada berbagai gejala rendahnya trombosit pada diri seseorang. Gejala-gejala tersebut meliputi mudah memar, gusi atau hidung yang kerap mengeluarkan darah, muncul bintik kemerahan di bagian bawah kaki, pendarahan berat yang terjadi ketika menstruasi, mudah lelah hingga terdapat darah saat mengeluarkan feses ataupun air kencing. Kalau kamu mengalami gejala ini, segeralah periksa ke dokter dan terapkan cara menaikkan trombosit secara alami untuk membantumu meningkatkan trombosit dalam tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Cara menaikkan trombosit secara alami yang efektif adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam hidangan yang kaya akan kandungan nutrisi dan mineral. Tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral untuk membantu mereka memproduksi trombosit, seperti vitamin C, D, A, dan K serta mineral seng. Memastikan asupan mineral dan vitamin tercukupi dapat membantumu untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Berikut ini dirangkum oleh Liputan6.com (11/8/2022), dari berbagai sumber, cara menaikkan trombosit secara alami yang efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami

1. Jambu Biji

Cara menaikkan trombosit secara alami dan cepat ialah dengan mengkonsumsi jambu biji. Jambu biji memang sudah lama dikenal dapat membantu meningkatkan trombosit yang turun dengan cepat dan efektif. Di dalam jambu biji terdapat kandungan vitamin C yang melimpah. Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu tubuhmu untuk memperlancar penyerapan zat besi. Zat besi sendiri adalah salah satu mineral yang sangat penting yang dibutuhkan untuk memproduksi trombosit di dalam tubuh.

Cara menaikkan trombosit menggunakan jambu biji adalah dengan mengkonsumsinya. Kamu bisa memakan jambu biji secara langsung. Akan tetapi, kamu juga bisa mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus untuk menambah kelezatannya.

2. Bayam

Mengkonsumsi bayam adalah salah satu cara menaikkan trombosit secara alami dan efektif yang lainnya. Bayam adalah salah satu sayuran yang kaya akan kandngan vitamin K. Vitamin ini adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi trombosit. Selain dapat membantu untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah, vitamin K juga dipercaya dapat membantu proses pembekuan darah atau koagulasi.

Cara menaikkan trombosit menggunakan bayam juga cukup mudah. Kamu cukup merebus 5 helai daun bayam dengan dua gelas air. Rebuslah hingga airnya menyusut menjadi satu gelas lalu matikan. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya supaya dapat efektif membantumu meningkatkan trombosit dalam darah.

3. Labu

Cara menaikkan trombosit secara alami yang efektif berikutnya ialah dengan mengkonsumsi labu. Mengutip dari sumber yang sama, labu adalah salah satu makanan yang diketahui dapat meningkatkan trombosit secara efektif. Hal ini terjadi berkat kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit yang diproduksi oleh sumsum tulang.

Selain labu, ada berbagai bahan makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin A yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan trombosit. Di antaranya ialah wortel, ubi jalar dan kangkung. Kamu bisa mengkonsumsi bahan makanan tersebut untuk mengganti labu apabila kamu butuh untuk meningkatkan kadar trombosit di dalam darahmu.

3 dari 5 halaman

Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami

4. Delima

Mengutip dari situs Pharmeasy, delima adalah salah satu buah-buahan yang merupakan salah satu cara menaikkan trombosit secara alami dan efektif. Tingginya kandungan zat besi di dalam biji delima dapat membantumu meningkatkan kadar trombosit dalam darah dengan sangat cepat.

Saking efektifnya, buah delima saat ini banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami kekurangan trombosit. Kalau kamu butuh meningkatkan trombositmu, kamu bisa memakan beberapa buah delima setiap harinya secara rutin dan teratur.

Selain itu, buah delima juga kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamn C. Kedua kandungan tersebut dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu tubuhmu melawan infeksi secara efektif.

5. Susu

Mengkonsumsi susu adalah salah satu cara menaikkan trombosit secara alami yang efektif yang dapat kamu coba di rumah. Susu sudah lama terkenal akan tingginya kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Akan tetapi, susu juga dapat membantumu untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darahmu.

Mengutip dari sumber yang sama, selain kalsium, di dalam susu juga terdapat kandungan vitamin K. Vitamin K ini adalah salah satu vitamin yang penting dalam sistem pembekuan darah di tubuh kita. Selain itu, susu juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit yang ada di dalam darah. Untuk membantumu menjaga dan meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuhmu, kamu bisa mencoba meminum segelas susu secara teratur setiap harinya.

6. Sayur Hijau

Cara menaikkan trombosit secara alami dan efektif yang lainnya ialah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran hijau secara teratur. Pasalnya, di dalam sayur-sayuran tersebut terdapat kandungan vitamin K yang tinggi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, vitamin ini adalah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam sistem pembekuan darah dan dapat membantumu meningkatkan trombosit sampai batas tertentu. Ada berbagai sayuran hijau yang dapat kamu konsumsi untuk membantumu mengatasi permasalahan ini, contohnya adalah peterseli, kemangi, bayam dan seledri, asparagus, kubis dan selada air.

4 dari 5 halaman

Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami

7. Ekstrak Daun Pepaya

Cara menaikkan trombosit secara alami yang selanjutnya ialah dengan menggunakan ekstrak daun pepaya. Mengutip dari sumber yang sama, ekstrak daun pepaya adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan trombosit. Bagaimana cara daun pepaya dapat meningkatkan produksi trombosit hingga saat ini masih belum diketahui. Akan tetapi. uji klinis menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan trombosit secara efektif pada kasus penyakit demam.

Cara menaikkan trombosit menggunakan ekstrak daum pepaya juga cukup mudah. Kamu dapat mengkonsumsi antara satu hingga dua gelas jus daun pepaya secara rutin dan teratur. Akan tetapi, daun pepaya memiliki rasa pahit yang membuat sebagian orang tidak menyukainya. Akan tetapi, saat ini sudah ada ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul yang dapat kamu konsumsi untuk menggantikan jus tersebut.

8. Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan adalah salah satu cara menaikkan trombosit yang dapat kamu coba di rumah. Beberapa jenis kacang kaya akan kandungan vitamin D, K, dan fibrinogen. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu untuk membuat proses penyerapan kalsium menjadi lebih efektif. Selain itu, nutrisi tersebut juga disebut-sebut dapat meningkatkan kandungan trombosit dalam darah.

Ada berbagai macam kacang-kacangan yang dapat kamu konsumsi sebagai cara menaikkan trombosit di dalam tubuhmu. Di antaranya ialah kacang almond, kacang tanah, walnut, dan pistachio. Selain itu, masih ada banyak jenis kacang yang lainnya yang dapat membantumu untuk mengatasi permasalahan ini.

9. Biji-Bijian

Selain kacang-kacangan, mengkonsumsi berbagai jenis biji-bijian juga merupakan salah satu cara menaikkan trombosit secara alami yang efektif dan mudah untuk kamu coba di rumah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin B9 yang ada di dalam biji-bijian tersebut. Vitamin B9 ini adalah salah satu vitamin yang penting untuk membantu meningkatkan produksi trombosit di dalam tubuhmu.

5 dari 5 halaman

Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami

10. Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih secara cukup adalah hal yang penting untuk kesehatan tubuhmu. Akan tetapi, mengkonsumsi air putih juga dapat menjadi salah satu cara menaikkan trombosit yang efektif secara alami. Hal ini terjadi karena air putih dapat membantu untuk merangsang peningkatan produksi sel darah oleh tubuh.

Kalau kamu kekurangan trombosit, cobalah minum air putih yang banyak. Minummlah air putih lebih banyak dari pada yang biasanya disarankan untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit di darahmu secra efektif. Selain sebagai salah satu cara menaikkan trombosit, mengkonsumsi air putih juga dapat membantumu mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat menyerang tubuhmu.

11. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food dapat menjadi salah satu penyebab trombositmu turun. Hal ini disebabkan karena junk food dapat menghambat proses produksi trombosit oleh sum-sum tulang. Selain junk food ada berbagai macam makanan lainnya yang dapat menyebabkan masalah ini seperti makanan dengan olahan minyak, gula halus berlebihan dan minum-minuman beralkohol serta kafein.

Oleh sebab itu, salah satu cara menaikkan trombosit secara alami yang efektif ialah dengan berhenti mengkonsumsi makanan tidak sehat dan mulailah menyantap makanan-makanan yang sehat. Dengan demikian, maka proses produksi trombosit di dalam sum-sum tulangmu tidak lagi terhambat dan menjadi lebih lancar sehingga kadar trombosit dalam tubuhmu meningkat.

12. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Cara menaikkan trombosit secara alami yang selanjutnya ialah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan omega-3. Nutrisi ini baik untuk membantu tubuh meningkatkan jumlah trombosit yang diproduksi. Selain itu, nutrisi ini juga penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Omega-3 dapat kamu temukan di telur dan berbagai jenis ikan. Selain itu, kamu juga bisa menjaga asupan omega-3 untuk tubuhmu dengan mengkonsumsi minyak ikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS