Sukses

12 Manfaat Jus Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus buah naga merah tidak hanya manis dan menyegarkan saat dikonsumsi, namun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Buah tropis ini dikenal dengan kulit tebal dan merahnya ini makin digemari banyak orang, karena daging buahnya yang kaya air sangat cocok diolah menjadi jus segar.

Terdapat dua jenis buah naga yang bisa dijumpai, buah naga berdaging putih dan berdaging merah. Keduanya sama-sama bernutrisi. Akan tetapi buah naga merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi. Hal ini membuat banyak orang tidak ragu untuk mengonsumsi serta mendapatkan manfaat jus buah naga. 

Warna merah pada buah naga juga didapatkan karena kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin merupakan antioksidan kuat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat jus buah naga bisa dikonsumsi oleh siapa saja, namun dengan porsi yang wajar. 

Berikut ini manfaat jus buah naga yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Buah Naga

1. Sehatkan kulit

Manfaat jus buah naga juga mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Vitamin C yang terkandung, terbukti mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan memperbaiki kulit. Vitamin C juga membantu meningkatkan elastisitas kulit. Buah naga juga mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-penuaan. Antioksidan ini juga membantu menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Senyawa dalam buah naga juga dikatakan mengontrol produksi sebum dan membantu mengendalikan jerawat.

2. Melembapkan kulit

Manfaat jus buah naga juga dapat melembapkan kulit secara alami. Apalagi bagi yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, polusi, dan debu. Salah satu jenis yang direkomendasikan adalah buah naga merah. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E, dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan. Selain dikonsumsi juga bisa digunakan sebagai masker untuk kulit. 

3. Meregenerasi kulit

Manfaat jus buah naga juga membantu mempercepat regenerasi, apalagi wanita kerap mengalami penundaan regenerasi karena penggunaan makeup-nya. Percepat proses regenerasi kulit wajah agar tampak lebih cerah selain dikonsumsi, bisa juga dilakukan dengan mengaplikasikan masker buah naga ke kulit wajah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Buah Naga

4. Kaya serat

Satu gelas jus buah naga merah merupakan sumber serat yang sempurna. Walaupun seratnya mungkin paling terkenal karena perannya dalam pencernaan, akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa serat juga dapat berperan dalam melindungi terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 serta mempertahankan berat badan yang sehat.

5. Sehatkan mata

Buah naga merah yang kaya akan karotenoid berfungsi secara baik untuk mata. Beta-karoten sangat penting untuk kesehatan mata yang baik. Kehadiran beta-karoten dalam buah naga dapat membantu meningkatkan penglihatan serta mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

6. Baik untuk kehamilan

Manfaat jus buah naga, sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Buah naga kaya akan zat besi, sehingga dengan mengonsumsinya selama kehamilan dapat membantu mencegah anemia. Jus buah naga juga mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Nutrisi ini dapat membantu sirkulasi darah, pembentukan tulang, serta untuk kesehatan otak janin. Antioksidan pada buah naga juga membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, serta membantu perkembangan otak janin.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Buah Naga

7. Sehatkan otak

Manfaat jus buah naga yang mengandung magnesium, mampu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi otak. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan risiko degenerasi saraf. Jus buah naga merah juga diteliti mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

8. Bantu turunkan berat badan

Dalam studi pada tikus, Betacyanin yang ditemukan dalam buah naga merah dapat membantu mengelola diabetes, serta mencegah obesitas dengan mengatur pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus. Buah naga yang rendah kalori dan tinggi serat, memiliki kandungan serat dan air yang tinggi dari buah naga, sehingga dapat membantu tubuh kenyang untuk waktu yang lebih lama.

9. Cegah anemia

Manfaat jus buah naga berikutnya, dapat mencegah penyakit anemia. Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Zat besi ini berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat dikaitkan dengan anemia defisiensi besi. Konsumsi jus buah naga merah dapat mencegah timbulnya anemia. Vitamin C dalam buah naga juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi secara maksimal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jus Buah Naga

10. Sehatkan pencernaan

Manfaat jus buah naga sangat baik untuk menyehatkan pencernaan. Buah naga yang kaya akan serat membantu melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi serat yang cukup, maka dapat mencegah sembelit, diare, hingga masalah pencernaan lainnya. Buah naga juga merupakan prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus. Prebiotik merupakan jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Secara khusus, buah naga membantu pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, baik bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

11. Sehatkan jantung

Manfaat jus buah naga merah sangat berperan dalam menyehatkan jantung. Buah naga yang mengandung magnesium tinggi, serta asupan magnesium yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Beta-karoten dan likopen, merupakan pigmen tanaman yang memberi warna cerah pada buah naga. Diet kaya karoten telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker dan penyakit jantung. Biji buah naga juga merupakan sumber asam lemak dengan esensial tak jenuh seperti asam linoleat. Lemak baik ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Serat dalam jus buah juga secara positif terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

12. Kuatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi penting ini mampu mencegah infeksi serta melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS