Sukses

15 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami yang Efektif, Waspadai Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami perlu untuk kamu ketahui dan pahami. Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, semua yang berlebihan tidaklah baik, begitu juga dengan kolesterol. Terlalu banyak kolesterol tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kolesterol adalah salah satu hal yang ditakuti oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena kandungan kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh tingginya kolesterol dalam darah di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, obesitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kolesterol tinggi tidak hanya menyerang orang tua saja. Anak-anak juga dapat mengalami masalah kesehatan ini. Hal ini terjadi karena salah satu faktor penyebab utama dari kolesterol tinggi ialah gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. Oleh sebab itu, penting bagimu untuk mewaspadai masalah kesehatan ini dan mengetahui cara mengatasi kolesterol yang efektif.

Ada berbagai cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang dapat kamu coba di rumah. Cara-cara ini termasuk sederhana dan mudah untuk kamu coba lakukan di rumah, tetapi tetap efektif untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (15/8/2022), cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang mudah, sederhana, dan efektif untuk kamu coba di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah salah satu masalah yang sering ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya, masalah ini dapat menimbulkan berbagai penyakit yang kronis dan berbahaya, seperti berbagai penyakit jantung dan stroke. Tak heran apabila banyak orang yang mewaspadai masalah kesehatan ini.

Untuk mengetahui cara mengatasi kolesterol tinggi yang efektif, kita harus mengetahui penyebab masalah kesehatan ini terlebih dahulu. Ada benyak hal yang dapat menyebabkan kandungan kolesterol yang tinggi. Namun, mayoritas kasus terjadi karena pola hidup yang kurang sehat. Berikut ini adalah berbagai penyebab kolesterol tinggi yang dikutip langsung dari situs P2PTM Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia:

- Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat (memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi), Contohnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.

- Kurang berolahraga atau beraktivitas.

- Kebiasaan merokok.

- Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

- Obesitas.

- Memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal.

- Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

1. Jambu Merah

Jambu merah adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan berbagai macam vitamin. Di dalam vitamin ini terdapat kandungan anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengkonsumsi jambu merah sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Kamu bisa langsung memakannya atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus.

2. Air Jeruk Nipis

Meminum air perasan jeruk nipis merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi yang alami dan efektif. Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid yang tinggi, yang bertindak sebagai anti-oksidan yang kuat. Senyawa ini efektif untuk membantu tubuhmu melawan bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kamu cukup mencampur air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan meminumnya secara rutin setiap pagi dan malam hari untuk membantumu mengatasi kolesterol tinggi.

3. Kulit Manggis

Cara mengatasi kolesterol tinggi yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi kulit manggis. Ya, kamu tidak hanya bisa mengkonsumsi daging buah manggis saja, tetapi juga kulitnya. Kulit manggis sendiri kaya akan kandungan xanthone. Kandungan ini merupakan zat anti-kanker dan anti-oksidan yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C dan E. Kamu bisa membeli ekstrak kulit manggis yang banyak beredar di pasaran ataupun juga memblender kulit manggis dan meminumnya secara langsung.

4. Jus Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan anti-oksidan. Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol yang terdapat di dalam buah ini menghasilkan fitonutrien yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Di samping itu, di dalam anggur juga terdapat kandungan flavonoid yang juga bertindak sebagai anti-oksidan yang kuat. Meminum jus anggur secara rutin sebanyak sehari sekali adalah salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang efektif.

5. Apel

Selain mengkonsumsi anggur, buah lain yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengatasi kolesterol ialah apel. Buah ini kaya akan kandungan pektin yang dapat membantu untuk menurunkan kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses. Di samping itu, apel juga kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan polifenol yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan. Serat apel juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

6. Pir

Cara mengatasi kolesterol tinggi yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi buah pir. Sama seperti apel, buah pir kaya akan kandungan serat, di antaranya adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. Konsumsilah buah ini secara rutin untuk membantumu efektif menurunkan kolesterol secara alami.

7. Pepaya

Mengkonsumsi pepaya secara rutin dan teratur juga dapat membantumu sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Pepaya dapat membantumu mengatasi masalah kesehatan ini karena tingginya kandungan antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E yang terdapat di dalam buah ini. Jika terjadi oksidasi, kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menutupi atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Kandungan vitamin E dan C dalam buah pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut sebagai paraxonase yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

8. Buah Beri

Buah-buahan beri kaya akan kandungan pektin yang dapat membantu untuk mengikat dan membuang kolesterol jahat yang terserap di usus halus. Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Di samping itu, buah beri juga kaya akan kandungan anti-oksidan polifenol yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi berbagai macam beri seperti strawberry, blueberry, dan cranberry sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang efektf.

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kandungan kolesterol tinggi dalam darah. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan glutathione, sebuah zat anti-oksidan yang baik untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

10. Brokoli

Mengkonsumsi sayur brokoli secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang efektif. Tingginya kandungan serat dalam brokoli dapat membantumu untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuhmu. Selain itu, brokoli juga dapat membantumu untuk membersihkan tubuh dari berbagai zat yang berbahaya bagi kesehatan. Supaya efektif menurunkan kolesterol, hindari menggunakan minyak untuk mengolah brokoli yang akan kamu konsumsi.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

11. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh kaya akan berbagai kandungan nutrisi, serat, dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya meliputi protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Biji-bijian utuh dapat membantumu untuk melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, biji-bijian juga dapat membantumu sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol yang efektif.

12. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat yang dapat membantu tubuh untuk menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Cara mengatasi kolesterol tinggi menggunakan oatmeal adalah dengan menyantapnya sebagai salah satu menu sarapan secara rutin.

13. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan omega-3. Lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan-ikanan seperti salmon terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolestrol baik sebanyak empat persen. Kolesterol baik tersebut dapat membantumu untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan. Konsumsilah salmon secara rutin sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang efektif.

14. Olahraga

Cara mengatasi kolesterol tinggi yang berikutnya adalah dengan berolah raga secara rutin. Salah satu penyebab dari tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh adalah jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Berolahraga secara rutin dapat membantumu untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik yang dapat membunuh kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu cukup melakukan berbagai olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang untuk membantumu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

15. Hindari Makanan Tinggi Lemak

Salah satu penyebab utama dari kolesterol tinggi ialah pola makan yang tidak sehat. Kandungan kolesterol dalam darah dapat meningkat secara drastis akibat makanan yang kamu konsumsi. Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi adalah salah satu penyebab dari meroketnya kadar kolesterol dalam darah. Oleh sebab itu, hindarilah makanan yang tinggi lemak sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi yang alami dan efektif.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS