Sukses

5 Manfaat Akar Bahar, Baik untuk Kesehatan dan Aksesoris

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai manfaat Akar Bahar yang penting untuk kamu ketahui. Akar bahar sendiri sering dan sudah lama digunakan serta dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat spritual dan metafisika.

Bila melihat dari namanya, banyak orang yang menyangka bahwa akar bahar berasal dari tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi, akar bahar sebenarnya berasal dari hewan. Mengutip dari artikel bertajuk "Akar Bahar, Karang yang Statusnya Dilindungi" yang dimuat di situs Greeners.co, akar bahar adalah hewan yang termasuk ke dalam filum Coelenterata atau hewan tak bertulang belakang atau hewan berongga. Akar bahar dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai Black Coral atau Thorny Coral.

Ada berbagai manfaat akar bahar yang telah dikenal luas oleh masyarakat. Selain untuk hal-hal spiritual, akar bahar juga dikenal sebagai salah satu bahan kerajinan yang digemari oleh banyak orang. Di samping itu, manfaat akar bahar juga digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional di berbagai daerah. Meskipun ada banyak manfaat akar bahar yang dipercaya oleh masyarakat, hingga saat ini masih belum ada penelitian yang membuktikan khasiatnya.

Berikut ini beberapa manfaat akar bahar yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Baik Untuk Peredaran Darah dan Otak

1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat akar bahar yang pertama ialah dapat membantumu untuk memperlancar peredaran darah. Akar bahar sendiri telah lama dipercaya dan digunakan untuk mengatasi masalah kelancaran peredaran darah. Akar bahar dapat membantumu untuk mengatasi berbagai masalah seperti tekanan darah tinggi dan anemia. Selain itu, akar bahar juga dipercaya dapat membantumu untuk menghentikan pendarahan. Konsumsilah akar bahar secara rutin dan teratur untuk membantumu memperlancar peredaran darah di dalam tubuhmu; membuat tubuhmu lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang.

2. Baik untuk Otak

Manfaat akar bahar yang selanjutnya ialah baik untuk otakmu. Manfaat akar bahar ini tidak terlepas dari kemampuannya untuk membantu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Dengan peredaran darah yang lancar, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih efektif dalam menerima berbagai asupan nutrisi yang mereka butuhkan, termasuk otak. Pasalnya, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan bagian tubuh lainnya dibawa dan dialirkan oleh darahmu. Dengan aliran darah yang lancar, maka otak akan mendapatkan asupan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bekerja dengan baik. Hal ini akan merangsang otak untuk bekerja secara lebih efektif dan optimal, meningkatkan kemampuan mereka, hingga menjaga kesehatan otak yang penting bagi tubuhmu.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Nyeri Tulang Belakang dan Mencegah Defisiensi Kalsium

3. Meredakan Nyeri di Tulang Belakang

Ada berbagai manfaat akar bahar bagi kesehatan yang telah lama dipercaya oleh masyarakat, khususnya di wilayah Indonesia dan Polinesia. Salah satu manfaat akar bahar yang telah lama dipercayai adalah untuk meredakan nyeri di tulang belakang. Nyeri tulang belakang bisa disebabkan oleh banyak hal. Masalah ini dapat disebabkan oleh cedera, kurang loah raga, obesitas, aktivitas berat, degenerasi cakram tulang belakang, hingga kelainan tulang belakang. Kalau kamu merasakan nyeri di tulang belakangmu, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan akar bahar untuk mengatasi permasalahan tersebut.

4. Mencegah Kekurangan Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi atau asupan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kalsium sendiri telah banyak diketahui penting untuk menjaga kesehatan tualng. Kurangnya asupan kalsium dapat menyebabkan berbagai masalah yang berbahaya. Orang yang kekurangan kalsium dalam jangka panjang dapat menderita berbagai masalah kesehatan seperti oseteoporosis, penyakit jantung, hingga kanker. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga asupan kalsium yang mencukupi.

Salah satu manfaat akar bahar ialah untuk mencegah defisiensi kalsium. Pasalnya, akar bahar dipercaya memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan tulang. Cobalah mengkonsumsi akar bahar secara teratur untuk memastikan supaya asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.

4 dari 5 halaman

Aksesoris

5. Aksesoris

Manfaat akar bahar yang selanjutnya dan yang paling terkenal ialah sebagai aksesoris. Akar bahar banyak diolah dan digunakan untuk membuat berbagai macam aksesoris seperti kalung dan gelang. Aksesoris yang terbuat dari akar bahar sendiri telah lama populer dan menjadi bagian dari budaya di Indonesia, Tiongkok, dan Hawaii. Masyarakat di wilayah tersebut telah lama mempercayai aksesoris yang terbuat dari akar bahar memiliki berbagai manfaat yang terkait dengan medis dan mistis.

Pada abad pertengahan, aksesoris dari akar bahar digunakan untuk melindungi diri dari sihir yang jahat. Sementara di Tiongkok, akar bahar dulunya digunakan sebagai simbol kekayaan seseorang. Suku Maya juga menggunakan akar bahar sebagai ornamen dan mempercayai bahwa akar bahar memiliki kemampuan mistis atau supernatural.

5 dari 5 halaman

Manfaat Akar Bahar Menurut Warnanya

Ada berbagai jenis akar bahar yang ada di dunia. Masing-masing jenis akar bahar ini memiliki warna yang berbeda. Di Indonesia sendiri, akar bahar yang terkenal memiliki warna hitam, putih, dan merah. Banyak orang yang percaya bahwa setiap jenis akar bahar tersebut memiliki manfaat akar bahar yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa manfaat akar bahar menurut jenisnya yang dikutip dari situs Emmanuelle Guyon:

1. Manfaat Akar Bahar Merah

- Akar bahar merah akan berubah menjadi batu saat kontak dengan udara dan sinar matahari. Hal ini membuat akar bahar menjadi simbol dari darah dan juga kehidupan.

- Efisien untuk mengatasi cegukan, kolik, dan sakit perut. Akar bahar merah juga dapat menyembuhkan penyakit ginjal, kandung kemih dan paratiroid.

- Akar bahar merah dipercaya dapat membantu untuk mencapai kehamilan.

- Akar bahar merah juga dipercaya dapat mengatur siklus menstruasi.

2. Manfaat Akar Bahar Hitam

- Akar bahar hitam sering dikaitkan dengan sisi gelap dan dipercaya dapat mengatasi mimpi buruk dan hal-hal yang bersifat negatif.

- Dipercaya sebagai batu regenerasi

- Akar bahar hitam dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ginjal, kandung kemih dan paratiroid.

- Akar bahar hitam dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria.

3. Manfaat Akar Bahar Putih

- Akar bahar putih dipercaya dapat membantu pertumbuhan anak supaya anak dapat tumbuh lebih baik dan sehat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS