Sukses

1 Mil Berapa Km? Begini Cara Menghitung Konversinya

Liputan6.com, Jakarta 1 Mil berapa Km? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus mengetahui berbagai macam satuan panjang. Yang jelas ada banyak satuan panjang, seperti inci, sentimeter, meter, kaki, dll.

Sedangkan untuk mengukur jarak antarkota misalnya, biasanya dinyatakan dalam mil atau kilometer. Lalu 1 mil berapa km? Untuk mengetahui hal itu, penting bagi kita untuk mengetahui mengenai standar pengukuran.

Standar pengukuran sebenarnya sudah diatur dalam Sistem Besaran Internasional (SI). Namun sejumlah negara seperti Amerika Serikat maupun Inggris masih menggunakan satuan ukurnya sendiri.

Untuk mengetahui 1 mil berapa km, kita harus tahu dua sistem satuan yang berlaku secara global, maupun yang berlaku secara global dan sistem yang berlaku hanya di Amerika dan Inggris.

Sistem Besaran Internasional (SI) adalah sistem metrik yang digunakan secara universal sebagai standar pengukuran. SI terdiri dari 7 unit dasar yang digunakan untuk mendefinisikan 22 unit turunan.

Adapun satuan dasar antara lain panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah molekul, dan intensitas cahaya. 1 Mil berapa Km? Jawaban pertanyaan tersebut akan segera kita ketahui setelah membahas mengenai satuan panjang, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Satuan Panjang

Satuan panjang mengacu pada standar referensi yang dipilih dan diterima secara umum untuk pengukuran panjang. Satuan yang paling umum dalam penggunaan modern adalah satuan metrik, yang digunakan di setiap negara secara global.

Di Amerika Serikat, satuan tradisional juga digunakan. Satuan Imperial Inggris masih digunakan untuk beberapa tujuan di Inggris dan beberapa negara lain.

Satuan tradisional di Amerika Serikat dan satuan Imperial di Inggris, tentu hanya berlaku di masing-masing wilayah negara tersebut saja dan tidak berlaku secara global, karena sifatnya yang tidak baku. Satuan tersebut disebut Sistem Satuan Imperial.

3 dari 5 halaman

Satuan Metrik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, satuan yang berlaku dan diakui secara global adalah satuan metrik. Satuan ini meliputi kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan milimeter. Dari semua satuan tersebut, meter adalah satuan dasar.

Meski demikian, satuan meter tetap dapat dikonversi ke dalam satuan lain, seperti dalam daftar di bawah ini:

- 1 kilometer (km) = 1000 meter (m)

- 1 hektometer (hm) = 100 m

- 1 dekameter (bendungan) = 10 m

- 1 desimeter (dm) = 1/10 m = 0,1 m

- 1 sentimeter (cm) = 1/100 m = 0,01 m

- 1 milimeter (mm) = 1/1000 m = 0,001 m

Dalam daftar tersebut, satuan mil tidak termasuk. Sebab, satuan panjang berupa mile masuk dalam termasuk dalam satuan panjang dalam sistem imperial.

4 dari 5 halaman

Satuan Panjang dalam Sistem Imperial

Sistem satuan imperial adalah sistem satuan yang pertama kali didefinisikan oleh Inggris, untuk mengukur besaran yang berbeda. Hal ini bahkan diatur dalam Undang-Undang Bobot dan Ukuran tahun 1824 dan Undang-Undang tahun 1878, yang ditetapkan Kerajaan Inggris berdasarkan definisi yang tepat dari unit-unit terpilih yang ada. Beberapa unit yang umum digunakan dalam sistem pengukuran imperial antara lain nautical mile, mile, furlong, rod, fathom, yard, dan kaki.

Adapun hubungan satuan-satuan dalam Sistem Satuan Imperial adalah sebagai berikut:

- 1 kaki = 12 inches

- 1 yard = 3 feet

- 1 yard = 36 inches

- 1 mil = 1760 yards

- 1 mil = 5280 feet

Karena mil dan kilometer merupakan dua satuan dalam sistem yang berbeda, kita harus mengetahui perbedaan ukuran dari kedua sistem satuan. Baru setelah itu kita baru bisa mengetahui 1 mil berapa km.

5 dari 5 halaman

Bagan Konversi SI ke Satuan Imperial

Di bawah ini merupakan bagan yang konversi satuan metrik ke satuan imperial, begitu pula sebaliknya. Ini adalah cara agar dapat mengetahui jawaban atau konversi dari 1 mil berapa km.

Konversi Satuan Metrik ke Sistem Imperial

- 1 cm = 0,3937 inches

- 1 m = 39,37 inches

- 1 m = 3,28 feet

- 1 km = 3280,84 feet

- 1 km = 0,62 mil

- 1 km = 1093,61 yards

Konversi Satuan Imperial ke Metrik

- 1 inch = 2,54 cm

- 1 foot = 30,48 cm

- 1 yard = 91,44 cm

- 1 foot = 0,3048 m

- 1 mile = 1,6 km

- 1 mile = 1609,34 m

- 1 yard = 0,9144 m

Dari konversi tersebut sekarang dapat diketahui jawaban dari pertanyaan 1 mil berapa km? 1 mil adalah 1,6 km, sedangkan 1 km adalah 0,62 mil. Dengan kata lain untuk dapat mendapatkan ukuran dalam satuan kilometer, kita hanya perlu mengalikan satuan dalam mil dengan 1,6.

Misalnya, 2 mil berapa km? Jawabannya adalah, 2 dikalikan 1,6, yakni 3,2 km. Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk mengetahui berapa panjang atau jarak dalam ukuran mil dari kilometer, yakni dengan cara jumlah satuan meter dikalikan dengan 0,62.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS