Sukses

Apa Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bhinneka Tunggal Ika adalah “beranekaragam itu satu” atau berbeda-beda tetapi satu juga.

Liputan6.com, Jakarta Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika? meskipun semboyan negara yang dianut banga Indonesia, namun masih banyak orang yang lupa bahkan dak paham apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Mengetahui apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika sangatlah penting bagi warga Indonesia. Bagi bangsa Indonesia, apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya sekedar semboyan yang harus selalu dipegang teguh, tetapi juga berperan penting dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan apabila mengacu pada arti secara harfiahnya, pengertian Bhinneka Tunggal Ika adalah “beranekaragam itu satu” atau berbeda-beda tetapi satu juga. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika dapat menyatukan perbedaan antara suku, agama, dan budaya beragam yang ada di Indonesia.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Bhinneka Tunggal Ika

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan pengertian Bhinneka Tunggal Ika dari kata Bhinneka Tunggal Ika adalah dari kata (frasa) dalam Kakawin Sutasoma (syair bahasa Jawa Kuno).

Kakawin Sutasoma merupakan karangan Mpu Tantular yang dituliskan menggunakan bahasa Jawa kuno dengan aksara Bali. Kakawin Sutasoma dikarang pada abad ke-14. Dijelaskan, kutipan frasa “Bhinneka Tunggal Ika” terdapat dalam petikan pupuh 139 bait 5 pada Kakawin Sutasoma.

“’Bhinna ika tunggal ika, tan hana dharma mangrwa’, yang berarti berbeda-beda itu, satu itu, tak ada pengabdian yang mendua,” isi kutipan istilah Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Kakawin Sutasoma melansir dalam jurnal Persepsi Bhinneka Tunggal Ika oleh Citra Hepatica Muslimah dan Triwahyuningsih.

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika adalah berasal dari kata Bhinneka dengan arti “beranekaragam.” Kata tunggal berarti “satu” dan ika berarti “itu.” Apabila mengacu pada arti secara harfiahnya, pengertian Bhinneka Tunggal Ika adalah “beranekaragam itu satu” atau berbeda-beda tetapi satu juga.

Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, rasa, suku bangsa, agama, bahasa daerah, dan kepercayaan.

3 dari 4 halaman

Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah menggambarkan kondisi Indonesia yang memiliki banyak perbedaan tetapi bangsa ini tetap akan menjadi satu bangsa yang kuat dalam persatuan dan kesatuan.

Dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu kesatuan. Indonesia yang punya banyak keragaman perlu wadah untuk menyatukan perbedaan. Wadah tersebut adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Sedangkan, dalam jurnal berjudul Bhinneka Tunggal Ika: Dalam Perspektif Filsafat Analitik karya Rizal Mustansyir, apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika menegaskan keanekaragaman di berbagai aspek kehidupanlah yang menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu dan utuh.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah sebagai berikut ini:

1. Pendorong Lahirnya Nasionalisme Indonesia

Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah pendorong lahirnya nasionalisme Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu juga. Maksudnya adalah bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang bermacam-macam serta beraneka ragam kepulauan wilayah negara Indonesia.

Namun, keseluruhannya itu merupakan suatu persatuan, yaitu bangsa dan negara Indonesia. Bukanlah perbedaan yang bertentangan, tetapi satu kebersamaan yang justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia.

4 dari 4 halaman

Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

2. Penyemangat Membangun Indonesia Lebih Maju

Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang selanjutnya adalah menjadi penyemangat membangun Indonesia lebih maju. Bhinneka Tuggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

a. Hidup saling menghargai antar masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit, dan lain-lain.

b. Menumbuhkan kesadaran sikap untuk menjaga Bhinneka tunggal Ika agar keberagaman bangsa tidak mengarah kepada kekacauan atau sikap hanya mementingkan diri sendiri atau daerahnya sendiri tanpa peduli kepentingan bersama.

c. Menjaga persatuan bangsa dan negara Indonesia.

d. Meneruskan pejuangan para pendahulu untuk tetap menyatukan wilayah republik Indonesia menjadi wilayah kesatuan.

e. Menghindari sikap negatif, seperti sukuisme, saparatisme, fanatisme agama secara sempit, rasisme, bahkan nasionalisme sempit atau chauvinisme.

f. Meningkatkan identitas dan kebangaan sebagai bangsa Indonesia.

g. Meningkatkan nilai kegotongroyongan dan solidaritas.

3. Benteng Persatuan Bangsa dan Negara Indonesia di Era Globalisasi

Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah bagian dari benteng persatuan bangsa dan negara Indonesia di era globalisasi. Saat ini banyak kalangan menilai bangsa Indonesia mengalami kemunduran persatuan dan kesatuan. Penyebabnya adalah ketimpangan sosial.

Lalu kesenjangan ekonomi, belum stabilnya kondisi politik pemerintahan, dan dampak buruk globalisasi yang membawa kebudayaan-kebudayaan baru menjadikan komposisi kebudayaan masyarakat jadi lebih kompleks atau rumit. Ini menyebabkan terjadinya penyimpangan kebudayaan di masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.