Sukses

Cara Membuat Surat Izin Sekolah dan Contohnya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat surat izin sekolah perlu dipahami oleh setiap siswa maupun orang tua. Pasalnya, di sekolah cara ini masih banyak digunakan. Membuat surat izin sekolah tetap dilakukan karena dianggap lebih sopan dan formal.

Cara membuat surat izin sekolah ini berguna saat seorang siswa berhalagan hadir di dalam kelas. Surat izin sekolah tentunya bisa dibuat tergantung alasan kamu tidak masuk, seperti sedang sakit atau karena urusan keluarga.

Cara membuat surat izin sekolah tidak begitu sulit dibuat. Formatnya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat formal yang biasa kamu lihat. Isi dari surat tentunya adalah permohonan izin seorang siswa untuk tidak masuk sekolah pada hari tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022) tentang cara membuat surat izin sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Cara membuat surat izin sekolah cukup mudah, karena kamu hanya perlu memohon izin untuk tidak datang ke sekolah pada hari itu. Cara membuat surat izin sekolah paling penting adalah mengenali unsur-unsurnya. Kamu perlu memperhatikan unsur-unsur ini dalam cara membuat surat izin sekolah:

1. Tujuan pengiriman surat. Tujuan yang dimaksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi kepada siapa surat ini ditujukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas, atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2. Alasan izin. Dalam cara membuat surat izin sekolah, unsur ini sangat penting. Hal ini karena unsur inilah yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat diterima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3. Tanggal dan tempat pembuatan surat

4. Alamat tujuan

5. Salam pembuka

6. Kalimat pembuka surat

7. Isi dalam surat

8. Salam penutup surat

9. Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya ditulis dan dibuat oleh pribadi, surat izin sekolah bisa dikatakan surat yang resmi. Oleh karena itu, dalam cara membuat surat izin sekolah sebaiknya ditulis secara jelas dan baku.

Sebelum mengenali contohnya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam cara membuat surat izin sekolah, yaitu:

- Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

- Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

- Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan pena yang dipakai berwarna hitam.

- Cara membuat surat izin sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

3 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Sekolah dari Orang Tua

Setelah mengenali cara membuat surat izin sekolah, kamu tentunya perlu melihat contohnya. Berikut contoh surat izin sekolah dari orang tua:

 

Yogyakarta, 15 Agustus 2022

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-5

SMA ...........

di Tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ..................

Kelas        : X-5

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347

 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 15 Agustus 2022 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-5 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

 

Ajo Kawir

4 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Sekolah karena Menghadiri Pernikahan Saudara

Setelah mengenali cara membuat surat izin sekolah, kamu tentunya perlu melihat contohnya. Berikut contoh surat izin sekolah karena menghadiri pernikahan saudara:

 

Bantul, 15 Agustus 2022

 

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Bantul

di Bantul

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :

 

Nama       : Alamanda

Kelas        : XI IPA 7

NISN       : 9877690

 

Memberitahukan bahwa putri saya tersebut tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 7 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Orang Tua Siswa,

 

Dewi Ayu

5 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Setelah mengenali cara membuat surat izin sekolah, kamu tentunya perlu melihat contohnya. Berikut contoh surat izin sekolah dengan surat keterangan dokter:

 

Sleman, 15 Agustus 2022

 

Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Sleman

Jl. Pendidikan No. 1

Sleman

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari:

 

Nama       : Krisan

Kelas        : XII IPA 7

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021

 

Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

 

Kamerad Kliwon

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS