Sukses

12 Wisata di Ciwidey Paling Populer, Lengkap dengan Harga Tiketnya

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Ciwidey menjadi salah satu destinasi yang wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Ciwidey merupakan sebuah kabupaten di Bandung dan memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang memukau dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Udara segar dari daerah pegunungan di sekitar juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata di Ciwidey. Menjadi salah satu destinasi favorit, saat ini banyak bermunculan tempat wisata baru di Ciwidey yang tidak kalah dengan wisata popular seperti kawah putih.

Tempat wisata Ciwidey baik yang baru dibuka maupun yang telah ada dan menjadi destinasi favorit para wisatawan wajib untuk dijelajahi, hal ini karena setiap tahunnya selalu ada pengembangan baru dari pihak pengelola lokasi wisata untuk dapat terus dapat menghibur para pengunjungnya.

Sebagai rekomendasi untuk anda yang akan berkunjung di Ciwidey, Bandung. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022). Rekomendasi tempat wisata di Ciwidey yang popular dan wajib dikunjungi saat berlibur ke Ciwidey, Bandung.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Wisata Di Ciwidey Paling Populer

1. Taman Kelinci Ciwidey

Wisata di Ciwidey yang pertama adalah taman kelinci Ciwidey, tempat wisata di bandung yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Taman Kelinci terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Km.33.7, Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik wisata ini adalah edukasi anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan-hewan yang lucu dan jinak. Di sana anda akan melihat lebih dari 100 jenis kelinci dengan suasana tempat yang mirip dengan habitatnya. Dari 100 jenis kelinci yang ada. 50 jenis kelinci lokal dan sisanya impor seperti Lion Head, Dutch, Rex, New Zealand, dan lain-lain.

Di sana anda akan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti memberi makan kelinci. Bisa juga wisata kuliner dan juga bisa membeli kelinci untuk dibawa pulang. Harga tiket masuk ke area taman kelinci ini adalah Rp15.000 per orang termasuk bonus 2 buah wortel untuk Kelinci. Taman Kelinci ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

 

2. Rancaupas

Rancaupas meurpakan destinasi yang popular untuk para pecinta alam. Wisata ini kini lebih populer dengan nama Rancaupas Smart Camp Adventure. Rancaupas terletak di jalan raya Ciwidey-Patenggang, Km.11 Alam Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Rancaupas memiliki luas sekitar 215 hektar, terletak di ketinggian 1700 dengan suhu 17-10 derajat Celcius.

Rancaupas menjadi salah satu lokasi favorit untuk camping di kawasan wisata Ciwidey. Bahkan sering dijadikan sebagai tempat jambore mulai dari pelajar sekolah, hingga masyarakat umum. Rancaupas juga merupakan tempat konservasi satwa langka seperti rusa. Daya tarik lainnya adalah ada kolam air panas yang disebut kampung cai.

Selain fasilitas di atas, rancaupas juga memiliki berbagai arena permainan yang menyenangkan. Diantaranya High rope, Flying Fox, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Rancaupas adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir Rp2.000 (motor), Rp5.000 (mobil) dan Rp20.000 (bus). Tempat Wisata Rancaupas buka 24 jam setiap hari.

 

3. Bukit Jamur Ciwidey

Wisata di Ciwidey yang selanjutnya adalah bukit jamur Ciwidey. Tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang sangat unik dan istimewa yaitu Bukit Jamur. Bukit Jamur terletak di Desa Rancabolang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Daya tarik wisata ini sudah terlihat dari namanya yaitu bukit jamur.

Yang dimaksud wisata ini bukanlah bukit yang banyak terdapat jamur. Melainkan di sebuah bukit yang terdapat pohon pinus kecil yang menyerupai jamur. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk hunting foto. Untuk harga tiket masuk di kawasan ini gratis tanpa dipungut biaya apapun.

3 dari 5 halaman

Wisata Di Ciwidey Paling Populer

4. Taman Wisata Alam Cimanggu

Taman wisata Cimanggu merupakan primadona pemandian air panas di Ciwidey Bandung. Taman Wisata Cimanggu terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Km.13 Petengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Daya tarik yang menawarkan tempat liburan di Ciwidey yang satu ini adalah pemandian air panas yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, daya tarik wisata Taman Cimanggu ini adalah kawasan hutan lindung yang sangat luas. Luas hutan lindung adalah 145 hektar dan terletak pada ketinggian 1225-1350 mdpl. Di kawasan taman wisata Cimanggu ditumbuhi pohon-pohon besar yang langka. Diantaranya Pohon Baros, Rasamala, dan Pinus.

Selain itu juga terdapat fasilitas permainan seperti Playground, Kayak, Flying fox, High Rope, ATV dan persewaan kuda. Harga tiket masuk air panas adalah Rp.16.000 (weekdays) dan Rp.23.500 (Libur). Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

 

5. Kebun Teh Rancabali

Kebun teh Rancabali menjadi destinasi wisata di Ciwidey yang wajib dikunjungi berikutnya. Kebun teh rancabali terletak di persimpangan jalan dari kawah putih menuju Situ Patenggang. Perkebunan Rancabali membudidayakan dua jenis komoditas yaitu Teh dan Kina. Pemrosesan dilakukan oleh CTC dan Ortodoks.

Di sana anda juga bisa mengunjungi tempat pengolahan teh. Selain dapat merasakan nikmatnya teh juga merupakan ilmu yang sangat bermanfaat. Untuk harga tiket masuk ke perkebunan Rancabali adalah Rp5.000 per orang ditambah Rp30.000 jika ingin menggunakan guide.

 

6. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis menawarkan wisata alam khas Kabupaten Bandung. Kawah Rengganis terletak di Jalan Rancabali-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah Rengganis memiliki pemandangan sekitar yang lebih indah dan bau belerang yang tidak terlalu menyengat daripada kawah putih.

Daya tarik lain dari kawah ini adalah airnya yang bisa kita gunakan untuk mandi. Selain segar tentunya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Wisata ini sangat cocok untuk anda menyegarkan dan menenangkan pikiran dengan mandi air hangat.

Bagi anda yang suka berfoto, tempat wisata Ciwidey ini sangat cocok untuk anda hunting foto. Di kawah rengganis ini sudah tersedia fasilitas yang memadai. Harga tiket masuk Kawah Rengganis adalah Rp5.000 per orang baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Sedangkan Kawah Rengganis buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

4 dari 5 halaman

Wisata Di Ciwidey Paling Populer

7. Kampung Cai Ciwidey

Wisata di Ciwidey yang selanjutnya adalah Kampung Cai Ciwidey. Tempat yang satu ini merupakan bagian dari wisata Alam Rancaupas. Kawasan ini menawarkan keindahan alam yang hijau dengan perbukitan dan udara yang sejuk. Kampung cai terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Km.11 Alam Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik utama seperti yang kami sebutkan sebelumnya adalah kolam renang air panas. Fasilitas yang melengkapi kolam air panas Kampung Cai yaitu tersedia sliding, spilled bucket, dan lain-lain. Harga tiket masuk Kampung Cai adalah Rp.10.000 per orang untuk hari libur dan biasa. Sedangkan tarif parkir kendaraan Rp.2000 untuk sepeda motor dan mobil Rp.5000.

 

8. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah sebuah danau wisata di selatan Bandung yang sangat terkenal dengan keindahannya. Situ patenggang terletak di Jalan Ciwidey-Jalan Raya Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Daya tarik Situ Patenggang juga terletak pada mitos batu cinta yang terdapat di danau tersebut.

Batu cinta dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis. Selain itu terdapat juga pulau kecil berbentuk hati yang dikenal sebagai “Pulau Asmara” atau “Sasaka”. Penduduk setempat yakin kalau sampai disana bersama pasangan hubungan mereka akan langgeng.

Harga tiket masuk wisata Situ Patenggang adalah Rp18.000 pada weekdays. Sedangkan untuk hari libur dikenakan tiket masuk Rp.20.500. Situ Patenggang di buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

 

9. Kawah Putih

Tempat wisata di Ciwidey yang popular dan dikenal banyak wisatawan adalah kawah putih. Wisata di Ciwidey ini terletak di Jalan Raya Soreng, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Adanya danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha menjadi saya Tarik tempat wisata ini.

Kawah ini dikelilingi oleh pasir putih yang indah dan warna air yang terkadang berubah-ubah. Hal itu bisa terjadi tergantung dari kandungan belerang di dalam air kawah. Tidak hanya itu, kawasan yang sejuk, sejuk dan segar membuat wisatawan yang betah berada di sana.

Harga tiket masuk ke kawah putih ini bisa dibilang cukup murah. Untuk wisatawan lokal Rp.18.000 per orang baik saat hari libur atau hari kerja. Dan untuk turis asing Rp50,00 per orang. Kawah Putih Ciwidey buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

5 dari 5 halaman

Wisata Di Ciwidey Paling Populer

10. Green Hills Park

Green Hills Park merupakan destinasi wisata hutan alam yang sangat alami. Green Hills Park terletak di jalan Km.41 kawasan wisata Ciwidey – Situ Patenggang. Wisata ini merupakan bagian dari hutan kawasan Cimanggu. Luas wilayah ini adalah 21,32 hektar.

Daya tarik utama dari wisata ini adalah udara yang bersih, pemandangan hutan hujan pegunungan dan berbagai jenis flora dan fauna. Ada juga sumber air panas dan dingin dari Gunung Patuha dan topografinya bergelombang. Untuk masuk ke kawasan Green Hills Park tidak dipungut biaya alias gratis. Taman Green Hills buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Di sana juga dilengkapi dengan begitu banyak penginapan yang siap dijadikan sebagai tempat beristirahat para pengunjung. Ada dua jenis penginapan yaitu Bungalo dan Saung. Untuk sewa bungalow harga mulai dari Rp1.750.000-Rp2.000.000 per malam. Sedangkan Saung mulai dari Rp1.800.000-Rp4.000.000 per malam.

 

11. Pemandian Air Panas Ciwalini

Tempat wisata di Ciwidey yang selanjutnya adalah pemandian air panas Ciwalini atau disebut juga Rancawalini. Rancawalini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik wisata ini adalah kolam renang berpemanas dengan dikelilingi pegunungan di sekitarnya. Kolam pemandian ada di untuk dua menjadi. Ada kolam pemandian umum. Ada juga pemandian khusus bagi anda yang ingin merasakan suasana yang lebih tenang. Di sana anda akan menikmati kehangatan di tempat yang beriklim dingin.

Rancawalini akan semakin memanjakan para pengunjung dengan fasilitas yang memadai. Pengelola disana sudah menyediakan berbagai pilihan fasilitas seperti Flying Fox, ATV, persewaan sepeda dan lainnya. Untuk anda yang berkunjung ke Rancawalini, harga tiketnya Rp15.000 per orang.

 

12. Kebun Tanaman Obat Alami

Wisata di Ciwidey yang terakhir merupakan tempat yang terkenal sebagai praktisi pengobatan alternatif dengan tanaman herbal yaitu Kebun Tanaman Obat Alami Sari Alam. KTO Sari alam terletak di jalan raya Ciwidey, Cukaganteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pemiliknya adalah Ibu Qadariyah yang menderita kanker serviks. Dimana saat itu penyakit ini bisa disembuhkan dengan tanaman bawang dayak. Dari pengalamannya inilah, kemudian terpikir untuk mendirikan Kebun Tanaman Obat. Daya tarik utama dari wisata ini adalah wisata edukasi yang belajar tentang fungsi, sifat dan teknik pembuatan tanaman herbal.

Selain itu, jika ada yang mengidap kanker bisa mengunjungi tempat ini untuk berobat. Fasilitas yang tersedia di KTO Sari Alam adalah Kebun Tanaman Obat, pusat penelitian, herbarium dan penginapan villa. Untuk harga tiket KTO Sari Alam tidak dipungut biaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.