Sukses

8 Manfaat Creambath untuk Rambut, Membuat Rileks hingga Menyehatkan

Manfaat creambath yang baik untuk rambut, mulai dari menyehatkan rambut hingga menghilangkan stres.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat creambath didapatkan dari serangkaian langkah-langkah perawatan rambut mulai dari keramas hingga masker rambut. Creambath dilakukan banyak orang terutama wanita untuk bisa mendapatkan rambut yang indah, berkilau dan sehat.

Manfaat creambath yang paling banyak diketahui di antaranya adalah rambut dan kulit kepala yang lebih sehat, rambut hitam berkilau hingga terhindar dari ketombe. Namun, manfaat creambath tidak hanya sebatas itu, terdapat banyak manfaat lain yang bisa didapatkan.

Banyaknya manfaat creambath untuk rambut, membuat creambath menjadi salah satu perawatan rambut yang cukup populer di Indonesia. Bisa dilakukan di salon ataupun dilakukan secara mandiri di rumah, creambath biasanya dilakukan setidaknya satu kali sekali dalam seminggu.

Menjadi perawatan rambut favorit banyak masyarakat Indonesia, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022). Tentang manfaat creambath untuk rambut serta bagaimana cara melakukan creambath yang benar dan efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Creambath untuk Rambut

1. Mencegah Kerusakan Rambut

Manfaat creambath yang pertama adalah mencegah kerusakan pada rambut. Perawatan ini menembus ke dalam rambut dan kulit kepala Anda, memberikan kelembaban, yang meningkatkan kesehatan rambut anda.

Perawatan rambut juga mengurangi rambut rontok dan mengurangi ujung bercabang. Jika Anda berpikir bahwa rambut Anda tidak dalam kondisi terbaik, maka Anda dapat ke salon untuk mendapatkan perawatan rambut creambath karena meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah kerusakan.

Selain ke salon favorit, Anda juga tetap bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan Shampoo yang tepat. Seperti Pantene Paket Perawatan Rambut Rontok yang terdiri dari Shampoo Pantene Hair Fall, Pantene Conditioner Miracles Biotin Strength dan Pantene Supplement Hair Mask Miracles Biotin Strength. 

 

2. Memastikan Rambut Bebas Ketombe

Creambath menjadi solusi tepat untuk mendapatkan rambut bebas ketombe. Creambath membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan membantu mendapatkan kembali kilau yang hilang. Namun, jumlah sesi yang diperlukan untuk perawatan ini tergantung pada tingkat kekeringan pada rambut anda.

Untuk mengatasi ketombe, creambath harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan rambut rutin. Jadi, bahkan ketika rambut sudah bebas ketombe, penting bagi Anda untuk tidak berhenti melakukan creambath untuk menjaga kondisi rambut tetap tanpa ketombe.

 

3. Memperkuat Akar dan Folikel Rambut

Manfaat creambath yang selanjutnya adalah untuk memperkuat akar dan folikel pada rambut. Jika akar rambut lemah, kemungkinan besar akan terjadi kerontokan rambut, bersama dengan rambut kusam dan kurang gizi. Penting untuk melembabkan akar dan folikel rambut. Perawatan creambath  dapat menyehatkan akar dan folikel rambut, dan merevitalisasi kulit kepala.

 

4. Mengontrol Produksi Minyak di Kulit Kepala

Ketika kelenjar sebaceous di kulit kepala mengeluarkan terlalu banyak minyak alami, itu menyebabkan pori-pori tersumbat oleh sel-sel mati, debu, dan kotoran. Di ujung spektrum yang berlawanan adalah kulit kepala kering yang datang dengan serangkaian masalah sendiri seperti ketombe, gatal, rambut kusam, dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya Anda memerlukan creambath secara rutin untuk mengatasinya. Perawatan terbaik dan terapi dengan bahan-bahan creambath rambut akan bekerja dengan sangat baik saat merawat rambut berminyak dan dengan demikian mengurangi kerontokan rambut secara signifikan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Creambath Untuk Rambut

5. Merangsang Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

Manfaat creambath yang berikutnya adalah untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Saat melakukan creambath di salon biasanya juga akan termasuk langkah memijat lembut area kepala/ Pijat kepala, yang merupakan bagian dari creambath ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Darah membawa nutrisi ke kulit kepala anda untuk membantu menjaganya tetap sehat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga memungkinkan folikel rambut menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi melalui darah, sehingga merevitalisasi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

6. Menghilangkan Kotoran Di Dalam Pori-pori Rambut

Proses creambath yang ekstensif terbukti dapat menghilangkan semua kotoran, polutan, dan kontaminan dari pori-pori rambut. Setelah kulit kepala anda terbebas dari kotoran tersebut, pertumbuhan rambut anda akan mendapat rangsangan yang baik dan tumbuh dengan baik pula.

 

7. Melembabkan Rambut

Manfaat creambath selanjutnya adalah melembabkan rambut. Sama seperti kulit anda, rambut juga membutuhkan kelembaban agar tetap sehat. Kurangnya kelembaban menyebabkan ketombe serta kerusakan. Rambut anda membutuhkan perawatan pelembab agar tetap bebas dari kerusakan. Perawatan pelembab dapat membuat rambut anda minyak alami dan protein esensial, yang diperlukan untuk kesehatan rambut.

 

8. Mengurangi Stres

Manfaat creambath lainnya yang bisa didapat adalah dapat mengurangi stress. Mengingat bahwa perawatan creambath merupakan perawatan yang multi-langkah. Creambath dapat membuat anda merasa santai dan sekaligus damai. Pijat kepala dan cuci rambut membuat anda merasa segar kembali setelah beraktivitas selama seminggu penuh. Manfaat lain dari penghilang stres ini adalah anda mulai merasa lebih fokus dan mampu tampil lebih baik serta meningkatkan produktivitas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Creambath dan Cara Melakukannya

Prosedur Creambath Mandiri di Rumah

Creambath rambut sudah banyak dilakukan oleh banyak orang sejak jaman dahulu. Terus berkembang pesat, saat ini creambath tidak hanya harus dilakukan di salon namun juga bisa dilakukan sendiri secara mandiri di rumah.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui tahapan serta cara melakukan creambath sendiri di rumah. Untuk dapat melakukan creambath mandiri di rumah, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

- Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner: 10 menit

- Oleskan krim mandi rambut: 5 menit

- Pijat kulit kepala: 15 menit

- Uap rambut: 15 menit

- Bilas rambut: 5 menit

- Sisir dan keringkan rambut: 5 menit

 

Anda juga dapat membuat bahan-bahan creambath seperti sampo dan kondisioner dengan menggunakan bahan-bahan alami yang resepnya sudah diturunkan secara turun temurun oleh para leluhur. Berikut cara membuatnya.

- Shampoo: Campurkan daun kembang sepatu dengan air dan peras hingga menjadi gel. Buang ampasnya dan gunakan gelnya sebagai sampo.

- Kondisioner: Parut kelapa dan buat santan untuk melembabkan rambut.

Berbagai buah-buahan seperti alpukat, wortel, aloe vera, santan, jeruk nipis dan mint dapat dioleskan ke kulit kepala untuk nutrisi untuk menjaga rambut anda berkilau dan sehat.

Demikian informasi mengenai manfaat creambath yang bisa didapatkan untuk kesehatan rambut serta cara melakukannya secara mandiri di rumah dengan menggunakan berbagai macam bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.