Sukses

Cara Menghitung Weton Menurut Neptu, Cobalah Lihat Karaktermu

Inilah cara menghitung weton menurut neptu beserta fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung weton adalah salah satu budaya dan tradisi jawa yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Perhitungan weton digunakan untuk meramal berbagai hal, seperti meramal kecocokan jodoh atau pasangan.

Cara menghitung weton juga banyak digunakan untuk menentukan tanggal penyelenggaraan suatu acara. Penghitungan ini digunakan untuk menentukan hari baik untuk menyelenggarakan acara-acara guna menghindari beberapa tanggal yang dianggap membawa peruntungan yang buruk.

Cara menghitung weton sendiri tidak hanya digunakan untuk menghitung kecocokan pasangan dan mencari hari baik saja. Penghitungan weton juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk meramal karakter ataupun sifat seseorang.

Cara menghitung weton tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Untuk menghitung weton dibutuhkan ilmu yang mencukupi dan benar-benar memahami sistem penanggalan jawa terlebih dahulu. Biasanya, penghitungan weton diserahkan kepada orang yang dituakan yang dianggap memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup untuk melakukannya.

Berikut ini adalah cara menghitung weton yang dilansir oleh Liputan6.com dari situs KapanLagi, Jumat (12/8/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Weton

Sebelum membahas mengenai cara menghitung weton, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu fungsi weton. Sudah sedikut disinggung sebelumnya, penghitungan weton digunakan untuk meramal berbagai macam hal. Berikut ini adalah beberapa fungsi cara menghitung weton dalam budaya Jawa:

1. Menghitung Kecocokan Pasangan

Cara menghitung weton biasanya digunakan untuk mengetahui kecocokan pasangan, khususnya bagi calon pengantin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakan pasangan calon pengantin tersebut baik (cocok) atau tidak. Caranya adalah dengan menghitung neptu masing-masing pasangan tersebut dan kemudian jumlahkan. Hasil penghitungan ini dapat menentukan kecocokan pasangan tersebut dan juga dapat meramalkan masalah-masalah yang mungkin akan dihadapi oleh mereka.

2. Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang

Selain untuk menentukan jodoh, dalam budaya Jawa, cara menghitung weton juga dapat digunakan untuk membaca atau melihat perilaku dan watak dari orang tersebut. Menentukan watak seseorang melalui perhitungan weton memang dapat dilakukan oleh orang-orang yang mempelajari dan memahami perputaran kalender tradisional.

3. Meraih Kesuksesan

Salah satu tradisi pada masyarakat Jawa ialah selamatan. Selamatan ini dilakukan untuk berbagai tujuan atau acara, seperti kelahiran, kematian, ulang tahun, dan lain-lain. Selamatan juga sering dilakukan pada hari weton seseorang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk doa supaya mereka terus meraih kesuksesan di masa depan. Selamatan juga dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur. Selain itu, masyarakat Jawa juga percaya bahwa weton kelahiran menentukan kesuksesan seseorang di masa depan.

4. Menjauhkan Kesialan

Weton juga digunakan sebagai salah satu cara untuk menjauhkan kesialan dalam budaya Jawa. Biasanya, orang-orang akan melakukan puasa pada weton kelahirannya. Hal ini dilakukan untuk memperingati weton dan sebagai bentuk doa agar selalu memperoleh keselamatan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghitung Weton

Setelah mengetahui fungsi weton, saatnya kita membahas tentang cara menghitung weton. Penghitungan weton ini dapat kamu gunakan untuk mengetahui karaktermu, peruntunganmu, dan juga kecocokanmu dengan pasangan.

Cara menghitung weton yang pertama ialah dengan mengetahui hari lahirmu dan juga hari pasaran Jawanya. Hari pasaran Jawa terdiri dari lima hari yakni Legi, Pahing, Pon Wage, dan juga Kliwon. Contohnya adalah Kamis Wage, Minggu Pahing,, dan sebagainya. Kamu bisa mengetahui hari lahir dan hari pasarannya dengan mengeceknya di kalender. Selain itu, saat ini juga sudah tersedia berbagai situs yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui wetonmu.

Cara menghitung weton yang kedua ialah dengan mengetahui nilai setiap hari dan pasaran. Setiap hari memiliki nilainya masing-masing, begitu juga dengan hari pasaran. Berikut ini adalah nilai dari setiap hari dan pasaran yang dapat kamu gunakan dalam cara menghitung weton:

Hari            Nilai

Minggu          5

Senin            4

Selasa           3

Rabu             7

Kamis            8

Jumat            6

Sabtu            9

 

Pasaran      Nilai

Legi              5

Pahing          9

Pon               7

Wage            4

Kliwon           8

Setelah mengetahui nilai-nilai tersebut, kamu dapat mulai menghitung neptu wetonmu dengan cara menjumlahkannya. Misalnya, kalau wetonmu Minggu Pahing, berarti cara menghitung weton tersebut adalah 5 + 9 = 14.

4 dari 4 halaman

Karakter Weton

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cara menghitung weton dapat digunakan untuk mengetahui karakter, sifat, dan watak seseorang. Dalam budaya Jawa, hari lahir seseorang dapat mempengaruhi karakter dan sifatnya. Caranya adalah dengan menghitung neptu wetonmu dan mencocokkannya dengan daftar berikut ini:

1. Pendito Kang Lelaku

Orang yang neptu wetonnya 7 memiliki karakter suka bepergian jauh dengan tujuan tertentu, entah itu untuk urusan liburan ataupun karena pekerjaan. Mereka juga dipercaya memiliki sifa tyang pemalas dan sulit untuk berkomunikasi dengan baik.

2. Lakune Geni

Orang yang neptu wetonnya 8, konon memiliki karakter yang suka memendam perasaan, seperti bara api kecil yang kelak akan semakin membesar dan dapat membakar manusia.

3. Lakune Angin

Orang yang memiliki neptu 9 dipercaya sebagai orang yang mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain, bahkan terkadang tidak memiliki pendirian dalam hidupnya.

4. Pendito Mbangun Tek

Orang yang memiliki jumlah neptu weton 10 dipercaya mempunyai karakter yang suka menasihati, tapi tidak suka menerima atau mendengarkan nasihat maupun saran dari orang lain.

5. Lakune Setan

Orang yang memiliki neptu weton 11, dipercaya tidak dapat dijadikan pemimpin. Hal ini terjadi karena orang tersebut mempunyai watak yang plin-plan dan juga tidak memiliki jiwa pemimpin.

6. Lakune Kembang

Orang yang memiliki neptu weton 12 dipercaya mempunyai karakter yang suka mengalah kepada orang lain dan selalu menebarkan kedamaian.

7. Lakune Lintang

Orang yang memiliki neptu weton 13 dipercaya mempunyai pesona yang luar biasa. Meskipun demikian, orang ini tidak cocok untuk menjadi seorang pemimpin.

8. Lakune Mbulan

Seseorang dengan neptu weton 14 dipercaya mempunyai karakter yang dapat menjadi penerang bagi banyak orang. Sosoknya sering jadi menjadi tempat bagi orang lain untuk mencari solusi dari berbagai masalah yang mereka alami atau hadapi.

9. Lakune Geni

Orang dengan jumlah neptu weton 15 dipercaua memiliki karakter yang identik dengan pendendam dan amarah.

10. Lakune Bumi

Orang yang memiliki neptu weton 16 konon mempunyai karakter yang mudah diatur dan juga mengayomi, membuat orang dengan neptu ini sangat cocok untuk menjadi seorang pemimpin.

11. Lakune Gunung

Orang yang memiliki neptu weton 17 mempunyai watak yang dapat mengatur suasana hati, pendiam, dan mudah diatur jika ada ada orang yang bisa meraih hatinya.

12. Lakune Paripurna

Orang yang memiliki neptu weton 18 dipercaya mempunyai karakter yang mendominasi kekuasaan, di mana semua permintaannya harus dipenuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.