Sukses

9 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan dan Kecantikan, Baik untuk Kesehatan Otak

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan yang dapat kamu temui di Indonesia. Salah satu tanaman herbal tersebut ialah temu ireng. Ada berbagai manfaat temu ireng bagi kesehatan yang telah lama diketahui.

Temu ireng adalah salah satu jenis tumbuhan yang rimpangnya digunakan sebagai salah satu bahan ramuan obat-obatan tradisional. Manfaat temu ireng ini telah digunakan sebagai tanaman obat dalam pengobatan tradisional di berbagai negara di Asia seperti di India, Cina, Bangladesh, Thailand, Myanmar dan Indonesia.

Meskpun demikian, tanaman yang memiki nama latin Curcuma aeruginosa ini tidak digunakan secara luas. Hal ini disebabkan karena rasanya yang pahit. Salah satu ciri dari tanaman ini ialah mempunyai rimpang dengan ujung merah muda dengan inti tengah yang berwarna biru keabu-abuan atau biru. Hal ini menyebabkan temu ireng mendapatkan julukan "pink and blue ginger".

Ada berbagai manfaat temu ireng bagi kesehatan yang telah diketahui sejak lama. Berbagai kandungan yang ditemukan di dalam tumbuhan ini seperti minyak atsiri, lemak, selulosa, dan kurkuminod disebut-sebut dapat membantu mengatasi berbagai masalah keehatan, mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat temi ireng bagi kesehatan yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Baik untuk Pencernaan, Imunitas, dan Detoksifikasi Alami

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat temu ireng yang pertama bagi kesehatan ialah dapat membantu mengobati berbagai masalah pencernaan dan menjaga kesehatan sistem tersebut. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kandungan kurkumin yang terdapat di dalam temu ireng.

Kandungan kurkumin dalam temu ireng memang telah lama diketahui dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai masalah pada sistem pencernaan manusia. Tidak hanya itu, mengkonsumsi temu ireng juga baik untuk anak-anak karena ia dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Kamu dapat mengkonsumsi ekstrak temu ireng secara rutin dan teratur untuk menjaga supaya pencernaanmu tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi temu ireng secara teratur dapat membantumu untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Manfaat temu ireng ini disebabkan oleh tingginya kandungan anti-oksidan yang terdapat di dalam tanaman herbal tersebut.

Kandungan anti-oksidan yang ada di dalam temu ireng sangat baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh. Selain itu, zat tersebut juga dapat membantu tubuhmu untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri banyak dikaitkan sebagai penyebab dari berbagai masalah kesehatan dan penyakit yang serius, termasuk kanker.

3. Detoksifikasi Alami

Manfaat temu ireng selanjutnya ialah sebagai salah satu bahan untuk detoksifikasi secara alami. Di dalam tubuhmu terdapat berbagai macam racun atau zat-zat yang buruk bagi kesehatan. Racun-racun tersebut dapat masuk melalui makanan ataupun minuman yang kamu konsumsi setiap harinya ataupun melalui polusi udara.

Kamu dapat menggunakan temu ireng untuk membantu membersihkan tubuhmu dari racun-racun tersebut. Tanaman herbal ini memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuhmu. Dengan demikian, kamu dapat terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh zat-zat berbahaya tersebut.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Flu, Ambeien, dan Asma

4. Mengatasi Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang sering terjadi dan menyerang banyak orang setiap tahunnya. Ada berbagai tanaman herbal yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi penyakit ini, di antaranya ialah temu ireng.

Sama seperti tanaman herbal sejenisnya, seperti jahe dan kencur, temu ireng efektif untuk mengobati penyakit flu. Manfaat temu ireng dapat membantumu untuk menghangatkan tubuh hingga meringankan batuk dan rasa pegal yang menyerang ketika sedang flu.

5. Mengatasi Ambeien

Ambeien adalah salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang banyak orang. Ambeien dapat menyebabkan seseorang merasa perutnya tidak nyaman ataupun sakit perut yang menyebabkan terganggunya konsentrasi dan menurunnya produktivitas.

Salah satu manfaat temu ireng ialah dapat kamu gunakan untuk mengatasi ambeien. Caranya adalah dengan mengupas dan memarut 15 gram temu ireng terlebih dahulu lalu menyeduhnya dengan secangkir air panas. Setelah itu, saringlah minuman tersebut lalu tambahkan 1 butir kuning telur ayam dan 2 sendok madu dan aduklah hingga rata. Tunggulah sejenak hingga dingin lalu minumlah saat bangun tidur.

6. Meredakan Asma

Salah satu manfaat temu ireng yang lainnya ialah dapat membantumu untuk meredakan asma dan sesak nafas. Di dalam temu ireng terdapat kandungan anthelmintik dan depuratif yang dapat membantumu untuk meredakan asma dengan cepat dan efektif.

Di samping itu, di dalam temu ireng juga ditemukan kandungan kurkuminoid. Kandungan dalam tanaman herbal tersebut dapat membantumu untuk meredakan sesak nafas dan juga menetralkan racun yang terdapat di dalam tubuhmu.

4 dari 4 halaman

Baik untuk Rematik, Otak, dan Kecantikan Kulit

7. Meredakan Rematik

Manfaat temu ireng yang berikutnya ialah membantu untuk meredakan penyakit rematik. Rematik adalah penyakit peradangan sendi yang dapat menyebabkan seseorang merasa nyeri dan sakit di tulang dan persendiannya. Temu ireng sendiri telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan penyakit ini, khususnya di Bangladesh.

Cara untuk meredakan rematik menggunakan temu ireng juga cukup mudah. Pertama, siapkan sekitar 10 gram hingga 30 gram temu ireng lalu rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut selagi masih hangat. Minumlah jamu tersebut secara rutin dan teratur supaya efektif untuk meredakan rematik,

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengkonsumsi temu ireng secara teratur dapat membantumu untuk meningkatkan fungsi otak. Manfaat temu ireng ini disebabkan karena tingginya kandungan kurkumin yang terdapat di dalam tanaman herbal tersebut.

Kurkumin yang terkandung di dalam temu ireng dapat membantumu untuk meningkatkan kadar Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) di otakmu. Dengan demikian, maka kamu dapat menunda dan mencegah terjadinya penurunan fungsi otak ketika memasuki usia lanjut. Kandungan kurkumin dalam temu ireng juga baik untuk membantumu meningkatkan memori otak.

9. Mempercantik Kulit

Manfaat temu ireng tidak hanya baik untuk kesehatan tubuhmu saja. Temu ireng juga dapat kamu gunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mempercantik kulitmu. Tanaman herbal ini memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantumu untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan menjaga kesehatan serta kecantkan kulitmu. Selain itu, kandungan anti-oksidan tersebut juga dapat membantumu untuk mengencangkan, memutihkan, dan juga menjaga kulit wajah agar tampak awet muda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS