Sukses

7 Cara Mengatasi Mimisan yang Tepat dan Mudah, Jangan Menyumbat Hidung

Inilah berbagai cara mengatasi mimisan yang tepat dan mudah beserta penyebab mimisan yang umumnya terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi mimisan yang tepat perlu untuk kamu ketahui dan pahami. Pasalnya, sebagian orang menangani permasalahan ini dengan cara yang keliru.

Mimisan adalah sebuah masalah yang sering dialami oleh sebagian orang. Terkadang, keluarnya darah dari hidung membuat orang merasa panik, apalagi bagi yang pertama kali mengalaminya. Kepanikan ini dapat membuat orang menggunakan cara mengatasi mimisan yang salah, bahkan dapat menyebabkan pendarahan semakin parah.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan mimisan. Umumnya, penyebab mimisan bukanlah masalah yang serius, seperti udara yang kering, mengupil atau mengork hidung terlalu keras hingga terluka, cedera, alergi, dan demam. Selain itu, tekanan darah tinggi dan konsumsi obat-obatan pengencer darah juga dapat menyebabkan permasalahan ini.

Cara mengatasi mimisan yang tepat sebenarnya cukup mudah dan sederhana untuk kamu lakukan di rumah. Akan tetapi, apabila pendarahan dihidungmu tidak berhenti atau justru bertambah parah setelah sekian lama, kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter.

Berikut ini dirangkum dari beberapa sumber oleh Liputan6.com, (12/8/2022), beberapa cara mengatasi mimisan yang tepat dan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Mimisan yang Umum Terjadi

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi miimisan, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai penyebab mimisan. Pada umumnya, penyebab mimisan tidaklah terlalu berbahaya. Akan tetapi, mimisan juga terkadang disebabkan oleh berbagai penyakit atau masalah kondisi kesehatan lain yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab mimisan yang sering terjadi:

1. Udara Kering

Udara kering menjadi salah satu faktor penyebab mimisan yang cukup sering terjadi. Hal ini menyebabkan selaput hidung mengering dan rawan pecah yang akhirnya menyebabkan mimisan. Biasanya hal ini terjadi di musim dingin atau musim panas. Selain iklim perubahan suhu yang mendadak juga dapat menyebabkan mimisan secara mendadak. Contohnya, perubahan suhu lingkungan luar yang dingin ke dalam rumah yang hangat dan kering dapat menyebabkan seseorang mimisan.

2. Pilek dan Alergi

Pilek dan alergi dapat membuat hidung menjadi tersumbat karena terjadinya pembengkakan dan penyumbatan lendir di hidung. Ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman hingga melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, termasuk mengorek-ngorek hidung hingga menghembuskan nafas dengan keras. Upaya-upaya tersebut dapat merobek pembuluh darah kecil yang ada di hidung. Selain itu, saat membuang lendir ingus, tekanan yang terjadi pada hidung juga bisa memicu iritasi dan keluarnya darah tiba-tiba.

3. Cedera

Kebiasaan menggaruk atau mengorek hidung dapat menyebabkan mimisan. Saat kamu mengorek atau menggaruk hidungmu terlalu keras, kuku jari tanganmu dapat merobek pembuluh darah yang ada di dalam hidung sehingga menyebabkan terjadinya pendarahan. Hal ini sering terjadi, khususnya pada anak-anak.

4. Kehamilan

Kehamilan dapat menyebabkan terjadinya perubahan hormon yang dapat menyebabkan terjadinya mimisan. Saat hamil, jumlah hormon estrogen dan progesteron pada semua selaput lendir meningkat. Hal ini menyebabkan selaput tersebut melebar dan membengkak sehingga menekan pembuluh darah di dalamnya. Hal tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mukosa hidung menjadi rentan pecah sehingga terjadi pendarahan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mimisan

1. Jangan Menyumbat Hidung

Cara mengatasi mimisan yang sering digunakan oleh banyak orang adalah menyumbat hidung. Banyak orang yang percaya bahwa menyumbat hidung yang mimisan dengan tissue atau kapas dapat membantu untuk segera menghentikan pendarahan di hidung.

Akan tetapi, menyumbat hidung untuk menghentikan mimisan sebenarnya tidak dianjurkan. Menyumbat hidung yang mimisan justru dapat memperparah pendarahan dan mengiritasi pembuluh darah. Sebenarnya, kamu cukup menampung darah yang keluar dari hidungmu dengan menggunakan tissue ataupun kain bersih dengan cara memegannya di bawah hidung seperti sedang menadahi.

2. Hindari Mendongakkan Kepala

Mendongakkan kepala juga merupakan salah satu cara mengatasi mimisan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Mendongakkan kepala dilakukan supaya darah tidak menetes dan dipercaya dapat membantu mempercepat berhentinya pendarahan. Akan tetapi, cara mengatasi mimisan ini juga keliru. Mendongakkan kepala justru dapat memperparah masalah karena ini akan membuat darah yang keluar mengalir ke saluran pernapasan yang justru dapat menyumbat pernapasanmu.

3. Duduk Tegak

Saat hidungmu mengeluarkan darah, janganlah panik dan segera duduk dengan posisi tegak. Janganlah mendongakkan kepalamu untuk menghindari pernapasanmu tersumbat. Cara mengatasi mimisan dengan duduk tegak dapat membantumu untuk menghentikan pendarahan di hidung. Dengan duduk tegak dan megarahkan tubuh ke depan dapat membantu untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah hidung yang dapat membantu menghentikan pendarahan dengan cepat.

4. Menekan Hidung

Cara mengatasi mimisan yang tepat berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menekan hidungmu. Kamu dapat menekan hidung menggunakan ibu jari dan jari telunjukmu selama 5 hingga 10 menit. Menekan hidungmu dapat memberi tekanan pada sumber pendarahan yang dapat membantumu untuk menghentikan pendarahan. Saat kamu menekan hidungmu, kamu bisa bernapas menggunakan mulutmu untuk sementara.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mimisan

5. Kompres Es

Mengompres hidungmu dengan es dapat menjadi salah satu cara mengatasi mimisan yang tepat dan mudah untuk kamu lakukan di rumah. Ambillah es batu secukupnya, lalu bungkuslah es tersebut dengan kain yang lembut atau handuk terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan es tersebut untuk mengompres hidungmu sejenak. Suhu dingin es tersebut akan memperkecil pembuluh darah di hidungmu yang nantinya akan membuat mimisan berhenti lebih cepat.

6. Penguapan

Penguapan atau menghirup uap biasanya digunakan untuk melegakan pernapasan yang terseumbat. Akan tetapi, penguapan juga dapat kamu lakukan sebagai salah satu cara mengatasi mimisan yang tepat dan mudah.

Saat kamu mimisan, tidak semua darah keluar dari hidungmu. Ada sebagian darah yang masih tetap ada di dalam hidung. Menggunakan teknik penguapan dapat membantumu untuk mengeluarkan semua darah yang mengering di dalam hidungmu.

Cobalah rebus air hingga mendidih lalu angkat dan hiruplah uap yang keluar selama beberapa saat. Jangan lupa untuk menutup kepalamu dengan handuk atau kain berukuran lebar supaya uap yang keluar tidak menyebar.

7. Minum Banyak Air Putih

Cara mengatasi mimisan yang berikutnya ialah dengan banyak minum air putih. Mimisan dapat terjadi karena dehidrasi atau udara kering yang dapat membuat hidung menjadi kering dan mudah untuk terluka dan terkena infeksi. Dengan banyak minum air putih, kamu dapat menjaga supaya selaput lendir di hidungmu tetap lembab dan mencegah mimisan terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.