Sukses

16 Cara Mengecilkan Perut dan Paha, Efektif dan Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Perut serta paha merupakan anggota tubuh yang seringkali membuat resah banyak orang. Permasalahannya karena kondisi seperti ini membuat badan seseorang menjadi terlihat gemuk serta tak ideal. Oleh sebab itu, banyak orang melakukan berbagai cara mengecilkan perut dan paha, menggunakan minuman herbal, mengonsumsi obat - obat pelangsing hingga rutin melakukan olahraga. 

Namun, perlu diingat bahwa cara mengecilkan perut dan paha dengan efektif haruslah butuh usaha dan telaten serta komitmen yang harus dipegang. Selain itu, haruslah dilakukan dengan metode yang benar, sehingga tidak memiliki dampak buruk pada kesehatan tubuh kamu. 

Cara mengecilkan perut dan paha bisa kamu lakukan secara alami, tanpa mengonsumsi obat-obat yang tentu memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Dengan rutin berolahraga juga menjaga pola makan dengan teratur, maka manfaat baik dapat kamu peroleh.  Cara mengecilkan perut dan paha akan memerlukan latihan fisik agar dapat memberikan efek yang nyata guna membuat perut dan paha akan segera menjadi ramping.

Berikut ini cara mengecilkan perut dan paha yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dan Paha

1. Yoga

Cara mengecilkan paha dengan cepat adalah melakukan yoga. Selain untuk meditasi, beberapa gerakan yoga memang dapat membantu mengecilkan paha dan betis, yaitu gerakan warrior pose dan anantasana. Warrior pose sangatlah mudah untuk dilakukan, yaitu hanya dengan membuka lebar-lebar kedua kakimu, dimana salah satu kaki harus ditekuk, kemudian yang satunya diluruskan ke belakang. Sementara itu, posisikan tangan merentang sejajar dengan kedua kakimu. Cara mengecilkan paha dengan cepat ini mulai tahan selama satu menit, kemudian ganti kaki yang ditengkuk. Lakukan berulang-ulang sampai delapan kali hitungan.

2. Bersepeda

Salah satu olahraga yang sedang digandrungi masyarakat, yaitu bersepeda, kegiatan bersepeda juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan paha dengan cepat. Bahkan, bersepeda tidak hanya membakar lemak di paha dan betis saja, namun juga di seluruh badan. Selain itu juga, cara mengecilkan paha ini dapat membuat pikiran lebih tenang dengan melihat pemandangan dan udara segar. Kamu bisa melakukan cara mengecilkan paha dengan cepat ini di pagi hari maupun sore hari agar lebih menyenangkan.

3. Jogging dan Jalan Cepat

Cara mengecilkan perut dan paha, bisa dilakukan dengan jogging dan jalan cepat, dan hal ini tentu baik untuk dilakukan. Selain baik untuk jaga kesehatan jantung, olahraga ini juga dipercaya akan merampingkan serta mengencangkan paha karena adanya gerakan yang terfokus pada tubuh bagian bawah. Lakukan jogging atau jalan cepat selama kurang lebih setengah jam ataupun lebih. Untuk hasil yang baik, jogging atau jalan cepat akan bisa dilakukan 3-4 kali dalam seminggu.

4. Naik Turun Tangga

Cara mengecilkan perut dan paha juga dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan naik turun tangga, merupakan solusi dari semuanya. Manfaatkan tangga yang ada di rumah atau yang berada di sekitar rumah. Sebelum melakukan aktivitas ini sebaiknya untuk melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, guna memastikan kalian tidak memiliki riwayat cedera. Karena dengan berolahraga seperti  melakukan aktivitas naik turun tangga juga merupakan olahraga yang cukup riskan ketika dilakukan. 

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dan Paha

5. Jeruk Nipis dan Teh Hijau

Campuran teh hijau dan jeruk nipis merupakan minuman sehat yang mengandung vitamin C serta antioksidan. Hanya dengan meminum teh hijau yang dicampur dengan jeruk nipis, dapat mengurangi lemak di paha secara perlahan. Minumlah racikan ini sebanyak dua kali sehari secara teratur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

6. Air Putih

Bagi Anda yang ingin mengecilkan paha, konsumsilah air putih hingga dua liter per hari. Asupan air putih yang cukup akan membuat tubuh mudah mengeluarkan garam. Selain untuk mengecilkan perut dan paha, dengan mengonsumsi air putih, maka manfaat baik untuk kesehatan dapat kamu nikmati. Konsumsi air putih disebut mampu mengeluarkan cairan yang tidak diperlukan sehingga mengurangi badan yang gemuk, termasuk pada bagian perut dan paha

 

7. Konsumsi Jeruk

Mengonsumsi satu buah jeruk nipis atau lemon setiap hari dipercaya sebagai cara mengecilkan paha dengan cepat yang sangat efektif. Buah jeruk dapat meluruhkan lemak membandel dalam tubuh, termasuk bagian paha dan perut. Jeruk nipis atau lemon juga terkenal mampu mendetoks racun pada sistem pencernaan sehingga sisa makanan tidak turun dan tertimbun pada bagian paha. Cara mengecilkan paha dengan cepat ini cukup mudah untuk dilakukan, hanya perlu memeras satu buah jeruk nipis atau lemon, lalu campurkan pada segelas air hangat tanpa gula.

8. Calf Raises

Cara mengecilkan paha bisa dengan menerapkan gerakan calf raises. Untuk melakukan gerakan ini yang pertama yang harus dilakukan adalah berdiri tegak dan kaki dalam keadaan rapat. Selanjutnya cara mengecilkan paha dengan cepat mulai angkat badan ke atas dengan tumit, sedikit terangkat seperti balet gunakan ujung kaki sebagai pusat berat badan. Tahan gerakan ini hingga beberapa detik, kemudian turunkan kembali. Lakukan gerakan ini beberapa kali secara rutin setiap hari.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dan Paha

9. Olahraga Lunges

Cara mengecilkan perut juga paha bisa dilakukan dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki menghadap ke depan. Kemudian langkahkan kaki kiri dan kanan secara bergantian ke depan (jarak yang tidak panjang) sambil menurunkan badan sampai lutut membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi selama beberapa detik dan lakukan antara kaki kanan dan kiri secara bergantian.

10. Traditional Squat

Beberapa cara mengecilkan perut dan paha juga bisa dilakukan dengan melakukan traditional squat:

Langkah pertama yang dilakukan, adalah berdiri tegak, lalu osisi kaki terbuka selebar bahu. Rentangkan kedua tangan ke depan, kemudian kencangkan perut dan tarik napas dalam dalam. Selanjutnya, tekuk lutut dan dan dorong bokong ke belakang, gerakan ini seperti gerakan mau duduk. Lakukan gerakan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

11. Plie Squat

Selain itu, cara mengecilkan perut dan paha juga bisa dilakukan dengan plie squat. Tahapan dalam melakukan plie squat adalah sebagai berikut. Posisi berdiri lalu buka kaki selebar bahu (pastikan jari-jari kaki menghadap keluar). Selanjutnya angkat kedua tangan dan luruskan ke depan. Jongkok dengan perlahan sampai posisi lutut membentuk sudut 90 derajat, dan tahan selama beberapa detik kemudian berdiri kembali. 

12. Lompat Tali

Cara mengecilkan perut dan paha dengan melakukan aktivitas fisik berikutnya juga bisa dengan melakukan lompat tali. Cara ini merupakan cara yang sangat sederhana untuk dilakukan, serta secara efektif dapat mengurangi berat badan termasuk mengecilkan paha. Gerakan lompat secara berkelanjutan ini, juga dapat membakar lemak yang ada di bagian paha. Lakukan lompat tali ini selama 20 menit dalam sehari. Dengan melakukan olahraga rutin ini secara alami, maka manfaat baiknya dapat kamu nikmati. 

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut dan Paha

 

13. Lari Cepat

Cara mengecilkan paha dengan cepat adalah dengan berlari cepat atau sprint. Anda juga bisa melakukan olahraga ini dengan menggunakan treadmill atau berlari di taman untuk membakar kalori, serta meningkatkan metabolisme Anda. Berlari dengan kecepatan tinggi selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, dan ulangi sesuai kemampuan fisik Anda. Semakin cepat berlari, maka semakin cepat juga dalam menggerakkan otot paha, bokong, serta pinggul.

14. Squat

Cara mengecilkan paha dengan cepat adalah dengan melakukan squat. Squat merupakan salah satu latihan terbaik yang bisa membantu menghilangkan lemak berlebih di paha. Latihan seperti  ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja termasuk di dalam rumah.

Cara mengecilkan paha ini akan di mulai dengan berdiri tegak dan kedua kaki dibuka dengan lebar, lalu posisikan kedua tangan pinggang serta lutut ditekuk. Tahan hingga beberapa detik. Lakukan latihan ini secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

15. Berenang

Cara mengecilkan paha dengan cepat bisa dilakukan dengan mudah, asal kamu bisa berenang. Olahraga renang dapat melatih seluruh otot tubuh, mulai dari kaki, betis, paha, hingga perut, dan lengan. Tidak hanya mengecilkan paha, tubuh pun akan semakin kencang. Olahraga renang dapat dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Semakin rutin melakukan olahraga renang, maka akan semakin cepat mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Mengatur Pola Makan

Selain melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga dan gerakan yang dilakukan, tidak akan efektif bila tidak disertai dengan mengatur pola makan. Penyebab perut buncit selain gen adalah pola makan serta usia. Kurangnya melakukan aktivitas tubuh, kalori yang ada di dalam tubuh juga akan dapat tertimbun serta akan dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS