Sukses

Ini Cara TikTok Rayakan #SerunyaIndonesia Sambut HUT RI ke-77

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, TikTok meluncurkan kampanye #SerunyaIndonesia. Didukung oleh Kemenparekraf, kampanye hyperlocal yang berlangsung sepanjang Agustus 2022 ini mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama merayakan persatuan dalam keragaman, untuk 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' bersama komunitas TikTok, di platform TikTok.

Mahwari Sadewa Jalutama Head of Operations TikTok Indonesia menjelaskan, tujuan kampanye #SerunyaIndonesia adalah agar masyarakat di Tanah Air bisa saling mendukung, menyemangati, dan saling menginspirasi lewat kreativitas tanpa batas untuk menunjukkan keseruan di Indonesia terlepas dari kondisi pandemi," ujar Mahwari atau pria yang akrab disapa Tama saat berbincang dengan tim Liputan6.com, Rabu (10/8).

Lebih lanjut Tama mengatakan, dukungan dan semangat itu bisa dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari mencari hiburan, belajar hal baru, mendukung bisnis dan UMKM lokal, memberikan semangat kepada tim nasional, hingga mempromosikan destinasi pariwisata.    

"Jadi memang kampanye ini untuk merayakan sekaligus mengapresiasi masyarakat di TikTok yang nggak pernah menyerah selama menghadapi kondisi pandemi hingga endemi seperti sekarang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Libatkan Banyak Konten Kreator dan Komunitas TikTok

Agar tujuan kampanye #SerunyaIndonesia dapat berjalan lancar, TikTok pun menggandeng sejumlah konten kreator dan komunitas TikTok. Mereka adalah orang-orang atau generasi muda yang selalu menghadirkan konten inspiratif dan menghasilkan karya atau produk andalan buatan lokal.

Ya, kampanye #SerunyaIndonesia merupakan kampanye hyperlocal yang bersifat nasional karena melibatkan banyak sekali kreator. Mulai dari kreator di kategori travel ada Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta), dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak) yang siap berangkat Jelajah #SerunyaIndonesia.

Selain itu, ada juga UMKM dan brand lokal, serta komunitas TikTok terutama di kategori fesyen yang ikut mewarnai kampanye ini. Salah satu brand fesyen lokalnya adalah Sweaterpolos.id. Mereka akan unjuk gigi untuk menampilkan program unggulannya di Mal Kota Kasablanka.

"Ada juga program #MajuBarengTikTok yang mengajak brand UMKM Oktaviana Tas Grosir yang akan berbagi cerita sukses dan menghadirkan kreator Natasha Surya yang memang giat banget membantu brand lokal di platform TikTok, guna menginspirasi dan mendukung UMKM lokal untuk mulai mengadopsi teknologi agar lebih melek teknologi dan optimal memanfaatkan ekosistem TikTok," jelas Tama.

Nggak ketinggalan di kategori musik, TikTok menggandeng Abram, Tiffani Afifa dan Pieter Anro Putra, Jenn Angelina untuk menyanyikan theme song #SerunyaIndonesia. Oh ya, siap-siap ya, lagu Serunya Indonesia bakal dirilis pada 12 Agustus 2022 dan musik video siap dirilis pada 15 Agustus 2022.

Nah, dari semua rangkaian kampanye #SerunyaIndonesia, tentunya ada acara puncak yang sayang banget jika dilewatkan. TikTok akan menggelar Festival #SerunyaIndonesia dengan menghadirkan konten kreator di kategori Edukasi, Komedi, dan penampilan live dari Slank.

3 dari 3 halaman

Catat Tanggalnya, Ini Rangkaian Acara #SerunyaIndonesia

Kampanye #SerunyaIndonesia akan menggambarkan semangat yang ada di platform TikTok, di mana komunitas TikTok, termasuk UMKM dan brand, saling bersatu dan menciptakan keseruan bersama di tengah kondisi apapun.

Yup, TikTok mengajak pengguna beserta seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan #SerunyaIndonesia lewat berbagai program hyperlocal menarik yang diselenggarakan secara in-app dan out-app, komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia dapat sama-sama menemukan #SerunyaIndonesia mulai dari pariwisata, kuliner, seni dan budaya, pemberdayaan ekonomi kreatif, hingga pesta rakyat! So, kamu wajib banget ingat dan catat tanggalnya ya karena kampanye #SerunyaIndonesia digelar pada 6-21 Agustus 2022, dengan rangkaian acara seru berikut ini:

●  4 - 17 Agustus 2022: Jelajah #SerunyaIndonesia

Sebuah program eksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia yang ditayangkan livestream selama 77 jam di TikTok LIVE, bersama kreator TikTok, Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak). Jelajah #SerunyaIndonesia didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tiket.com, serta akan mengunjungi lima (5) destinasi super prioritas pemerintah di dalam rutenya.

"Nantinya mereka akan menjadi pemandu perjalanan virtual melalui live stream TikTok live di 77 destinasi wisata yang sudah ditentukan. Mereka akan memperlihatkan keindahan pemandangan dan destinasinya, dan akan berbagai cerita terkait penduduk setempat, berbaur dengan warga lokal, dan memberikan informasi menarik dari destinasi tersebut sambil berinteraksi dengan para pengguna TikTok. Ini yang akan menjadi pembeda dan unik, kita bisa berinteraksi langsung dengan komunitas, kalo ada yang tanya bisa langsung ditanya dan dijawab," jelas Tama.

● 12 - 17 Agustus 2022: #SerunyaIndonesia On The Road

Program pemberdayaan komunitas yang akan dihadiri berbagai kreator untuk merayakan HUT RI ke-77. Komunitas TikTok yang hadir akan mendapatkan pelatihan dan sharing session bersama top kreator dan menikmati keseruan turnamen permainan tradisional. Acara ini akan berlangsung di tiga kota yaitu Surabaya, Bali, dan Medan.

"Untuk #SerunyaIndonesia On The Road akan berbagai informasi penting dari TikTok kepada kreator, akan ada sharing session, tips pengembangan akun dan konten yang positif di TikTok bareng @urrofi, @a.ci.pa, dan @jerrypiko," jelas Tama.

● 11 - 21 Agustus 2022: TikTok Shop "For Your Fashion"

Program pameran offline dan online brand lokal fesyen di Mal Kota Kasablanka sebagai perwujudan dukungan dan upaya untuk terus memajukan seller lokal di bidang fesyen di Tanah Air. Tama mengungkapkan kalau TikTok melibatkan 12 brand lokal fesyen, di antaranya @roughneck.1991, @sweaterpolos.id, @eigeradventure, @aurum.lab, dan masih banyak lagi.

"Istimewanya, acara ini menghadirkan 100% brand fesyen lokal. Sejalan dengan tujuan #SerunyaIndonesia, pengunjung dapat melihat fashion exhibition dari fashion lokal. Selain itu tersedia juga hashtag challenge #TikTokBanggaLokal di platform TikTok dengan hadiah dan fasilitas menarik yang dipersembahkan untuk para seller lokal. Jadi nanti pemenangnya mendapat berbagai fasilitas dan dukungan menarik dari TikTok Shop untuk meningkatkan bisnis mereka."

● 12 Agustus 2022: Peluncuran #MajuBarengTikTok

Program pemberdayaan UMKM dari TikTok selama satu tahun untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi digital guna mengembangkan kinerja bisnis. Didukung oleh Kemenparekraf, peserta #MajuBarengTikTok akan mendapatkan pelatihan khusus untuk memanfaatkan ekosistem TikTok, di antaranya TikTok For Business, TikTok Shop, dan TikTok LIVE secara maksimal.

● 30 Agustus 2022: TikTok Local Beauty Brand Playbook

Peluncuran buku panduan untuk membantu memajukan local beauty brand di tanah air. Buku ini akan berisikan lanskap industri kecantikan di Indonesia, tips dan trik seputar konten kecantikan, serta kisah sukses brand kecantikan lokal yang berhasil meningkatkan bisnisnya dan mampu bersaing dengan brand internasional, memanfaatkan solusi bisnis dari TikTok For Business.

● 19 Agustus 2022: Festival #SerunyaIndonesia

Nah, ini adalah puncak acara kampanye #SerunyaIndonesia untuk merayakan kebhinekaan. Festival inter-generasi penuh ragam ini akan diwarnai dengan penampilan live dari Slank, aksi lukis mobil oleh kreator Alicia Eva, fashion show persembahan desainer Christie Basil yang akan menggandeng 77 kreator TikTok sebagai model, turnamen #SerunyaIndonesia dengan permainan tradisional dan pertandingan olahraga bersama kreator, dan berbagai keseruan lainnya.

Gimana, rangkaian acaranya menarik dan seru banget kan? Buat kamu para pecinta musik, nantikan kejutan spesial dari penampilan Slank di acara ini, ya!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS