Sukses

21 Cara Mencegah Jerawat, Jaga Kebersihan, Atur Pola Makan, dan Rutin Minum Ini

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah jerawat tentu berbeda dengan cara menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat adalah langkah ketika jerawat telah muncul, sedangkan cara mencegah jerawat adalah perawatan rutin yang dapat jerawat tidak timbul.

Dengan kata lain, cara mencegah jerawat adalah langkah perawatan yang harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh berhenti dilakukan.

Cara mencegah jerawat yang pasti adalah menjaga kebersihan di area yang rentan timbul jerawat seperti wajah dan punggung. Selain itu, menjaga pola makan menjadi salah satu cara untuk mencegah jerawat. Apalagi jika mengingat bahwa sejumlah jenis makanan dapat memicu timbulnya jerawat.

Selain menghindari makanan penyebab jerawat, konsumsi makanan dan minuman tertentu juga dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat. Berikut adalah sejumlah cara mencegah jerawat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (14/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Jerawat

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Cara mencegah jerawat secara alami yang pertama ini dapat membuahkan hasil yang positif jika Anda rajin melakukannya. Menjaga kebersihan wajah seperti rajin cuci muka setiap kali merasa kotor bisa mengurangi peluang timbulnya jerawat.

Namun, kata rajin tidak berarti sama dengan sering. Ketika beraktivitas seharian, wajah Anda akan bertemu dengan bakteri-bakteri jahat yang akan menempel di wajah. Maka dari itu, rajinlah mencuci muka agar terhindar dari jerawat.

2. Kurangi Konsumsi Kacang-kacangan

Makanan menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat yang mengganggu penampilan Anda. Berbagai jenis makanan akan meningkatkan kadar gula darah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Kacang-kacangan seperti kacang kulit ataupun kacang mete terkadang sangat ampuh mengundang jerawat mampir ke wajah anda. Untuk itu, cara mencegah jerawat salah satunya adalah kurangi konsumsi kacang-kacangan.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

Menjaga pola makan tak hanya bermanfaat bagi organ tubuh bagian dalam, tetapi juga luar. Selain pola makan, kandungan makanan yang dikonsumsi juga patut untuk menjadi perhatian. Makanan pedas seperti sambal dan semacamnya dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah anda. Maka, kurangi konsumsi makanan pedas sebagai cara mencegah jerawat.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin juga bisa menyebabkan tubuh menahan air dan pembuluh darah membengkak, terutama di bawah mata dan di atas pipi. Untuk mencegah hal itu terjadi, tidurlah dalam posisi kepala lebih tinggi dengan tambahan bantal dengan konsumsi makanan asin sewajarnya.

5. Perawatan dengan Beras Putih

Beras memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Beras dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Beras juga bisa mengecilkan pori yang menjadi jalan timbulnya jerawat. Cara mencegah jerawat secara alami dapat dengan memanfaatkan resep beras putih.

Caranya, rendam segenggam beras di dalam mangkuk. Pisahkan air cucian yang pertama. Air cucian inilah yang akan digunakan untuk mencuci wajah. Jangan mengeringkan dengan handuk atau tisu, biarkan kering dengan sendirinya hingga air beras terserap kulit. Lakukan perawatan ini seminggu 3 kali.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mencegah jerawat dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Minum air putih yang cukup dipercaya mampu merawat kecantikan kulit wajah dan menghindarkannya dari jerawat. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari agar kulit selalu lembab dan sehat.

3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Jerawat di Punggung

7. Segera Mandi Setelah Beraktivitas

Jangan pernah membiarkan baju yang telah terkena keringat menempel terlalu lama pada tubuh. Usahakan setelah berolahraga Anda harus segera mandi atau setidaknya ganti baju Anda. Gunakan pembersih tubuh dengan kandungan balancing pH, salicylic acid, benzoil peroksida atau Anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung sulfur yang mampu membunuh kuman penyebab jerawat.

8.Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi dibutuhkan untuk membantu sel-sel kulit terangkat sehingga tak ada lagi sisa kotoran yang menyumbat pori-pori Anda.

9. Hindari Produk Pewangi Pakaian

Pertimbangkan kembali untuk menggunakan produk pewangi pakaian. Deterjen yang wangi mampu meningkatan iritasi dan mampu memicu peradangan pada kulit.

10. Gunakan Produk dengan Formula Lembut

Formula lembut seringkali memiliki tekstur yang ringan juga. Jadi pilihlah produk-produk yang tidak membuat pori-pori Anda tersumbat sehingga punggung Anda pun akan terbebas dari jerawat.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Jerawat

11. Hindari Gula

Memanjakan diri dengan makanan yang mengandung banyak gula ternyata dapat menimbulkan jerawat. Melalui gula, dapat menyebabkan kandungan insulin meningkat. Yang kemudian akan membuat Anda lebih rentan mengalami penyumbatan pori-pori.

Jika Anda memang orang yang menyukai makanan manis-manis, gantilah makanan manis tersebut dengan makanan yang lebih alami dan baik dikonsumsi, seperti ubi atau melon.

Selain untuk menghindarkan diri dari jerawat, kedua makanan tersebut pun merupakan sumber beta-karoten yang mampu menghilangkan penghilang segala noda di wajah.

12. Hindari Produk Susu

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi susu, maka jerawat akan cenderung banyak yang muncul di kulit Anda. Dengan kata lain, cara mencegah jerawat adalah dengan menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi produk susu.

Namun karena kalsium pun penting untuk kesehatan kulit, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli, kangkung, atau kedelai, untuk mendapatkan kalsium yang cukup pengganti susu.

13. Hindari Kafein

Ternyata kopi hitam pun memicu timbulnya jerawat. Kandungan dalam kafein menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Jika Anda ingin mencegah jerawat, sebaiknya Anda harus menghindari mengonsumsi kafein.

Sebaliknya, Anda bisa memilih teh herbal atau kopi herbal yang bebas kafein agar tetap bisa mengonsumsi tanpa harus panik jerawat akan muncul.

14. Hindari Makanan Olahan

Saat banyaknya jerawat pada kulit, sebaiknya Anda tetap menjaga pola makanan yang sehat, organik, dan segar. Hindarilah makanan olahan yang banyak mengandung glikemik tinggi atau gluten. Hal itu dapat memengaruhi hormon dan gula darah Anda. Jika sudah terjadi, insulin dalam tubuh bisa meningkat sehingga dapat menyebabkan penumpukan bakteri penyebab jerawat.

15. Hindari Makanan Cepat Saji

Siapa sangka jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak minyak, nantinya akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Peradangan itulah yang bisa menyebabkan jerawat. Jadi, jika Anda sesekali pergi ke restoran cepat saji, tetap pilihlah makanan yang sehat, seperti salad.

16. Hindari Alkohol dan Rokok

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa racun, seperti tembakau atau alkohol, berkaitan dengan timbulnya jerawat. Jika Anda seorang perokok biasa dan peminum alkohol yang berlebihan, semakin sulit bagi Anda untuk menghindari jerawat. Oleh karena itu jika ingin terhindar dari jerawat, Anda perlu menjauhkan diri dari tembakau dan alkohol tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Jerawat

17. Rutin Minum Kunyit Asam

Cara mencegah jerawat adalah rutin kunyit asam. Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu yang terbuat dari campuran parutan kunyit dan asam jawa. Minuman tradisional ini cukup disukai banyak orang karena memiliki rasa yang manis, asam dan segar.

Kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam kunyit juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Rutin meminum kunyit asam tak hanya meredakan masalah jerawat saja, noda bekas jerawat pun bisa hilang karena berkat kandungan vitamin C dan betakaroten yang terdapat pada asam jawa. Maka dari itu, meminum kunyit asam merupakan solusi lengkap untuk mencegah timbulnya jerawat.

18. Rutin Minum Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Ternyata hal ini juga berlaku dalam menjaga kecantikan kulit. Teh hijau cukup handal dalam urusan meredakan jerawat, termasuk cara mencegah jerawat yang ampuh.

Kandungan ekstrak etanolik yang terdapat di dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, dengan kandungan antioksidan yang kaya, teh hijau juga dapat menurunkan berat badan dan mencegah risiko kanker.

19. Rutin Minum Air Kelapa

Selain memiliki rasa yang segar, air kelapa juga menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan air kelapa diketahui dapat dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menetralkan racun di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa juga diyakini dapat menjadi cara mencegah jerawat dan menyembuhkan jerawat di wajah. Tak hanya diminum, membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin ternyata juga dapat dijadikan terapi untuk menghilangkan jerawat.

20. Rutin Minum Jus Timun dan Perasan Lemon

Minuman yang dapat mencegah jerawat selanjutnya adalah kombinasi dari jus timun dan perasan lemon. Timun merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan air. Selain terkenal akan khasiatnya yang dapat melembapkan wajah, timun juga memiliki zat aktif yang bisa mendetoks racun di dalam tubuh dan mengobati masalah jerawat di wajah.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah yang satu ini, kamu hanya perlu mencampur irisan timun dengan perasan buah lemon ke dalam blender. Perpaduan kedua bahan ini diyakini dapat membuat kulit wajah lebih cerah, sehat dan pastinya bebas jerawat.

21. Rutin Minum Beras Kencur

Minuman sehat selanjutnya yang dapat menjadi cara mencegah jerawat adalah beras kencur. Beras kencur merupakan minuman tradisional yang sejak dulu dikenal memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain dapat menjaga bentuk tubuh dan membuatnya lebih bugar, jamu yang memiliki rasa manis dan segar ini juga baik untuk mengatasi jerawat, mengencangkan wajah, serta mencerahkan kulit yang kusam. Tak hanya disajikan sebagai minuman saja, beras kencur bahkan juga bisa dijadikan masker wajah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS