Sukses

12 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Atasi Diabetes Hingga Asam Lambung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lidah buaya untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya. Meskipun terkenal dengan kemampuannya dalam mengatasi iritasi pada kulit, namun lidah buaya dapat dimanfaatkan juga untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangat banyak, hal ini karena jaringan seperti gelnya kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan asam amino yang manjur untuk menjaga kesehatan. Bagian lidah buaya yang paling memiliki banyak manfaat adalah bagian dalam yang bening dan dingin. Dimana bagian ini bersifat antiseptik, antipruritic, anestetik, antijamur, antiinflamasi, dan afrodisiak.

Banyaknya manfaat lidah buaya untuk kesehatan, membuat tumbuhan ini menjadi salah satu bahan dasar dari obat tradisional yang telah digunakan sejak jaman dahulu. Mulai dari untuk menjaga diabetes hingga untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022) tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Plak Gigi

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengurangi plak gigi. Obat kumur lidah buaya tidak hanya menyegarkan nafas namun juga mengurangi plak pada gigi. peneliti dari India menemukan.

Sebagai alternatif, cobalah pasta gigi berbasis gel lidah buaya. Mencuci mulut dengan jus lidah buaya beberapa kali sehari dapat menyembuhkan infeksi yang membandel. Blender gel segar daun tanpa kulit atau air apa pun, dan kumur.

 

2. Meringankan Sembelit

Sembelit didefinisikan sebagai kurang dari tiga buang air besar seminggu, dalam hal ini lidah buaya bertindak sebagai pencahar alami melalui dua mekanisme - memberikan hidrasi dengan kandungan airnya yang tinggi, dan mengandung antrakuinon, yang bertindak sebagai pencahar stimulan.

Penelitian lain menunjukan manfaat terapeutik lidah buaya untuk mengatasi masalah pencernaan yang dominan konstipasi atau konstipasi fungsional. Dari 151 peserta yang dianalisis, mereka yang menerima ekstrak lidah buaya untuk sindrom iritasi usus besar mengalami penurunan gejala sakit pencernaan yang signifikan dibandingkan dengan yang tidak.

 

3. Menurunkan Gula Darah

Mengambil dua sendok makan jus lidah buaya telah terbukti mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Senyawa dalam tanaman ini meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan sel-sel tubuh menggunakan gula darah lebih efektif.

Hasilnya, para penderita diabetes akan lebih sedikit mengonsumsi gula yang berbahaya bagi mereka, mengurangi rasa lapar dan lebih mudah kehilangan lemak dari tubuh. Dalam sebuah penelitian lain menunjukan pasien pra-diabetes kehilangan hampir satu kilo lemak dan memperoleh setengah kilo massa tubuh tanpa lemak dalam delapan minggu setelah mengonsumsi sup gel lidah buaya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang berikutnya adalah meningkatkan metabolisme. Lidah buaya mengaktifkan enzim yang disebut AMP-activated muscle protein kinase (AMPK), yang mengatur metabolisme tubuh. Dalam sebuah penelitian lain menunjukan tikus yang diberi makan gel lidah buaya kering mengalami penurunan lemak tubuh karena suplemen tersebut meningkatkan jumlah kalori yang mereka bakar.

 

5. Mengobati Sariawan

Banyak orang mengalami sariawan, Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut, dan bertahan sekitar seminggu atau lebih. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Penelitian menunjukan dalam 7 hari 180 orang dengan sariawan berulang, menerapkan patch lidah buaya ke daerah yang terkena sariawan dan hal ini secara efektif dapat mengurangi ukuran sariawan. Gel lidah buaya tidak hanya mempercepat penyembuhan sariawan, tetapi juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengannya.

 

6. Anti-Penuaan

Sterol dalam lidah buaya merangsang produksi kolagen dan asam hialuronat yang berfungsi untuk mengencangkan wajah serta mengikat kelembaban ke dalam kulit dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan.

Dalam sebuah penelitian wanita yang mengonsumsi gel lidah buaya dosis rendah selama 56 hari mengalami peningkatan 'signifikan' pada berkurangnya kerutan dan bertambahnya elastisitas wajah. Selain itu lidah buaya juga memperbaiki kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet (UV), yang bertanggung jawab hingga 80 persen dari tanda-tanda penuaan dini.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

7. Memperbaiki Gejala Diabetes

Manfaat lidah buaya untuk kesehatn yang selanjutnya adalah menjaga gejala diabetes. Gel dan jus lidah buaya telah terbukti berhasil mengurangi kadar gula darah dalam penelitian pada manusia, yang menyebabkan resistensi insulin pada orang dengan diabetes tipe dua.

Dalam penelitian pada manusia dan hewan, gel lidah buaya membantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, lidah buaya juga telah terbukti mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin dengan mengaktifkan AMP-activated muscle protein kinase (AMPK), enzim yang bertanggung jawab untuk metabolisme glukosa dan lemak.

 

8. Mengurangi Peradangan dan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya mengandung bahan yang dapat memiliki efek anti-inflamasi atau meredakan peradangan yang dialami oleh tubuh. Hal ini karena lidah buaya mengandung zat termasuk antrakuinon, enzim tertentu, hormon, asam lemak, dan asam salisilat yang dapat membalikkan peradangan.

Mereka mungkin melakukan ini dengan merangsang sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan kolagen, atau dengan menghalangi iritasi. Beberapa agen anti-inflamasi ini mungkin juga memiliki efek antiseptik dan analgesik atau mengurangi rasa sakit.

Selain itu, gula tertentu yang ditemukan dalam lidah buaya mungkin memiliki efek imunomodulasi, yang berarti dapat membantu mendukung kekebalan dengan meningkatkan fungsi antibodi.

 

9. Padat Nutrisi

Lidah buaya menyediakan banyak zat gizi, termasuk vitamin, vitamin antioksidan, dan asam amino. Lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, E, dan beberapa vitamin B, serta asam folat. Vitamin A, C, dan E adalah vitamin dengan efek antioksidan, artinya dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, lidah buaya mengandung sembilan belas dari dua puluh asam amino yang diperlukan untuk kesehatan, dan tujuh dari delapan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri dan harus kita konsumsi melalui makanan kita.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

10. Mencegah Kanker

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah kanker. Lidah buaya memiliki sifat antikanker, yang kemudian penggunaan lidah buaya dalam pencegahan kanker. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker juga telah mengklasifikasikan secara khusus ekstrak daun lidah buaya sebagai karsinogen potensial.

Sebuah studi yang dilakukan juga turut menunjukkan bahwa ekstrak kasar lidah buaya membantu mencegah pertumbuhan sel kanker payudara dan serviks dan meningkatkan kemanjuran terapi obat konvensional, seperti cisplatin.

 

11. Menyembuhkan Luka Bakar

Karena khasiatnya yang bermanfaat bagi kulit, lidah buaya juga berpotensi membantu penyembuhan luka bakar. Penggunaan lidah buaya untuk mempromosikan penyembuhan luka bakar karena dampaknya pada kolagen dalam tubuh, yang penting untuk penyembuhan.

Lidah buaya juga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka bakar. Lidah buaya juga memiliki efek positif pada luka baring dan bisul, atau luka akibat kondisi seperti herpes , psoriasis dan diabetes.

 

12. Menghilangkan Ketombe

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang berikutnya adalah menghilangkan ketombe. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang satu ini seringkali membuat kulit kepala menjadi tidak nyaman karena area kepala menjadi lebih gatal.

Ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari produksi minyak yang berlebihan, adanya sel mati di kepala, hingga infeksi di kepala. Manfaat lidah buaya untuk menghilangkan ketombe disini karena bahan alami ini memiliki sifat anti mikroba dan bisa mengatasi infeksi serta menenangkan kulit kepala.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS