Sukses

17 Tempat Wisata di Tegal yang Terkenal dan Selalu Hits, Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata di Tegal yang terkenal.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin mengisi waktu liburan di kota atau kabupaten Tegal, wajib mampir ke tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Wisata di Tegal menyuguhkan panorama alam yang pasti memesona dan indah sekali.

Tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits selain menyuguhkan panormana alam yang memukau, juga cocok untuk berwisata bersama keluarga dan anak-anak. Banyak lokasi wisata di Tegal yang cocok untuk wisata edukasi hingga outbound.

Selain cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta, tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits cocok pula untuk hunting atau berburu foto estetik nan instagramable. Seperti apa saja tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh belas  tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits, Kamis (11/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tegal yang Terkenal dan Selalu Hits

1. Air Terjun Kembar (Air Hangat)

Air Terjun Jedor atau Curug Jedor adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini terletak dekat dengan wahana outbond atau camping. Wisatawan harus berjalan di jalanan menurun yang agak curam.

Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, wisawatan sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini. Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi yang menyukai suasana yang tenang, di mana yang terdengar hanyalah suara air terjun.

2. Jeep Adventure

Jeep Adventure adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits yang penuh tantangan. Wisatawan di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini, akan diajak berkeliling menyusuri hutan dan medan yang menantang sejauh sekitar 10 km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang hijau. Wisatawan di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits akan diajak melewati berbagai rintangan yang akan memacu adrenalin. Tak perlu khawatir, setiap wisatawan akan dibekali dengan fasilitas pemandu wisata, helm/safety riding, dan asuransi.

3. Outbound dan Camping Guci

Camping Guci adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Ada panjat tebing mini yang bisa dimainkan anak-anak maupun dewasa. Ada pula jaring laba-laba yang dapat dilintasi setelah menaiki panjat tebing.

Permainan di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini menantang pengunjung agar cermat melangkah jika tak mau tercebur ke kolam. Wisatawan bisa bersenang-senang dengan teman maupun keluarga dengan kegiatan outbond ini.

4. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Guci adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Terdapat beberapa pemandian umum, yaitu pancuran 13, pancuran 7, dan pancuran 5. Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran ini dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ketika pertama kali menyentuh air tersebut, wisatawan di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini akan langsung merasakan panas, ketika sudah beradaptasi akan terasa hangat. Badan serta pikiran menjadi semakin rileks dan nyaman. Terlebih lagi sumber mata air di wisata Guci ini jernih, tidak berwarna, dan yang terpenting tidak berbau belerang.

5. Gua Lawa

Gua Lawa adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Gua Lawa ini berupa tumpukan batu yang begitu eksotik dan tersusun secara alami, dengan puncaknya yang menjulang.

Dari puncak batu tersebut, wisatawan di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits akan disuguhkan dengan pemandangan alam Tegal yang begitu hijau.

Banyak juga spot-spot foto lainnya yang dapat dijelajahi di Gua Lawa ini, selain di puncaknya. Bahkan, banyak juga yang berfoto di jalan menuju puncak, yang menampakkan posisi bebatuan di jalanan yang berbentuk gua.

6. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Pantai wisata Tegal ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal, serta tidak jauh dari jalur Pantura. Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits?

Wisatawan yang ingin berkunjung di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini bisa mengaksesnya dengan kendaraan apapun. Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang memesona. Tak heran jika pantai ini menjadi kawasan wisata di Tegal yang favorit bagi para pelancong yang hobi fotografi saat matahari tenggelam.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tegal yang Terkenal dan Selalu Hits

7. Purwahamba Indah

Purwahamba Indah adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits, fasilitasnya lengkap. Ini berupa tempat rekreasi seperti kolam renang, waterboom, arena bermain, dan wahana-wahana lainnya.

Selain itu, tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini juga menawarkan keindahan alam wisata pantainya, yaitu Pantai Purwahamba Indah. Tempat ini memiliki luas 13,5 hektare dan jarak tempuh dari Kota Slawi sekitar 20 km ke arah timur.

8. Wadas Kelir

Wadas Kelir adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Ini kumpulan bebatuan yang memiliki motif unik. Wadas Kelir sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits, memiliki spot foto yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri.

Dari jauh pun perbukitan yang ada memiliki lanskap yang luar biasa. Tempat yang dulunya adalah tempat penggalian pasir ini menjadi terkenal dengan banyaknya orang yang berfoto di sini. Motif-motif unik dari batunya tersebut yang menjadi daya tarik utama.

9. Curug Luhur

Curug Luhur adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini memiliki kolam yang landai, sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi bermain air di bawah air terjun.

Tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits seperti Curug Luhur, memiliki ketinggian 25 meter dengan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi wisatawan memulai petualangan di wisata Tegal.

10. Curug Penganten

Curug Penganten adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini tak jauh dari Curug Luhur. Tidak seperti Curug Luhur yang ketinggiannya mencapai 25 m, Curug Penganten memiliki tinggi hanya 14 m saja. Tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini memiliki dua mata air terjun yang berdampingan, layaknya pasangan pengantin, sehingga dinamai Curug Penganten.

11. WKJ Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Ini tempat wisata untuk mengenal berbagai jenis jamu. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sawah cantik serta sungai kecil yang suara airnya mampu menenangkan jiwa. Di tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini wisatawan bisa mengetahui banyak hal tentang jamu dari dokter atau apoteker yang ada.

12. Pasar Tradisional Slumpring

Pasar Tradisional Slumpring adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Bagi wisatawan yang ingin jajanan atau makanan zaman dulu, bisa ke Slumpring. Slumpring merupakan tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits, dengan kuliner tradisional yang menarik.

Tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini hanya buka tiap Minggu pukul 07.00-12.00 di Desa Cempaka, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tiket masuk tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini tidak akan dikenai biaya. Aneka makanan yang dijual, harganya pun murah.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tegal yang Terkenal dan Selalu Hits

13. Rita Park

Rita Park adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Ini tempat wisata keluarga di Kota Tegal yang menawarkan berbagai wahana permainan. Rita Park sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits disebut-sebut sebagai wahana bermain terbesar di Jawa Tengah, jadi pasti rugi jika Anda tidak mampir ke sini. Wahana permainan yang ada di sini diantaranya Bom-bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride, dan lain-lain.

14. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Tempat ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, terdapat spot foto bagus dan menarik yang dapat menghiasi akun media sosial pengunjung.

Danau Beko sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini sebenarnya cekungan yang terbuat dari hasil aktivitas tambang. Cekungan tersebut terisi oleh air hujan yang lama-kelamaan penuh dan akhirnya terbentuklah Danau Beko.

Danau Beko sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini berlokasi di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Lokasinya dari Perempatan pasar Margasari, ambil jalan ke utara sekitar 4 KM.

15. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Lokasi ini dulunya diresmikan oleh Presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno, pada tahun 1952. Destinasi wisata Tegal ini memiliki luas 40 hektare dengan ketinggian antara 85 m – 600 m dpl.

Waduk Cacaban sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits sudah dilengkapi warung makan apung, areal pemancingan, wisata air, perahu dayung, kapal motor, musala, dan gardu pandang, sehingga wisatawan dapat menikmati hamparan luas pemandangan indah Waduk Cacaban.

Terdapat empat pulau di tengah waduk sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini. Ada Pulau Kenanga, Pulau Winong, Pulau Gendu, dan Pulau Rayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kapal motor. Di waduk ini wisatawan dapat menikmati suasana yang tenang dan asri, untuk menenangkan jiwa.

16. Wana Wisata Prabalintang

Wana Wisata Prabalintang adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Jika suka mencari spot foto yang menggambarkan alam, maka tempat ini jangan sampai terlewat.

Tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits seperti Wisata Prabalintang menyajikan spot-spot foto natural yang dapat menjadi latar belakang selfie atau wefie wisatawan yang datang.

Bahkan, ada juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk foto pre-wedding. Jika tertarik berkunjung ke tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini, datanglah ke Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Bojong, Tegal, Jawa Tengah.

17. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih adalah tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits. Lagi-lagi ini wisata di Tegal yang sangat cocok untuk berswafoto. Jembatan Gantung Danawarih ini merupakan spot yang sangat menarik dan unik.

Semua sudut Jembatan gantung sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini dijamin memiliki lokasi atau spot yang Instagramable. Dari atas hingga bawah, satu ujung jembatan ke ujung lainnya, terbukti memiliki nilai sentimentilnya sendiri.

Jembatan sebagai tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits ini melintasi sungai Kali Gung, yang penuh dengan batu kali besar nan eksotik, memiliki panjang lebih dari 270 meter dan berada di lanskap yang luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.