Sukses

1 Kodi Berapa Buah? Ketahui Cara Menghitung dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta 1 kodi berapa buah merupakan pertanyaan yang kerap kali ditanyakan dalam perhitungan barang yang ingin dijual atau dibeli. Satuan kodi merupakan salah satu konversi satuan matematika yang telah dipelajari dan diajarkan pada tingkat sekolah dasar dan sering digunakan dalam kegiatan transaksi jual beli setiap harinya.

Pertanyaan 1 kodi berapa buah juga diterapkan untuk berbagai macam benda yang bisa dihitung jumlahnya seperti kayu, kain, pakaian, sepatu, tas dan lain sebagainya. Dalam perhitungan transaksi jual beli ini, satuan yang umum digunakan selain kodi, umumnya juga mencangkup satuan matematika lain yaitu lusin, gross dan rim.

Perlu diingat bahwa satuan ini tetap dan memiliki aturan sendiri untuk menghitungnya. Sehingga untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan 1 kodi ada berapa buah? 2 kodi berapa buah? Atau pertanyaan lainnya, anda cukup menghitungnya dengan mengetahui aturan dasar yang kemudian dikalikan dengan angka yang ditanyakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini rangkuman yang Liputan6.com buat dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022) tentang jawaban dari 1 kodi berapa buah, cara menghitung serta contoh langsungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kodi

Pengertian Kodi

Dilansir dari KBBI, pengertian kodi adalah satuan jumlah 20 buah, potong, helai atau sebagainya. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan untuk jawaban dari 1 kodi berapa buah, yaitu ada 20 buah. Satuan kodi biasa digunakan ketika hendak melakukan suatu transaksi jual beli dalam jumlah yang banyak ataupun dengan kemasan.

Contohnya seperti benda yang biasa dihitung dalam satuan kodi tersebut ialah yang mempunyai jumlah banyak yaitu seperti kayu, baju, bambu, sate dan lain sebagainya. Dan bisa juga digunakan untuk barang – barang partai besar (grosir) yaitu seperti pakaian, sepatu, tekstil, kecap, dan banyak lagi lainnya.

Selain kodi terdapat satuan lain yaitu lusin, kodi, gross, dan juga rim ialah merupakan satuan jumlah atau hitung dalam matematika yang sering kali dipakai ketika proses transaksi jual beli pada suatu barang.

3 dari 4 halaman

Jenis Satuan Matematika

Jenis Satuan Matematika

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini pengertian dan perhitungan jumlah dari setiap satuan yang ada. Mulai dari satuan kodi, gross, rim dan lusin.

1. Satuan Kodi

Pada umumnya satuan kodi ini sering digunakan untuk menjelaskan jumlah ataupun total dari keseluruhan barang misalnya seperti tas, sepatu, baju, mainan anak, dan lainnya. 1 kodi berapa buah adalah 20 buah.

 

2. Satuan Gross

Mungkin ada beberapa dari kalian yang jarang bahkan sama sekali tidak pernah mendengar istilah dari satuan gross. Satuan gross ialah merupakan konversi dari satuan lusin, satu gross yaitu sama dengan 12 lusin. Apabila dinyatakan dalam bentuk jumlah maka akan menjadi 144 buah, contohnya seperti : Ayah dan ibu membeli satu gross baju itu artinya jumlah baju yang ibu beli itu sama dengan 144 baju.

 

3. Satuan Rim

Umumnya satuan rim ini dipakai untuk menyatakan jumlah barang contohnya yaitu seperti kertas, maka satu rim itu sama dengan 500 lembar.

 

4. Satuan Lusin

Kebanyakan satuan lusin ini sering kali dipakai untuk menjelaskan suatu jumlah maupun total dari keseluruhan barang. Dan juga terhadap benda yang dibeli yaitu contohnya seperti : Piring, gelas, pensil, buku, penghapus, lilin, dan lain sebagainya. Kata lusin ini mempunyai asal kata dari bahasa Belanda yaitu serapan atau dozijin yang artinya adalah 12. Sedangkan dalam bahasa inggris ini lusin ialah dozen yang artinya sama yaitu 12, jadi 1 lusin itu = 12 buah.

4 dari 4 halaman

Contoh soal dan jawaban konversi satuan matematika

Contoh soal dan jawaban konversi satuan matematika

Untuk memahami lebih dalam lagi tentang satuan matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam transaksi jual beli, berikut ini soal dan jawaban dari 1 kodi berapa buah.

 

Contoh Soal 1:

4 Kodi berapa buah ?

Jawabannya :

1 Kodi ialah 20 Buah, maka kalau 4 kodi dikali 20 = 80 Buah.

 

Contoh Soal 2 :

5 kodi ditambah 2 lusin jadi berapa buah ?

Jawabannya :

Lima kodi = 5 x 20 = 100 buah dan dua lusin = 2 x 12 = 24 buah.

Jadi 100 ditambah 24 = 124 buah.

 

Contoh Soal 3 :

Sebuah mobil mengangkut 80 lembar triplek. Berapa kodi jumlah triplek yang diangkut dalam mobil tersebut?

Jawaban:

80 buah : 20 = 4 kodi triplek

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS