Sukses

7 Potret Lukisan Renda Rajut di Tempat Umum Ini Percantik Kota, Bikin Betah

Liputan6.com, Jakarta Renda sudah dikenal di dunia fashion berkat fungsinya yang mampu menambah nilai estetik. Renda rajut kini terlihat biasa karena mudah dijumpai dalam menghias pakaian terutama gaun wanita. Namun lebih dari itu, renda mampu menjadi karya seni indah berupa lukisan tempat umum. 

Melihat deretan foto karya seni renda di tempat umum ini sukses mencuri perhatian. Tak sedikit para penghuni kota makin betah dengan karya seni lukis renda ini. Mulai dari tembok, pagar, hingga pohon sukses dihias rapi nan indah dengan identitas renda rajut. 

Bagi para pegiat seni, instalasi lukisan renda rajut ini punya makna yang mendalam. Pertama rajutan renda merupakan puisi visual murni. Di setiap renda, kita menemukan simetri, semacam keteraturan dan harmoni. Mulai dari membuat tali pengikat menjadi nilai ikatan emosional yang membutuhkan waktu, perhatian, dan kesabaran. 

Sedangkan bagi pengguna jalan, warga dan wisatawan, seni lukisan renda rajut di tempat umum ini menambah kecantikan kota. Layaknya batik dari Indonesia, renda yang berasal dari bahasa Portugis ini punya motifnya masing-masing.

Berikut Liputan6.com merangkum potret lukisan renda rajut di tempat umum melansir dari Bored Panda, Selasa (16/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Mirip dengan batik renda dibuat dengan cara dirajut membentuk pola indah seperti yang dilukis dalam tembok kota ini.

3 dari 8 halaman

2. Di Póvoa De Atalaia, Portugal, renda jadi identitas kota mereka yang mudah dijumpai lukisan renda hingga pabrik renda asli.

4 dari 8 halaman

3. Lukisan renda rajut di Calais, Prancis ini nampaknya bisa dijadikan lokasi apik untuk bermeditasi sembari mengagumi keindahan motif renda.

5 dari 8 halaman

4. Sama seperti lukisan mural, lukisan renda di tembok Borås, Swedia ini jadi nilai tambah estetika kota.

6 dari 8 halaman

5. Tak hanya di dalam ruangan, lukisan renda rajut juga banyak dijumpai di dalam gedung, makin betah melihatnya.

7 dari 8 halaman

6. Begitu pula dengan jendela besi tua ini, perpaduan karat cokelat besi dengan lekukan motif bunga dan daun renda terlihat menarik.

8 dari 8 halaman

7. Bahkan ada juga instalasi renda rajut 3 dimensi yang menghias gang sudut kota Gdańsk, Polandia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS