Sukses

Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi yang Bergerak Yaitu Film, Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu ada beragam. Karya seni visual dua dimensi yang bergerak artinya tangkapan gambar yang bisa bergerak dan dapat memberikan gambar yang nyata.

Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu perlu untuk anda ketahui. Karya seni  dua dimensi adalah hasil karya yang membutuhkan bahan, alat, dan metode dasar serta proses pembuatannya unik demi menghasilkan karya yang mempunyai unsur estetik.

Salah satu contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu film. Karya film merupakan serangkaian gambar diam yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak dan pengertiannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Karya Seni Dua Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar, atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandang. Untuk mewujudkan karya seni rupa dua dimensi ini digunakan berbagai bahan, medium, dan teknik sesuai objek dan fungsi yang diinginkan. Karya seni rupa dua dimensi memiliki beberapa fungsi, seperti fungsi pakai, fungsi hias, dan fungsi ekspresi. 

Mengutip dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) ditulis oleh Sofyan Salam, Sukarman, dan Hasnawati, karya seni visual dua dimensi adalah karya seni yang hanya mempunyai ukuran panjang dan lebar saja. Nah, contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu film, video, anime, simulasi visual 3D, pameran lukisan online, photoshoot, patung bergerak, poster reklame, hingga desain rumah.

3 dari 5 halaman

Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi yang Bergerak

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak adalah:

1. Film

2. Video

3. Anime

4. Simulasi visual 3D

5. Pameran lukisan online

6. Photoshoot

7. Patung bergerak

8. Poster reklame

9. Desain rumah.

4 dari 5 halaman

Definisi Film

Definisi film adalah serangkaian gambar dia yang ketika ditampilkan pada layar dapat menciptakan ilusi gambar bergerak. Gambar yang bergerak ini tercipta karena efek fenomena phi. Ilusi optik akan memaksa penonton untuk melihat gerakan berkelanjutan antar objek yang berbeda secara berturut-turut dan dalam waktu yang cepat.

Hal inilah yang membuat film disebut sebagai karya seni visual dua dimensi yang bergerak. Adapun proses pembuatan film adalah dengan memotret adegan sungguhan dengan kamera film. Sebagai contoh memotret gambar atau model dengan menggunakan teknik animasi tradisional, seperti CGI can juga animasi komputer.

5 dari 5 halaman

Genre dalam Film

Genre adalah penyebutan yang digunakan untuk membedakan berbagai jenis film. Berikut ini genre dalam film yang wajib diketahui, yakni:

1. Aksi (Action)

Genre aksi atau action adalah genre film yang biasanya sangat menegangkan saat ditonton. Film dengan genre ini juga terdapat karakter antagonis dan protagonis yang keduanya saling berhubungan dalam sebuah konflik. Tak heran jika genre film ini sering menyajikan adegan kejar-kejaran, tembak-menembak, dan balapan.

2. Drama

Drama adalah genre film yang umumnya menceritakan kehidupan nyata yang berhubungan dengan setting, tema, karakter, dan cerita. Selain itu, drama juga diambil dalam skala besar yaitu masyarakat dan skala kecil yaitu keluarga. Dalam skala besar, biasanya drama bercerita mengenai politik dan kekuasaan. Sedangkan, dalam skala kecil atau keluarga biasa berkisah tentang keharmonisan dan cinta.

3. Komedi

Salah satu genre film yang digemari oleh semua kalangan adalah komedi. Jenis genre ini kerap memancing penonton untuk tertawa. Selain itu, film komedi juga disampaikan dengan sangat ringan dan biasa melebih-lebihkan aksi, situasi, dan bahasa.

4. Horor

Horor adalah genre film yang bercerita tentang ketakutan dan suasana yang menyeramkan di dalamnya. Biasanya, genre film ini berhubungan dengan makhluk gaib, monster, dan berwujud fisik yang membuat penonton ketakutan.

5. Dokumenter 

Film tentang (atau diklaim tentang) kehidupan nyata seseorang dan kejadian nyata. Genre ini hampir selalu serius dan mungkin melibatkan emosi yang kuat.

6. Romantis

Film romance merupakan jenis film yang berfokus pada kisah cinta atau hubungan tertentu. Kebanyakan, film ini juga berdampingan dengan genre film drama. 

7. Thriller

Biasanya tentang misteri, kejadian aneh, atau kriminal yang harus dipecahkan. Penonton akan tetap menebak-nebak sampai akhir film, ketika biasanya ada akhir yang twist (mengejutkan). Dalam film thriller, situasi menegangkan dibangun sepanjang film. Jenis film yang satu ini umumnya dipadukan dengan unsur horor, misteri, atau action.

8. Biografi

Film biografi adalah film yang menampilkan kehidupan seorang tokoh yang diambil dari kisah nyata dalam hidupnya. Biasanya orang yang diangkat kisahnya untuk dijadikan film biografi adalah orang yang punya pengaruh besar, dikenal luas oleh masyarakat dan inspiratif.

9. Fiksi Ilmiah

Jenis film bergenre fiksi ilmiah menggabungkan tentang imajinasi dan basis-basis pengetahuan ilmiah. Karakteristik film genre ini bersifat visioner dan futuristik. Biasanya, jenis film ini mengangkat tentang masa depan dan dunia yang lain lengkap dengan kecanggihan teknologi, hingga prediksi-prediksi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS