Sukses

25 Cara Cepat Gemuk, Efektif dan Aman Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Definisi kekurangan berat badan adalah jika Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) di bawah angka 18,5. Makan yang banyak memang jadi salah satu solusi, akan tetapi bukan hanya sekedar banyak saja. Jenis makanan yang dimakan juga harus sehat, agar tidak menyebabkan penyakit. Cara cepat gemuk dapat dilakukan dalam waktu singkat, paling tidak satu bulan. Tidak perlu dengan konsumsi obat dan pil penambah berat badan tetapi secara alami, dengan memperbaiki pola makan.

Memiliki tubuh dan berat badan yang ideal, pasti jadi idaman sebagian besar orang. Namun karena satu dan lain hal, berat badan terkadang di bawah angka normal atau berat badan ideal. Berat badan yang rendah juga bisa menyebabkan tubuh cepat lelah, sistem imun lemah, dan rentan mengalami masalah tulang. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang mulai menerapkan cara cepat gemuk dengan mengonsumsi makanan yang padat kalori juga protein yang cukup.  

Anda yang memiliki berat badan kurang dari rentang normal, bahkan terlalu kurus, perlu segera menambah berat badan. Cara cepat gemuk bisa dilakukan secara alami dengan mengonsumsi susu, madu serta makanan yang memiliki banyak serat. 

Berikut ini cara cepat gemuk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Cepat Gemuk

1. Makan dalam porsi kecil lebih sering

Saat kekurangan berat badan, maka sangat mungkin untuk merasa lebih cepat kenyang. Untuk itu, agar nafsu makan meningkat cobalah untuk tidak makan dalam porsi besar sekaligus. Makan dalam porsi kecil namun dalam intensitas kecil bisa untuk membantu memenuhi asupan kalori lebih cepat. Cobalah untuk makan lima sampai enam porsi kecil sepanjang hari alih-alih dua atau tiga kali makan besar. Hal ini sebagai salah satu cara cepat gemuk. 

2. Konsumsi protein

Cara cepat gemuk bisa dilakukan dengan makan cukup protein. Protein sangat penting untuk membentuk massa otot, serta mencegah penumpukan lemak. Protein bisa mengubah kalori menjadi otot. Makanan yang berprotein biasanya juga lebih lezat dan bisa meningkatkan nafsu makan. Makanan berprotein tinggi juga termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, hingga kacang-kacangan.

3. Konsumsi makanan padat kalori

Kunci dari cara cepat gemuk adalah konsumsi cukup kalori. Untuk menggemukkan badan yang sehat, kamu juga perlu mengonsumsi lebih banyak kalori. Pilihan kalori yang sehat juga dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh tanpa memberi efek buruk bagi kesehatan. Kalori sehat mengandung karbohidrat, serat, dan lemak.

4. Konsumsi snack sehat

Banyak penyembuhan, perbaikan, dan regenerasi tubuh terjadi ketika kita tidur. Oleh karena itu, saat tidur tubuh juga bisa membangun otot dan jaringan tanpa lemak. Jadi makan camilan sehat secara tepat sebelum tidur, dapat membantu proses cepat gemuk.  Kamu bisa mencoba camilan sehat seperti kacang, biji, dan buah-buahan sebelum tidur.

5. Susu

Cara cepat gemuk serta meningkatkan nafsu makan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu dan produk turunannya. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik. Saat mencoba untuk menambah berat badan, maka tubuh juga harus mendapat manfaat dari lemak, mineral, dan protein yang ada dalam susu. Susu full fat adalah pilihan terbaik untuk menambah berat badan.

3 dari 6 halaman

Cara Cepat Gemuk

6. Tambahkan rempah

Dengan menambahkan rempah pada makanan bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Beberapa makanan juga dapat menunda pencernaan dan menghasilkan gas. Jenis rempah tertentu bisa membantu mengurangi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan. Rempah juga bisa merangsang produksi empedu untuk memfasilitasi pencernaan. Adapun beberapa jenis rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan di antaranya adalah adas, peppermint, lada hitam, ketumbar, mint, jahe, dan kayu manis.

7. Cukup tidur

Kurang tidur atau tidur berlebihan dapat mempengaruhi berat badan. Oleh karenja itu, kualitas tidur yang buruk sangat berpengaruh secara keseluruhan bagi kesehatan. Menghindari begadang dan tidur berlebihan dapat membantu mendukung berat badan ideal. Dengan istirahat diketahui mampu membantu proses perkembangan tubuh menjadi lebih efektif, sehingga cara ini dapat dilakukan dengan amat mudah. 

8. Olahraga

Selama berolahraga, tubuh dapat membakar kalori untuk mempertahankan tingkat energi. Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan nafsu makan serta mengisi kembali kalori yang terbakar. Selain itu, aktivitas fisik cukup berpengaruh dalam beberapa proses tubuh yang telah terbukti merangsang rasa lapar. Untuk mengubah kalori ekstra yang dimakan menjadi otot, kamu perlu olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk menaikkan berat badan meliputi latihan ketahanan tubuh, resistensi atau angkat berat. 

9. Sarapan

Mengonsumsi sarapan setiap hari juga penting dilakukan saat ingin menambah nafsu makan serta menambah berat badan. Sarapan bisa membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan. Sarapan setiap hari juga sama pentingnya dengan makan teratur sepanjang hari.

10. Jadwalkan makan

Jika kamu adalah orang yang kesulitan mengatur waktu makan, coba untuk jadwalkan makan dan tetapkan pengingat di setiap waktu makan, agar memastikan kamu makan secara teratur. Selain itu, memiliki jadwal makan teratur sangat penting untuk merangsang nafsu makan. Hal ini membantumu untuk mengonsumsi cukup kalori dan nutrisi setiap hari lebih terjaga. 

 

4 dari 6 halaman

Cara Cepat Gemuk

11. Konsumsi daging dengan tepat

Daging merupakan sumber protein dan lemak yang baik. Daging merah mengandung leusin (asam amino) dan kreatin diet yang dapat merangsang sintesis protein untuk membangun otot tanpa lemak. Daging merah juga meliputi daging sapi, kambing, domba, bebek, dan babi. Daging ayam juga merupakan makanan berkalori tinggi yang baik. Sekitar 80% kalori berasal dari protein sedangkan 20% berasal dari lemak.

12. Berhenti merokok

Perokok diketahui memiliki berat badan lebih ringan dibanding mereka yang tidak merokok. Oleh karena itu, dengan berhenti merokok bisa membantu dalam menggemukkan tubuh. Ini cara menggemukkan badan yang wajib dicoba.

13. Kunyah makanan sampai halus

Makanan yang halus akan lebih mudah untuk diserap nutrisinya oleh tubuh. Nah, jika tidak dibikin halus seperti jus, maka Anda wajib untuk mengunyah makanan sampai halus.

14. Memeriksakan kesehatan

Sebelum menggemukan badan, maka terlebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokter, karena ada beberapa kondisi yang bikin berat badan Anda memang tidak akan bisa naik, atau justru akan tetap di bawah normal. Hipertiroidisme, penyakit coeliac, dan gangguan makan seperti anoreksia nervosa termasuk di antaranya. Akan susah menggemukkan badan secara alami untuk orang-orang yang kondisi tubuhnya seperti tersebut.

15. Membuat jurnal harian

Bukan termasuk cara-cara fisik untuk menggemukkan badan, namun perlu juga Anda bikin jurnal untuk tahu berapa banyak kenaikan berat badan Anda setiap minggunya. Anda juga perlu menyertakan jenis makanan apa saja yang ingin di konsumsi, juga olahraga apa yang sudah Anda lakukan. dengan begitu, Anda bisa memantau perkembangan proses menggemukan badan yang bisa anda lakukan.

5 dari 6 halaman

Cara Cepat Gemuk

16. Mengkonsumsi susu, yogurt dan es krim

Mengonsumsi susu juga ternyata cukup  efektif untuk menggemukan badan. Tidak wajib susu buat menggemukan badan atau susu murni ya. Akan tetapi kamu dapat mengkonsumsi olahan susu seperti yogurt, puding susu, atau es krim. Apabila malas makan olahan seperti ini, kamu bisa minum susu secara pribadi sesudah makan siang.

17. Madu

Cara cepat gemuk juga bisa dilakukan  secara alami selanjutnya, dengan mengkonsumsi madu. Madu adalah salah satu kuliner yg mengandung banyak sekali manfaat, termasuk dalam menggemukan badan. Madu juga bisa diolah berdasarkan ramuan herbal yang tentu saja sangat kondusif dan adalah bahan alami. Kandungan dalam madu penggemuk badan juga dianggap sanggup menggemukan badan dan tanpa imbas samping. 

18. Coba buah kering

Buah kering merupakan cemilan yang berkalori tinggi serta menyediakan antioksidan dan mikronutrien. Buah kering mengandung cukup banyak serat dan sebagian besar vitamin serta mineralnya tetap utuh. Buah kering juga mengandung gula alami yang baik untuk menaikkan berat badan. Ini cara menggemukkan badan yang wajib dicoba.

19. Hindari minum sebelum makan

Mungkin hal ini terdengar sederhana, akan tetapi dengan menghindari konsumsi air sebelum makan bisa memaksimalkan makanan yang masuk ke dalam perut. Ini cara cepat gemuk yang wajib dicoba. Mengingat, air yang diminum bisa menyebabkan rasa kembung dan berujung pada hilangnya nafsu untuk mengonsumsi makanan.

20. Minum jus dan smoothie

Cairan juga akan lebih lama membuat kenyang. Jadi ketika Anda mencoba menambah berat badan, minum jus atau smoothie dapat menambah nutrisi tanpa membuatmu merasa kenyang atau kembung. Hal ini adalah cara menggemukkan badan yang wajib dicoba. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisinya lebih mudah diserap.

6 dari 6 halaman

Cara Cepat Gemuk

21. Tidur berlebihan

Kurang tidur serta tidur secara berlebihan, dapat memengaruhi hormon nafsu makan. Kondisi Ini dapat menyebabkan adanya penyimpanan lemak di tubuh dan menambah berat badan dengan tidak sehat.

22. Konsumsi makanan rendah lemak

Menghindari konsumsi lemak termasuk lemak tak jenuh bisa memengaruhi kesehatan berat badan. Biasanya makanan rendah lemak mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana berkinerja rendah yang dicerna dengan cepat. Hal ini bisa membuat peningkatan berat badan pada tubuh menjadi berlebihan. 

23. Makan terlalu cepat

Diperlukan waktu 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa ia sudah kenyang. Oleh karena itu, makan dengan cepat akan memicu makan secara berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan berat badan dengan cepat namun secara tidak sehat.

24. Konsumsi makanan olahan

Dengan mengonsumsi makanan olahan, banyak mengandung kalori kosong. Makanan berkalori kosong termasuk makanan yang tinggi gula dan garam. Makanan ini dapat mengandung lebih banyak lemak tidak sehat dan dapat memengaruhi jantung.

25. Batasi latihan cardio

Meskipun kamu diharuskan buat permanen berolahraga secara teratur, akan tetapi disarankan juga untuk membatasi latihan cardio. Cardio justru akan mengurangi banyak lemak yang sebenarnya sangat diharapkan buat menggemukan badan. Selain olahraga cardio, kamu juga perlu untuk menghindari olahraga aerobik, bersepeda hingga berlari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS