Sukses

Pria Ini Sukses Menyelam 120 Meter Tanpa Alat Selam, Raih Rekor Dunia

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan berenang menyelam membutuhkan keterampilan tersendiri. Salah satunya akses oksigen yang cukup selama berada di kedalaman air. Jika tak mengenakan tabung oksigen, kebanyakan manusia hanya mampu bertahan selama beberapa detik saja. Namun berbeda dengan atlet selam Arnaud Jerald.

Arnaud baru saja membuktikan kemampuannya dalam dunia freee diving atau menyelam tanpa mengenakan alat bantu selam. Alhasil pria asal Prancis ini mencetak rekor dunia sebagai orang yang mampu menyelam tanpa bantuan tabung oksigen paling dalam. Tak heran, Arnaud bisa menyelam bebas sedalam 120 meter di Deans Blue Holes kepulauan Bahama (9/8/2022).

"Ini penyelaman yang luar biasa. Saya tidak percaya saya berhasil melakukannya," kata Arnaud Jerald mengutip dari video yang diunggah Reuters.

Bukan hal yang instan, keberhasilan Arnaud ini merupakan buah dari keuletannya di dunia selam sejak usia remaja. Berikut Liputan6.com merangkum kisah keberhasilannya melansir dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Keterbatasan Proses Belajar

Lewat pernyataannya, Arnaud Jerald mengaku telah menggeluti dunia selam sejak berusia 16 tahun. Mengutip dari India Times, Arnaud pernah menderita disleksia atau gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Hal ini membuatnya menyalurkan bakat pada olahraga menyelam. 

Keterbatasannya itu tak membuatnya patah semangat dan mengantarkannya pada keberhasilan meraih rekor menyelam sedalam 30 meter saat masih remaja. 

“Di bawah sana, di bagian bawah, dia membuka matanya. Akhirnya, dia menemukan dirinya sendiri. Dia menemukan tempat di mana dia merasa aman, tempat yang bisa dia sebut rumah. Sejak hari itu, dia merasa bisa mulai bernapas lagi. Menyelam bebas adalah panggilannya, ” tulis Arnaud Jerald  dalam situs webnya.  

3 dari 3 halaman

Pecahkan Rekor Selam Bebas Terdalam

Selama bertahun-tahun, Jerald telah memecahkan rekor kejuaraan menyelam. Tercatat pada 2019, ia melampaui rekornya sendiri dengan menyelam ke 354 dan kemudian memperbaikinya pada 2020 dengan mencapai 367 kaki atau 112 meter. Dalam karirnya yang sudah berkilauan, ia telah mengumpulkan total tujuh rekor dunia serta medali emas, perak, dan perunggu dari kejuaraan nasional dan dunia. 

Kejuaraan selam di kompetisi Vertical Blue tahunan di Bahama sendiri, Arnaud menyelesaikan penyelaman dalam tiga menit dan 34 detik. Pria asal Prancis ini telah memecahkan rekor dunia untuk penyelaman dalam dengan sirip ganda, turun hingga kedalaman 393 kaki (120 meter). 

“Saya mengerahkan seluruh upaya pada musim dingin ini untuk berlatih dan mencapainya. Namun pencapaian yang terjadi jauh lebih besar dari yang saya bayangkan sebelumnya,” kata  Jerald. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS