Sukses

23 Wisata Kuliner Solo Enak dan Murah, Termasuk Tempat Makan Favorit Jokowi

Rekomendasi tempat wisata kuliner Solo, termasuk tempat makan favorit Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Mau berwisata kemana pun, menikmati makanan khas tentu adalah hal yang wajib dilakukan, termasuk di Solo. Apalagi tempat wisata kuliner Solo memiliki berbagai macam makanan khas yang dijamin akan menggugah selera.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda coba saat wisata kuliner Solo. Mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat, seperti timlo dan ayam goreng. Bahkan banyak tempat wisata kuliner Solo yang menjadi favorit dari Presiden Joko Widodo.

Maka tidak perlu diragukan lagi jika tempat wisata kuliner Solo memang memiliki cita rasa yang khas dan tentu saja enak. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Hal itu dikarenakan sebagian besar wisata kuliner Solo termasuk terjangkau, sehingga Anda bisa makan kenyang dengan nyaman.

Mulai dari jajanan sampai dengan makanan berat, berikut adalah rekomendasi tempat wisata kuliner Solo, seperti yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (14/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Solo di Pasar Gede

1. Jenang Delima

Banyak orang akan mengira jenang delima sama dengan jenang mutiara atau sagu, karena bentuknya sangat mirip. Padahal, keduanya memiliki rasa, tekstur, dan aroma yang berbeda. Jenang delima merupakan salah satu rekomendasi wisata kuliner Solo.

Selain itu, bahan dasar keduanya juga berbeda. Jenang delima terbuat dari biji delima, santan, gula, dan sirup frambozen, sedangkan jenang sagu terbuat dari sagu mutiara, santan, dan gula saja.

Jenang delima memiliki cita rasa manis, legit, serta gurih yang lumer di mulut. Aroma jenang delima juga lebih harum. Harga untuk satu porsi jenang delima cukup terjangkau, yakni Rp7.000,00.

2. Roti Kecik

Roti kecik adalah jajanan khas Solo yang terbuat dari ketan yang disangrai. Roti kecik berbentuk lonjong sebesar ibu jari, dan berwarna coklat.

Jajanan beraroma kayu manis dengan rasa manis dan gurih itu sudah ada dan terkenal di Kota Solo sejak tahun 1881. Selain rasanya yang unik, roti kecik juga bisa tahan lama sampai beberapa minggu meski dibuat tanpa bahan pengawet. Makanan ini wajib dicoba jika Anda jalan-jalan ke tempat wisata kuliner Solo.

Harga roti kecik cukup terjangkau, yakni Rp 7.000 untuk ukuran kecil, Rp 15.000 untuk ukuran sedang, dan Rp 20.000 untuk ukuran besar.

3. Ledre Pisang Solo

Ledre terbuat dari pisang, ketan, kelapa parut, dan santan yang dibakar menggunakan mangkok gerabah sehingga menghasilkan aroma sangit yang khas. Ledre memiliki cita rasa  pisang dan ketan yang menyatu sempurna dan menghasilkan tekstur empuk bercampur rasa gurih dan manis. Ini adalah salah satu sajian wisata kuliner Solo yang wajib Anda coba.

Seporsi ledre dibanderol dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja. Ledre sudah cukup langka, kudapan ini bisa wisatawan dapatkan di barisan kios jajanan pasar di Pasar Gede, di Warung Miri, Gandekan, dan di Jalan Samanhudi, Laweyan.

Kios jajanan tersebut biasanya buka dari pukul 07.00 hingga 12.00. Namun, jika wisatawan mencari ledre di sore hingga malam hari, dapat menemukannya di Warung Gorengan Manunggal Rasa Pak Dagdo, Keprabon yang buka pada pukul 16.00 hingga 24.00 WIB.

4. Kompyang

Kompyang merupakan salah satu sajian wisata kuliner Solo, yang memiliki penampakannya mirip seperti roti burger yang memiliki tekstur kering dengan rasa yang gurih. Kompyang atau kadang disebut burger Jawa ini terbuat dari tepung terigu, garam, dan ragi yang diuleni dan dibentuk bulat.

Saat dibuat, adonan kompyang tidak menggunakan mentega serta gula sehingga teksturnya keras di bagian luar dan empuk di bagian dalamnya. Kudapan khas Solo ini lebih nikmat disantap bersama dengan minuman hangat seperti teh atau kopi.

Wisatawan dapat membeli di beberapa kios jajanan di Pasar Gede Solo. Burger Jawa tersebut bisa dinikmati dengan merogoh kocek Rp 2.500 per buah.

5. Tahok Pak Citro di Pasar Gede

Tahok Pak Citro merupakan salah satu wisata kuliner Solo yang bisa kamu kunjungi. Tahok tak jauh berbeda dengan tahu, berwarna putih bersih dan teksturnya lembut. Tahok disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran gula Jawa dan rempah sehingga bisa membuat tubuh terasa hangat saat menyantapnya.

Kuliner Solo satu ini sangat cocok menjadi sarapan pagi yang menghangatkan. Pak Citro biasanya mangkal di emperan Pasar Gede sejak pagi. Harga satu mangkok tahok yang murah bisa membuat kamu berhemat saat liburan

3 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Solo Murah Meriah

6. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi untuk  mencicipi gudeg dengan cita rasa Solo ada di gudeg ceker Margoyudan. Gudeg yang satu ini memang terkenal dengan cekernya yang menggugah selera. Maka tidak mengherankan jika ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner Solo favorit.

Namun, hal lain yang membuat warung gudeg ini unik adalah gudeg ceker Margoyudan ini hanya buka pada saat dini hari saja, tepatnya buka pada pukul 01.00 dini hari. Gudeg ceker Margoyudan berlokasi di Jalan Monginsidi, Margoyudan, Surakarta, tepat di depan Gereja Kristen Jawa, dan SMA Negeri 1 Surakarta.

7. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Wisata kuliner Solo berikutnya sangat menyegarkan, yaitu Es Gempol Pleret. Gempol terbuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Keduanya dicampur dengan santan cair dan es batu, serta semacam saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir.

Kamu bisa menjajal kesegaran minuman ini di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar di Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo.

8. Pecel Solo

Tempat wisata kuliner Solo satu ini memang sudah hits banget di kota Solo dan selalu menjadi tujuan utama saat berada di Solo. Menu andalan dari Warung Pecel ini adalah Pecel Ndeso menu yang satu ini terdiri dari nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir, dan disiram dengan bumbu pecel yang khas yang memiliki citarasa manis, asin, pedas, dan gurih.

Untuk menemani menu pecel ndeso kamu bisa memesan minuman tradisional di sini seperti beras kencur, jahe pandan, kunir asem sirih, temu lawak, dan masih banyak menu-menu tradisional lainnya. Selain menunya lezat tempat ini juga nyaman dan nuansa dari Warung Pecel Solo ini sangat khas dengan Solo dan berlokasi di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen.

9. Sate Kere Yu Rebi

Sate kere merupakan salah satu sajian wisata kuliner Solo yang terbuat dari jeroan sapi. Harganya yang murah dan cita rasa yang menggugah selera membuat banyak orang menggemari kuliner Solo satu ini.

Layaknya sate pada umumnya, sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan lontong. Warung sate kere yang paling terkenal di Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Tepatnya, terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo.

10. Timlo Sastro

Bagi kamu yang belum tahu, timlo merupakan salah satu sajian wisata kuliner Solo sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Untuk menikmatinya, kamu bisa menyantapnya secara langsung atau mencampurnya dengan nasi. Rasanya akan semakin nikmat dengan menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis.

Ada cukup banyak penjual timlo yang bisa kamu temukan di Solo. Salah satu yang populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di Jalan Kapten Mulyadi No. 8, belakang Pasar Gede, Solo. Biasanya, warga Solo menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Balong karena lokasi Pasar Gedhe yang berada di Kampung Balong. Saat musim liburan tiba, Timlo Solo ini tak pernah sepi pengunjung.

11. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Kamu wajib mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini. Tengkleng Bu Edi yang berjualan mulai pukul 14.00 WIB di bagian utara gapura pasar Klewer. Biasanya, dalam hitungan jam saja tengkleng ini sudah ludes. Jadi kalau tertarik mencoba, sebaiknya kamu sudah datang satu jam sebelum dibuka ya.

Tengkleng Bu Edi ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan olahan jeroan kambing dan tulang belulang, lalu disiram kuah kuning. Cita rasanya begitu segar, gurih, dan sedikit pedas.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Solo Favorit

12. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi merupakan kuliner Solo yang sangat cocok kamu kunjungi saat cuaca sedang panas di siang hari. Kamu bisa menemukan kios Es Dawet Telasih Bu Dermi yang selalu ramai pembeli ini di Pasar Gede. Hanya dengan 5 ribu rupiah kamu bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji selasih yang menyegarkan. Kamu wajib mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini

13. Tahu Kupat Sari Pak Brewok

Sepiring tahu kupat Solo terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol, dan tauge. Isian tersebut kemudian diguyur air bawang dan kuah kecap serta ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng.

Salah satu tempat makan tahu kupat yang enak adalah di Tahu Kupat Sari Pak Brewok yang ada di Jalan RM SAID. Kamu wajib mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini

14. Serabi Notosuman

Berdiri sejak 1923, Serabi Notosuman dikenal sebagai salah satu wisata kuliner Solo yang cukup legendaris. Meski begitu, kuliner ini masih populer hingga sekarang karena menawarkan cita rasa yang lezat. Dibuat menggunakan adonan tepung beras dan santan, serabi di sini memiliki tekstur yang lembut dengan pinggiran renyah. Seluruh serabi juga dimasak secara tradisional, yakni dengan menggunakan tungku kecil.

Ada dua varian rasa serabi yang bisa kamu beli di Serabi Notosuman, yakni polos dan cokelat. Satu porsi serabi terdiri dari sepuluh buah dan dijual seharga kurang lebih Rp 20.000 untuk serabi polos dan Rp 25.000 untuk serabi cokelat. Selain dinikmati dilokasi, kamu juga bisa menjadikan serabi ini sebagai oleh-oleh dari Solo, lho. Jadi, datanglah ke Jalan Mohammad Yamin No 28 jika ingin membelinya. Kamu wajib mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini.

15. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi liwet menjadi salah satu kuliner solo yang wajib kamu coba. Salah satu tempat warung nasi liwet yang terkenal dengan kelezatannya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1950 dan selalu ramai dengan pengunjung.

Untuk kamu yang belum tau, nasi liwet itu terdiri dari nasi gurih yang memiliki rasa hampir sama dengan nasi uduk. Biasanya nasi ini diberi ayam suwir yang dilengkapi dengan sayur labu, telur rebus, dan sambal sedikit. Kuliner satu ini berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon dan bisa kamu kunjungi mulai dari jam 16.00 – 01.00 dini hari. Untuk harga, nasi liwet ini dipatok mulai dari Rp 10.000 – Rp 20.000. Kamu wajib mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini.

16. Nasi Soto Ayam Gading

Jika berada di kawasan Gading Kidul saat pagi hari, kamu wajib mampir ke Nasi Soto Gading di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Buka pukul 06:00, Nasi Soto Gading sangat cocok dijadikan menu sarapan. Satu porsi soto terdiri dari nasi, sohun, suwiran daging ayam, dan kentang yang disiram kuah bening. Kamu juga bisa menambah lauk lain jika mau, seperti ampela, sate usus, dan sate telur puyuh. Kamu wajib mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini.

 

5 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Solo Favorit Jokowi

17. Selat Solo Mbak Lies

Wisata kuliner Solo yang sudah sangat terkenal adalah Selat Solo. Sajian kuliner satu ini merupakan 'fresh-salad' ala Solo. Kamu yang sedang mengunjungi destinasi ini wajib mencicipi Selat Solo di sekitar Jalan Veteran, Solo.

Lokasi wisata kuliner Solo satu ini memang agak tersembunyi, tepatnya berada di Gang II No 42, Serengan. Tenang saja, usaha kamu untuk menemukan tempat ini pasti akan terbayar dengan selat Solo yang menggugah selera.

Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa mendapat satu porsi selat Solo yang terdiri dari potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun, dan irisan bawang merah. Tidak ketinggalan, kuah segar dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur yang semakin melengkapi kenikmata kuliner satu ini.

Tak hanya menyajikan kuliner yang enak, Warung Selat Mbak Lies juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya, kamu bisa menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring hiasan dinding, guci, hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

18. Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

Menu utama yang disajikan di tempat wisata kuliner Solo satu ini memang berupa pecel. Bedanya, warung pecel yang berada di belakang Pengadilan Negeri Solo ini juga menyajikan sambal tumpang. Terbuat dari irisan tahu putih, tahu goreng, rempah-rempah, krecek, dan tempe berusia lama, sambel tumpang memiliki perpaduan cita rasa pedas, gurih, dan manis.

Biasanya, orang-orang suka menyantap sambal tumpang dengan nasi putih hangat atau bubur beras ditambah tauge dan bayam segar. Kamu bisa datang ke Sambel Tumpang Pecel Bu Kis setiap hari pukul 07:00 – 14:00.

19. Sate Kambing Hj. Bejo

Wisata kuliner Solo ini menyajikan sate buntel yang dapat menggugah selera siapa saja. Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba sate buntel saat ke Solo. Sate buntel adalah daging kambing cincang yang dibuntel (bungkus) dengan lemak kambing yang kemudian dibakar.

Kamu bisa berkunjung ke Sate Kambing Hj. Bejo untuk menyantap sate buntel. Sate Kambing Hj. Bejo ini sendiri berlokasi di Jalan Lojiwetan. Presiden Joko Widodo diketahui sudah berlangganan di warung satu ini jauh sebelum ia menjabat sebagai Walikota Solo.

Selain bisa memesan sate buntel, di sini tersedia menu lainnya seperti gule, tongseng, tengkleng. Saat sedang mengunjungi Solo, kuliner satu ini wajib masuk daftar wisata kuliner Solo yang wajib dikunjungi.

20. Sate Kambing Pak Manto

Sate Kambing Pak Manto memiliki menu favorit berupa sate buntel dan tengkleng kambing. Selain itu ada juga satai kambing, nasi goreng kambing, dan tongseng. Jika umumnya satai dibuat dari potongan daging kecil dan ditusuk berurutan, di warung sate yang satu ini, pelanggan dijanjikan tampilan satai yang sedikit berbeda di sini.

Warung makan ini beralamat di Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Mereka buka pukul 7.00--21.00 WIB dengan nomor telepon yang bisa dihubungi, yakni 0813-2900-0315.

21. Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam goreng Mbah Karto Tembel juga tak pernah terlewatkan oleh Presiden Jokowi saat pulang ke Solo. Berdiri sejak tahun 1960an, ayam goreng yang satu ini sudah menjadi favorit Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo.

Biasanya, satu porsi ayam goreng ala Mbah Karto akan disajikan dengan sepiring nasi hangat, urap sayuran, lalapan dan juga sambal. Menu favorit Jokowi adalah ayam goreng dengan sambal blondho atau sambal hitam.

Dibumbui dengan berbagai rempah pilihan dan dimasak di tungku kayu bakar. Ayam goreng yang terletak di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto no. 8, Gabusan, Jombor, Sukoharjo, tersebut bisa didapatkan mulai Rp 21.000 per porsi.Satai Kere Mbak Tug

Satai kere Mbak Tug juga menjadi salah satu favorit Presiden Jokowi. Satai kere ini berisi jeroan sapi dan juga tempe.

Satai kere Mbak Tug berlokasi di Jalan Arifin 63, Jebres, Kota Surakarta. Satu porsi sate yang satu ini dibanderol Rp 30.000.

Biasanya, warung sate yang satu ini sudah buka pukul 13.00, namun biasanya sudah habis pada pukul 16.00. Saat berkunjung ke sate kere Mbak Tug, Presiden Jokowi biasanya memesan satu porsi sate dengan potongan babat dan tetelan.

Selain menjadi favorit, sate kere Mbak Tug ini juga menjadi hidangan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu pada 2017 lalu.

22. Soto Triwindu

Soto triwindu merupakan salah satu kuliner favorit Presiden Jokowi dan keluarga. Soto ini berlokasi di area Pasar Triwindu, di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Banjarsari.

Soto yang satu ini juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Solo. Soto yang satu ini berbeda dari soto kebanyakan, soto ini kuahnya  menggunakan kaldu dari daging sapi kualitas terbaik.

Untuk menikmati satu mangkuk soto dengan cita rasa khas yang satu ini, hanya cukup merogoh kocek Rp16.000 saja. Agar lebih nikmat, soto juga dapat dinikmati dengan menambahkan makanan pendamping lainnya. Seperti iso, kikil, babat, hingga mendoan.

23. Timlo Maestro

Timlo merupakan makanan sejenis sup yang terkenal dari Kota Solo. Satu porsi timlo berisi kembang tahu, telur, daging, hingga jeroan.

Biasanya, masyarakat Solo gemar menyantap hidangan yang satu ini di malam hari. Saat berkunjung ke Solo, Presiden Jokowi kerap mampir ke warung langganannya. Timlo Maestro, di Jalan KH. Ahmad Dahlan 60 atau kawasan Keprabon.

Resep timlo yang digunakan warung makan ini sudah turun temurun antar generasi. Tak heran, jika timlo yang satu ini sudah sangat terkenal di Solo.

Untuk satu porsi timlo di sini, dibanderol dengan harga Rp 20.000 saja. Timlo Maestro buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.