Sukses

7 Contoh Gambar Poster, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh gambar poster mungkin sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Poster adalah sebuah plakat yang mungkin sudah sering kamu temukan di tempat umum. Menurut KBBI, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).

Secara umum poster bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak, dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut. Namun, secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuatnya. Bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Contoh gambar poster perlu kamu kenali beserta jenis-jenisnya, agar kamu paham tujuan dan manfaatnya. Tentunya setiap jenis poster memiliki tujuannya masing-masing. Biasanya, penyampaian informasi dari poster bisa dilakukan dengan memadukan antara gambar, grafis, dan tulisan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022) tentang contoh gambar poster.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Mengenal Poster

Sebelum mengenal contoh gambar poster, kamu perlu paham apa itu poster terlebih dahulu. Poster biasanya berupa pengumuman atau iklan. Poster adalah pemberitahuan atau gambar tercetak besar yang ditempel di dinding untuk mengumumkan atau mengiklankan sesuatu. Melansir Ensiklopedia Britannica, poster adalah pengumuman kertas cetak atau iklan yang dipertontonkan secara umum. Baik mempromosikan produk, acara, atau sentimen (seperti patriotisme), poster harus segera menarik perhatian orang yang lewat.

Poster biasanya terdiri dari kombinasi komponen teks dan gambar. Di zaman modern ini, poster biasanya digunakan sebagai bentuk iklan, tetapi juga digunakan oleh pengunjuk rasa dan propagandis untuk menyampaikan pesan tertentu. Poster biasanya dirancang untuk mengirim pesan, tetapi juga harus secara estetika menarik perhatian.

Poster memiliki tujuan utama untuk menarik perhatian, menginformasikan, meyakinkan, dan memprovokasi. Jika audiens merasa terpanggil, poster dapat memengaruhi keputusannya melalui teks dan gambar. Contoh gambar poster yang dirancang secara optimal akan menarik keingintahuan audiens, dan juga secara tidak sadar sisi emosionalnya.

Reaksi audiens terhadap poster bergantung pada minat, kecenderungan, dan terutama situasi sosialnya. Akibatnya, setiap audiens dapat menafsirkan poster secara berbeda, berdasarkan asalnya, latar belakang, dan realitas sosial serta politik.

3 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Poster

Ciri-ciri contoh gambar poster adalah sebagai berikut:

- Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.

- Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat menarik perhatian.

- Berisikan kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca

- Poster biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada didalamnya.

- Biasanya poster di pasang ditempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya ditempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar dan lain-lain.

- Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.

Syarat Poster yang Bagus

Syarat poster yang bagus adalah sebagai berikut:

- Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.

- Kalimat pada poster harus singkat, jelas dan padat.

- Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.

- Dibuat semanarik mungkin, supaya menarik perhatian banyak orang.

- Poster harus ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat yang ramai.

- Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualiatas yang baik, supaya tidak cepat rusak.

4 dari 8 halaman

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya

Jenis-jenis contoh gambar poster dapat dibagi berdasarkan isinya. Jenis-jenis poster berdasarkan isinya yaitu:

- Poster Niaga. Poster niaga adalah poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen kepada masyarakat. Poster ini sering digunakan produsen untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan.

- Poster Layanan Masyarakat. Poster layanan masyarakat adalah sebuah poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

- Poster Kegiatan. Poster kegiatan adalah poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

- Poster Karya Seni. Poster karya seni merupakan poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

- Poster Pendidikan. Poster pendidikan adalah poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

5 dari 8 halaman

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Jenis-jenis contoh gambar poster juga dapat dibagi berdasarkan tujuannya. Jenis-jenis poster adalah sebagai berikut jika dibagi berdasarkan tujuannya:

- Poster Propaganda. Poster propaganda adalah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk mempengaruhi orang lain.

- Poster Kampanye. Poster kampanye biasanya sering muncul saat masa-masa pilkada atau pemilu, bertujuan untuk meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilih seseorang ini saat pemilu tiba.

- Poster Afirmasi. Poster afirmasi bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.

- Poster Riset. Poster riset bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian atau riset kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini kerap ditemui di sekolah.

- Poster Kelas. Poster kelas secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa, sering sekali poster ini kita lihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

- Poster Komersial. Poster komersial merupakan poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

- Poster “Dicari”. Poster Dicari ini bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang dan lain-lain.

- Poster Film. Poster film bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

- Poster Komik. Poster komik bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

- Poster “Cheesecake”. Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak, biasanya poster ini memuat gambar-gambar orang terkenal seperti selebriti, penyanyi dan lain-lain yang dapat menarik perhatian banyak orang.

6 dari 8 halaman

Contoh Gambar Poster

Berikut contoh gambar poster:

Berikut contoh gambar poster:

7 dari 8 halaman

Contoh Gambar Poster

Berikut contoh gambar poster:

Berikut contoh gambar poster:

8 dari 8 halaman

Contoh Gambar Poster

Berikut contoh gambar poster:

Berikut contoh gambar poster:

Berikut contoh gambar poster:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS