Sukses

54 Tahun Menanti, Wanita Berusia 70 Tahun Ini Lahirkan Anak Pertama

Setelah menanti 54 tahun, akhirnya pasangan lansia ini dikaruniai anak pertama.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak setelah menikah tentu menjadi impian setiap pasangan. Namun, tak bisa disangkal bahwa rezeki berupa bayi merupakan kehendak dari Tuhan. Manusia hanya bisa berusaha, dan Sang Pencipta lah yang menentukan. Bahkan, ada pasangan yang menanti hingga 50 tahun lebih.

Seorang pria bernama Gopi Singh berusia 75 tahun dan pasangannya Chandrawati yang berusia 70 tahun menyambut anak pertama mereka di distrik Alwar Rajasthan pada hari Senin, (8/8). Bayi tersebut dilahirkan setelah 54 tahun mereka menikah.

Melansir dari India Today, pasangan lanjut usia itu menjadi orangtua dengan perawatan fertilisasi in vitro (IVF). Bayi laki-laki itu lahir di Tabung Uji Indo IVF Baby Center, satu-satunya pusat IVF yang terdaftar di Alwar.

"Sekitar satu setengah tahun yang lalu, Gopichand datang ke pusat ini bersama kerabatnya, Chandrawati dan Gopi Singh Chandravati Devi yang tinggal di sebuah desa dekat perbatasan Haryana di Jhunjhunu Rajasthan," kata ahli IVF Dr Pankaj Gupta, seperti dilansir Liputan6.com dari India Today pada Jumat (12/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalani proses bayi tabung

Ahli IVF Dr Pankaj Gupta melanjutkan sebelum menjalani proses bayi tabung di Tabung Uji Indo IVF Baby Center, pasangan lansia tersebut sempat pergi ke beberapa kota metropolitan untuk mencoba hal yang sama. Tapi sia-sia. 

"Chandrawati hamil sembilan bulan lalu dalam upaya ketiga perawatan IVF. Di balik kegembiraannya, ada juga ketakutan karena usianya yang sudah lanjut. Tetapi akhirnya pada hari Senin, dia melahirkan bayi laki-laki yang sehat dengan selamat," kata spesialis IVF di pusat tersebut, Dr Pankaj Gupta.

 

3 dari 3 halaman

Bayi lahir sehat

Keduanya dilaporkan dalam keadaan sehat dan berat bayi sekitar 3,5 kilogram. Gopi Singh, ayah bayi tersebut, adalah seorang pensiunan tentara yang bertugas di desa Nuhaniya, Jhunjhunu.

Pasangan itu beruntung bisa hamil sebelum Parlemen India mengesahkan undang-undang terkait perawatan IVF yang mulai berlaku Juni lalu. Menurut undang-undang saat ini, tidak ada pusat perawatan IVF yang diizinkan untuk menawarkan perawatan kepada wanita dan pria di atas usia 50 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.