Sukses

40 Objek Wisata di Semarang dan Sekitarnya yang Paling Hits, Alamnya Memesona

Objek wisata di Semarang seperti Lawang Sewu, Simpang Lima, Umbul Sidomukti, hingga Sam Poo Kong bahkan sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Objek wisata di Semarang  biasanya selalu ramai pengunjung, terutama di hari libur. Hal ini tidak mengherankan karena Semarang menawarka berbagai destinasi wisata yang menarik, mulai dari alam hingga budaya.

Objek wisata di Semarang menawarkan tempat yang lengkap, mulai dari alam hingga kawasan kota yang menarik. Semarang bahkan menawarkan wisata rekreasi, edukasi, sejarah, hingga wisata religi yang wajib kamu sambangi.

Objek wisata di Semarang seperti Lawang Sewu, Simpang Lima, Umbul Sidomukti, hingga Sam Poo Kong bahkan sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Belum lagi dengan wisata alamnya seperti gunung Ungaran, pantai Marina, hingga curug Lawe.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022) tentang objek wisata di Semarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Objek Wisata di Semarang

Brown Canyon

Brown Canyon merupakan bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang. Tempat ini merupakan bekas penambangan di Semarang. Brown Canyon kerap disebut Grand Canyon-nya Semarang. Brown Canyon memang memiliki tampilan mirip Grand Canyon dengang bukit-bukit batu yang menjulang tinggi.

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran merupakan objek wisata di Semarang yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Aksesnya sudah sangat baik dan untuk mendaki gunung tidak perlu keahlian tertentu, yang penting kamu menyiapkan tenaga dan perlengkapan yang memadai.

Tinggi Gunung Ungaran ini yaitu 2050 mdpl, relatif ringan bagi pendaki berpengalaman. Di sini kamu bisa berkemah dan menikmati pemandangan sunrise yang indah. Eksplorasi di puncak Ungaran juga menyenangkan karena ke mana pun kamu melihat, panorama alamnya luar biasa.

Vihara Buddhagaya

Objek wisata di Semarang yang bertema religi salah satunya adalah Vihara Buddhagaya Watugong. Di sini terdapat dua bangunan utama yang paling terkenal, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

Pantai Tirang

Objek wisata di Semarang ini dikenal memiliki suasana yang tenang dan damai. Cocok buat kamu yang sedang ingin bersantai. Tetapi, kamu juga bisa melakukan aktivitas tertentu jika bosan di pantai ini. Kamu bisa memancing, bermain air atau hanya sekedar melihat terumbu karang. Pantai Tirang berlokasi di Tugurejo, dan bisa diakses melalui empat jalur yaitu dari Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, Bandar Udara Ahmad Yani serta Terminal Bus Semarang.

Curug Semirang

Curug Semirang terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara, tepatnya di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Topografi sekitar kawasan wisata cocok untuk area tracking, sepeda gunung, dan olah raga gunung lainnya. Selama perjalanan, pengunjung diajak menikmati suasana perkebunan pala dan kopi di kanan kirinya.

Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu Nyonya Meneer adalah museum jamu pertama di Indonesia yang didirikan pada 18 Januari 1984. Museum Jamu Nyonya Meneer ini terbagi menjadi dua bagian, pertama bagian yang menyajikan produktivitas jamu, menyangkut produktivitas secara tradisional, termasuk beberapa patung yang menggambarkan produksi jamu dikala itu, serta bagian yang menyajikan barang koleksi pribadi Nyonya Meneer itu sendiri.

3 dari 7 halaman

Objek Wisata di Semarang

Lawang Sewu

Di Semarang, siapa yang tak kenal Lawang Sewu. Bangunan ikonik ini selalu jadi destinasi utama para wisatawan saat berada di Semarang. Objek wisata di Semarang satu ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda. Dinamakan Lawang Sewu karena pintu di bangunan ini sangat banyak.

Hutan Wisata Penggaron

Hutan Wisata Penggaron adalah salah satu objek wisata di Semarang yang memberikan kesejukan. Tempat wisata ini terletak di Desa Susuka, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Semarang. Di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti outbond, olahraga, dan latihan SAR hingga pramuka.

Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada juga bangunan tua yang terkenal di Kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Gereja Blenduk merupakan gereja Kristen Protestan dengan nama asli Gereja Immanuel Semarang. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur masa lampau yang megah.

Puri Maerokoco

Grand Maerakaca atau Puri Maerokoco kerap disebut sebagai Taman Mininya Jawa Tengah. Di sini terdapat berbagai miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia. Objek wisata di Semarang ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi edukasi untuk anak dan keluarga.

Hutan Mangrove Pantai Maron

Objek wisata di Semarang berikutnya adalah Hutan Mangrove Pantai Maron. Hutan mangrove ini juga cocok buat keluarga dan kamu yang suka berswafoto. Pasalnya salah satu destinasi wisata Semarang ini memiliki spot foto yang Instagramable. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti menyusuri jembatan bambu yang sudah disediakan, atau bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata alam satu ini.

Taman Tabanas

Taman Tabanas merupakan taman kota yang berada di Tanjakan Gombel Semarang. Taman ini begitu indah ketika dikunjungi pada malam hari. Dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian. Di sekitar Taman Tabanas juga sudah banyak kafe, restoran, dan hotel yang menawarkan lanskap kota Semarang dari ketinggian.

4 dari 7 halaman

Objek Wisata di Semarang

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan pantai yang paling terkenal di Semarang. Pantai Marina berlokasi di Jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu Muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco.

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar merupakan salah satu objek wisata di Semarang yang wajib dikunjungi pencinta durian. Kebun ini terletak di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati. Selainberwisata, tempat ini juga menyuguhkan edukasi mengenai berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam. Tidak perlu cemas, kamu bisa menikmati lebih dari 50 jenis durian langsung dari pohonnya.

Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Kota Semarang adalah salah satu jalan penghubung menuju Simpang Lima. Jalan Pahlawan sebenarnya menjadi pusat perkantoran pemerintah. Namun, kawasan ini juga menjadi tempat nongkrong warga pada malam hari khususnya akhir pekan. Di malam hari pengunjung bisa menikmati jajaran kuliner malam yang lezat.

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan galeri seni modern yang menampilkan karya seni kontemporer dalam interior serba putih minimalis. Objek wisata di Semarang ini berada di kawasan Kota Lama Semarang.

Goa Kreo

Wisata yang satu ini terletak di Jl Raya Goa Kreo, Kandri, Gn Pati, Semarang. Objek wisata di Semarang ini terbentuk dari alam yang terletak di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Selain terdapat jembatan yang instagenik, di sini kamu juga bisa sekaligus menikmati air terjun, goa, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang, dan beristirahat di Gazebo.

Pantai Baruna

Pantai Baruna merupakan objek wisata di Semarang yang tak kalah indah dari Pantai Marina. Pantai ini terkenal dengan padang ilalangnya yang hijau dan segar. Pantai Baruna terletak di kawasan Baruna, Semarang Tengah. Tepatnya berada di sisi timur Pantai Marina.

Curug Lawe

Curug Lawe merupakan air terjun di bawah Gunung Ungaran, terletak di area perkebunan cengkeh, sekitar 12 Km dari Kota Ungaran. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini menawarkan suasana alam yang masih alami dan sejuk. Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

5 dari 7 halaman

Objek Wisata di Semarang

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan objek wisata di Semarang yang sangat terkenal. Di sini pengunjung juga dapat menikmati ikan bakar di salah satu resto yang dapat menampung kapasitas besar, menginap di pondok wisata dan menikmati panorama alam pegunungan yang asri.

Simpang Lima

Simpang Lima Semarang merupakan pusat Alun-alun kebanggaan Semarang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktu luang. Simpang lima merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Nasional 14, Jl. Pahlawan Nasional 14, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah berada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari. Masjid ini merupakan masjid megah kebanggaan warga Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun dengan perpaduan arsitektur antara Jawa, Roma, Arab dan memiliki 6 payung yang bisa membuka dan menutup sendiri.

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara.

Kebun Binatang Mangkang

Kebun binatang Mangkang merupakan salah satu objek wisata di Semarang yang menjadi tempat favorit wisatawan. Kebun binatang ini terletak di Jl. Walisongo KM 16, tepatnya di seberang terminal Mangkang. Di sini terdapat ratusan koleksi satwa. Selain itu terdapat beragam wahana untuk berekreasi.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Museum perkembangan Islam Jawa Tengah merupakan sebuah museum yang mencatat perkembangan agama Islam di Jawa Tengah serta menyimpan barang-barang peninggalan sejarah selama penyebaran agama Islam di Jawa Tengah. Museum perkembangan Islam Jawa Tengah berada di komplek Masjid Agung Jawa Tengah, tepatnya di lantai 2 dan 3 Menara Al Husna.

6 dari 7 halaman

Objek Wisata di Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong

Objek wisata di Semarang bertemakan religi yang paling terkenal tentunya adalah Sam Poo Kong. Kelenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan beragam ornamen khas Tiongkok.

Kota Lama

Kawasan Kota Lama merupakan lokasi ikonis di Semarang. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial. Objek wisata di Semarang ini bahkan sering disebut sebagai "Little Netherland". Meski sudah berusia 200 hingga 300 tahun, bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang tetap berdiri kokoh dan megah.

Curug Benowo

Curug Benowo merupakan air terjun yang terletak di Lereng Gunung Ungaran tepatnya di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat. Curug Benowo menawarkan suasana segar khas pegunungan. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Objek wisata di Semarang ini menawarkan wisata sejarah yang sejuk dan tenang.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa atau juga disebut dengan Benteng Fort Willem I merupakan bangunan bersejarah di Ambarawa, Semarang. Dinamakan Benteng Pendem karena awalnya benteng ini didesain berada di bawah tanah atau terkubur, sebagai siasat perang.

Museum MURI

Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI didirikan oleh Jaya Suprana di Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Semarang. museum ini sudah mengoleksi lebih dari 1.300 rekor.

Candi Tugu

Candi Tugurejo Semarang berada di Kecamatan Tugu, Kelurahan Tugurejo. Di tempat ini konon adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Candi Tugurejo memiliki dua gapura atau dua pintu masuk. Dan di samping kanan kiri terdapat relief yang menyimbolkan sosok perempuan dan sosok brahmana. Di sekitar candi yang paling bawah terdapat ruang yang nampaknya dapat digunakan untuk semedi.

7 dari 7 halaman

Objek Wisata di Semarang

Banjir Kanal Barat

Objek wisata di Semarang yang tak kalah populer adalah Banjir Kanal Barat. Banjir Kanal Barat merupakan sungai yang direvitalisasi menjadi ramah pengunjung. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya Bridge Fountain. Pada malam hari Bridge Fountain menampilkan warna-warni lampu yang seperti air mancur.

Tugu Muda

Tugu Muda merupakan tempat berkumpulnya warga Semarang untuk sekadar melepas penat. Tugu Muda tepat berada di depan Lawang Sewu. Jadi, setelah puas berkeliling Lawang Sewu, kamu bisa bersantai sejenak di Tugu Muda.

Pasar Semawis

Kawasan Pasar Semawis merupakan kawasan pecinan Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Pasar Semawis berlokasi di Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah. Di Pasar Semawis pengunjung dapat menemukan pasar malam yang menjual berbagai jenis kuliner serta oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini hadir tiap akhir pekan (jumat, sabtu, dan minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB.

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau alami yang merupakan cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini berada di 4 kecamatan yakni Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Banyubiru. Rawa Pening menawarkan birunya air danau dengan dihiasi tanaman enceng gondok di setiap sudutnya.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan objek wisata di Semarang yang cocok untuk berekreasi. Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno. Di sini Anda juga bisa menaiki langsung kereta dengan rute Ambarawa – Bedono serta Ambarawa – Tuntang.

Kampung Pelangi

Objek wisata di Semarang memiliki Kampung Pelangi yang terletak di dusun Wonosari dan tidak jauh dari Lawang Sewu. Ketika kamu berkunjung ke kampung Pelangi, dari jauh sudah terlihat warna-warni rumah yang memiliki cat berwarna-warni dengan berbagai gambar dan tulisan yang menarik. Kampung Pelangi di Semarang ini termasuk baru, karena dulunya Kampung ini adalah deretan perkampungan yang bisa kumuh.

Gunung Telomoyo

Bagi pencinta gunung, Telomoyo adalah objek wisata di Semarang yang juga sangat direkomendasikan. Keindahan gunung Telomoyo bisa kamu nikmati dengan cukup mudah karena kamu bisa mencapai puncaknya dengan sepeda motor dan mobil hanya dengan waktu kurang lebih 30 menit dari pintu pos. Bahkan, jalannya pun sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Tidak perlu takut, jalannya sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Di puncak terdapat stasiun pemancar, antena dan juga tower yang masih beroperasi hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.