Sukses

1000 Dollar Berapa Rupiah? Tergantung Supply and Demand, Simak Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta 1000 Dollar berapa Rupiah? Ada banyak faktor yang memengaruhi nilai tukar mata uang, salah satunya adalah supply and demand, atau penawaran dan permintaan.

Dengan kata lain 1000 Dollar berapa Rupiah nilainya tidak tetap dan berubah-ubah tergantung banyak faktor, penawaran dan permintaan. Jadi jika ketersediaan dolar sedikit tapi permintaan terhadap mata uang dolar banyak, makan nilai dolar akan naik.

Begitu pula sebaliknya, jika ketersediaan dolar banyak tapi permintaan terhadap mata uang tersebut sedikit, maka nilainnya akan turun.

Apalagi Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia mengungkapkan bahwa sistem kurs yang dipakai adalah sistem kurs mengambang. Sistem kurs ini sangat dipengaruhi oleh kekuatan pasar, sehingga supply and demand sangat berpengaruh.

Meski demikian, jarang sekali nilai dolar turun signifikan. Jadi jika nilai dolar bisa stabil di kisaran 15 ribu Rupiah, 1000 Dollar berapa Rupiah adalah kurang lebih Rp15.000.000,00.

Namun penting untuk mengecek lagi kurs yang sedang berlaku hari ini sehingga bisa didapatkan nilai pasti dari 1000 Dollar berapa Rupiah. Selain itu penting juga untuk mengetahui sistem yang berlaku dalam jula beli mata uang asing.

Berikut adalah ulasan lebih mendalam mengenai kurs dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kurs

Kurs sederhananya adalah nilai tukar. Kurs adalah sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat ini atau di kemudian hari, antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah.

Menurut BI, kurs merupakan suatu sistem yang digunakan sebagai acuan transaksi BI dengan pihak ketiga, seperti pemerintah. Kurs Transaksi BI diumumkan sekali setiap hari kerja pada pukul 08.00 WIB.

Kurs juga bisa diartikan sebagai rasio/perbandingan nilai mata uang dalam negeri dan mata uang luar negeri. Kurs valuta asing sering digunakan pada perdagangan internasional sehingga suatu negara sebelum melakukan transaksi pada perdagangan internasional maka akan melihat dan mengamati perkembangan kurs valuta asing.

3 dari 5 halaman

Sistem Kurs

Seperti yang dibahas sebelumnya, 1 USD berapa Rupiah ini nilainya tergantung sistem kurs yang diterapkan oleh suatu negara yang diatur oleh bank sentral. Ada tiga jenis kurs, sistem kurs tetap, sistem kurs bebas atau mengambang, dan sistem kurs mengambang terkendali.

Kurs Tetap

Sistem kurs tetap adalah suatu sistem nilai tukar mata uang yang bersifat tetap atau harus mengikuti aturan-aturan yang sudah dibuat oleh bank sentral (pemerintah).

Dalam sistem kurs ini, bank sentral atau pemerintah memiliki peran dalam pasar valuta asing dengan membeli atau menjual valuta asing jika nilai kurs tidak sesuai dengan standar atau aturan yang sudah ditetapkan.

Kurs Mengambang

Sistem kurs mengambang adalah suatu sistem yang nilai tukar mata uangnya dipengaruhi atau ditentukan oleh kekuatan-kekuatan pasar. Penawaran dan permintaan pada mata uang asing akan menentukan nilai mata uang itu sendiri.

Sistem ini bersifat bebas atau akan selalu berubah sehingga bagi para peserta pasar valuta asing harus terus mengamati perkembangan yang terjadi pada kurs mata uang asing.

Sistem kurs inilah yang diterapkan di Indonesia. Karena itulah, 1 USD berapa Rupiah nilainya tidak selalu sama setiap hari. Oleh karena itu kita harus mengeceknya setiap hari untuk mengetahui perubahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar.

Kurs Mengambang Terkendali

Sistem kurs mengambang terkendali adalah suatu sistem nilai valuta asing yang di mana pemerintah dan pasar sama-sama mempunyai hak untuk menentukan nilai tukar valuta asing.

4 dari 5 halaman

Jenis Kurs

Jenis kurs pun masih dibagi menjadi tiga, yakni kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah. Kurs Jual adalah kurs yang digunakan jika Anda akan menukarkan Rupiah dengan mata uang asing. Sementara Kurs Beli adalah kurs yang digunakan saat Anda hendak menukarkan mata uang asing dengan Rupiah.

Sedangkan kurs tengah adalah salah satu jenis perhitungan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing, di mana nilainya berada di antara kurs jual dan kurs beli. Metode perhitungannya adalah dengan menjumlahkan kurs jual dan kurs beli, yang kemudian hasilnya dibagi dua.

5 dari 5 halaman

1000 Dollar Berapa Rupiah?

Asumsikan saja nilai dolar stabil di angka 15 ribu rupiah, maka 1000 dollar berapa rupiah adalah Rp15.000.000,00. Namun ini hanya sebatas asumsi. Untuk mengetahui 1000 dollar berapa rupiah, penting untuk mengetahui nilai kurs dalam 1 dolar terlebih dahulu, yang berlaku hari ini.

Untuk mengecek nilai tukar Rupiah terhadap dolar, sederhananya bisa melalui website yang terpercaya. Karena yang mengatur mengenai sistem kurs adalah bank sentral yang tak lain adalah BI, maka salah satu situs resmi BI bisa dibilang cukup terpercaya untuk mengecek 1 USD berapa Rupiah.

Pada Senin, 15 Agustus 2022, ada dua nilai kurs yang ditampilkan di laman resmi BI, yakni kurs jual dan kurs beli. Berdasarkan kurs jual, 1 USD berapa Rupiah adalah Rp14.761,44.

Dengan kata lain, jika ingin menukarkan Rupiah dengan dolar, maka kurs yang berlaku adalah Rp14.761,44. Jika Anda ingin membeli 1000 dolar, maka Anda perlu menukarkan sekitar Rp14.761.440,00.

Berdasarkan kurs jual, 1 USD berapa Rupiah adalah Rp14.614,56. Dengan kata lain, jika 1000 dolar ditukarkan dengan Rupiah, maka yang Anda terima adalah Rp14.614.560,00.

Nilai tersebut hanya berlaku hari ini saja ketika artikel ini ditulis. Pada Senin, 15 Agustus 2022, 1000 dollar berapa rupiah adalah Rp14.761,44 berdasarkan kurs jual, dan Rp14.614.560,00 berdasarkan kurs beli.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS