Sukses

12 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dengan Bahan Alami Ala Rumahan

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan panu di wajah bisa dengan menggunakan obat yang dibeli di apotik atau dengan menggunakan bahan alami. Tentu penggunaan bahan alami lebih dianjurkan karena tidak memiliki efek samping pada berbagai jenis kulit dan juga lebih ramah di kantong.

Panu biasanya disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang menempel di permukaan kulit. Walaupun tidak berbahaya dan menular, namun memiliki panu di wajah dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Sehingga penting untuk mengetahui cara menghilangkan panu di wajah untuk mengembalikan rasa percaya diri seseorang.

Terdapat beberapa cara menghilangkan panu di wajah dengan menggunakan berbagai macam bahan alami yang mudah ditemui, mulai dari bawang putih soda kue hingga minyak astiri. Pengobatan panu secara alami ini juga terbilang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Untuk referensi dalam mengatasi panu di wajah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022). Tentang cara menghilangkan panu di wajah dengan menggunakan berbagai bahan alami yang bisa dicoba di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

1. Madu

Cara menghilangkan panu di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan Madu, madu merupakan salah satu pengobatan rumah yang paling mudah untuk infeksi jamur karena mengandung hidrogen peroksida dan sangat efektif untuk membunuh jamur serta bakteri yang menyebabkan infeksi kulit.

Yang diperlukan adalah Madu alami secukupnya, kemudian ambil sedikit madu dan oleskan ke daerah yang terkena. Biarkan selama setidaknya 30 menit dan kemudian bilas. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.

 

2. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat. Konstituen utama kunyit adalah kurkumin, yang memiliki sifat antijamur serta anti-inflamasi yang bekerja dengan baik melawan panu.

Campur bubuk kunyit dengan sedikit air dan oleskan di atas area yang terinfeksi. Yang diperlukan adalah 2 sendok teh bubuk kunyit dan air. Ambil dua sendok teh bubuk kunyit dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ke seluruh kulit yang berubah warna. Biarkan selama sekitar 20 hingga 30 menit. Cuci dengan air. Lakukan ini tiga kali sehari.

 

3. Lidah Buaya

Salah satu solusi alami yang paling teruji waktu untuk menyembuhkan infeksi kulit adalah lidah buaya. Lidah buaya tidak hanya mengobati infeksi tetapi juga menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit. Lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antijamur yang kuat dan dapat membantu menyingkirkan panu

Yang diperlukan adalah 1 sendok makan gel lidah buaya. Ambil satu sendok makan gel lidah buaya dan oleskan dengan lembut ke seluruh area yang terkena. Biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas. Anda harus melakukan ini beberapa kali setiap hari sampai panu menghilang.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah sumber yang kaya akan senyawa yang disebut allicin. Senyawa organosulfur ini dikenal dengan aktivitas anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat yang dapat digunakan untuk mengobati panu dan gejalanya.

Yang anda perlukan hanyalah bawang putih cincang. Cincang beberapa bawang putih dan ekstrak jusnya. Oleskan ekstrak bawang putih ke area yang terkena dan biarkan selama 20 hingga 30 menit. Lalu cuci dengan air. Lakukan ini dua kali sehari.

 

5. Vitamin

Vitamin A, D, dan E dapat membantu mengobati panu. Mereka mengatur produksi melanin anda dan mendorong pemulihan lebih cepat. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang hebat dan menunjukkan sifat penyembuhan.

Vitamin ini tersedia dalam bayam, lobak, kangkung, telur, susu, ikan, dan brokoli. anda juga dapat mengonsumsi suplemen tambahan jika anda kekurangan vitamin ini, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

 

6. Soda Kue

Menggunakan soda kue menjadi cara menghilangkan panu di wajah yang berikutnya. Mengoleskan bubuk soda kue dapat membantu menyerap kelembapan dan keringat serta mencegah infeksi menyebar. Jamur tidak dapat bertahan hidup dalam lingkungan basa. PH kulit anda biasanya asam. Soda kue membuatnya basa dan meredakan gatal

Untuk pengobatannya anda cukup menyiapkan 1-2 sendok teh soda kue dan air. Ambil dua sendok teh soda kue dan tambahkan beberapa tetes air ke dalamnya. Oleskan pasta ke area yang terkena dan biarkan selama 20 hingga 30 menit. Cuci campuran dengan air. Anda harus melakukan ini setiap hari sekali.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bekerja sebagai agen antijamur yang ampuh. Aktivitas anti-inflamasi, analgesik, dan antijamur dari minyak kelapa dapat membantu pengobatan panu. Kehadiran monolaurin membuat minyak kelapa menjadi obat yang bagus untuk mengatasi panu di wajah.

Menerapkannya di atas kulit kepala juga membuatnya menjadi obat topikal yang baik dan aman. Karena mudah di kulit, itu juga berguna untuk mengobati kurap kulit kepala. Gunakan di atas kulit tiga kali sehari selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

 

8. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan panu di wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Asam asetat dalam cuka sari apel menunjukkan sifat anti-inflamasi yang luar biasa, yang bersama dengan sifat antijamur dapat membantu meredakan peradangan dan infeksi yang terkait dengan panu di wajah.

Yang anda perlukan adalah 1 sendok makan cuka sari apel, 1 cangkir air dan kapas. Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam air. Celupkan kapas ke dalam larutan dan oleskan ke area yang terkena. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil yang efektif.

 

9. Yoghurt

Yoghurt dan probiotik lainnya memiliki banyak bakteri baik yang membantu mencegah banyak infeksi jamur. Yoghurt juga melawan mikroba yang menyebabkan infeksi panu. Yogurt kaya akan probiotik, juga menunjukkan aktivitas antijamur. Mereka dapat digunakan untuk mengobati jamur malassezia yang menyebabkan panu.

Yang diperlukan adalah Yoghurt secukupnya. Ambil beberapa yogurt tawar dan oleskan langsung ke kulit yang terkena. Biarkan selama 30 menit, setelah itu anda bisa membilasnya dengan air. Anda harus melakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

10. Ekstrak Biji Grapefruit

Penelitian telah menunjukan bahwa ekstrak biji jeruk bali memiliki kekuatan penyembuhan untuk mengobati infeksi jamur. Ekstrak biji jeruk bali adalah obat anti-inflamasi dan antijamur yang kuat yang dapat digunakan untuk memerangi jamur yang menyebabkan panu

Yang diperlukan adalah beberapa sendok teh ekstrak biji jeruk bali dan kapas. Celupkan kapas ke dalam beberapa sendok teh ekstrak biji jeruk bali. Oleskan ke kulit yang terkena. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa. Anda harus melakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

 

11. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh secara alami antijamur dan antibakteri. Panu dapat menyebabkan kulit gatal dan berubah warna. Sifat anti-inflamasi minyak pohon teh dapat membantu menghilangkan rasa gatal, sementara aktivitas antijamurnya menghilangkan jamur yang menyebabkan kondisi.

Yang diperlukan adalah 7 tetes minyak pohon teh dan 1 sendok teh minyak kelapa. Campurkan tujuh tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut ke area yang terkena. Biarkan selama 30 hingga 60 menit sebelum dicuci. Anda harus melakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

 

12. Minyak Nilam

Cara menghilangkan panu di wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak nilam. Minyak nilam membantu menenangkan kulit yang meradang dan gatal. Ini juga merupakan obat yang bagus untuk melawan infeksi jamur, berkat sifat anti jamurnya, minyak nilam juga membantu mengobati panu

Yang diperlukan adalah 8 tetes minyak nilam dan 1 sendok teh minyak kelapa. Campurkan delapan tetes minyak nilam dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak pembawa lainnya. Pijat campuran ini dengan lembut ke kulit yang terkena. Biarkan selama 20 hingga 40 menit dan bilas. Anda harus melakukan ini tiga kali sehari untuk hasil maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.