Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Energi Alternatif? Pahami Pengertian dan Jenisnya

Apa yang dimaksud dengan energi alternatif adalah sumber energi terbaru yang berperan untuk menggantikan sumber energi konvensional

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan energi alternatif adalah sumber energi terbaru yang berperan untuk menggantikan sumber energi konvensional seperti listrik, gas alam, batu bara dan lain sebagainya. Hal ini diperlukan karena energi konvensional makin menitip keberadaannya.

Pertanyaan apa yang dimaksud dengan energi alternatif sering kali didengar saat seseorang memutuskan untuk beralih dari penggunaan energi konvensional ke energi alternatif. Karena sebelum berpindah Haluan dalam penggunaan energi, penting untuk mengetahui pengertian manfaat dan jenisnya terlebih dahulu.

Hal ini agar saat beralih ke energi alternatif, anda bisa menentukan energi alternatif yang paling tepat dengan kebutuhan anda dan dapat memanfaatkan energi alternatif ini secara maksimal untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk menjawab pertanyaan apa yang dimaksud dengan energi alternatif, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022). Tentang pengertian, jenis dan manfaat energi alternatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Energi Alternatif

Pengertian Energi Alternatif

Dikutip dari KBBI apa yang dimaksud dengan energi alternatif adalah energi yang berasal bukan dari minyak bumi, misalnya tenaga air, panas bumi, nuklir, surya, angin, gelombang, biomassa, gas alam, gambut, batu bara, dan gas alam.

Sedangkan dilansir dari Encyclopedia Britannica sumber energi alternatif adalah energi yang didapatkan melalui sumber energi yang dapat diperbaharui (terbarukan), bisa dipulihkan, atau kekal. Misalnya sungai, pasang surut air laut, biomassa, biogas, matahari, dan aliran sungai.

Dengan penggunaan energi alternatif dengan maksimal, maka kondisi bumi saat ini bisa dirasakan oleh generasi berikutnya. Namun, sangat disayangkan bahwa masih sedikit yang sadar untuk menggunakan energi alternatif dan lebih memilih menggunakan energi fosil.

3 dari 5 halaman

Manfaat Energi Alternatif

Manfaat Energi Alternatif

berikut manfaat dan keunggulan apa yang dimaksud dengan energi alternatif:

1) Pasokan Bahan Bakar Yang Tidak Pernah Habis

Seperti namanya, energi alternatif dibuat dari sumber yang secara alami mengisi kembali dirinya sendiri. Seperti sinar matahari, angin, air, biomassa, dan bahkan panas bumi (bawah tanah). Berbeda dengan pertambangan batu bara, minyak, dan gas alam energi alternatif mengubah sumber daya alam secara langsung menjadi listrik.

Dan sementara banyak bahan bakar fosil menjadi lebih sulit dan lebih mahal untuk diperoleh, yang kemudian mengakibatkan kerusakan habitat alami dan kerugian finansial yang signifikan, energi alternatif tidak pernah habis.

2) Nol Emisi Karbon

Manfaat paling signifikan dari energi alternatif adalah tidak ada gas rumah kaca atau polutan lain yang tercipta selama proses tersebut. Sedangkan pembangkit listrik tenaga batu bara menghasilkan sekitar 2,2 pon CO2 untuk setiap kilowatt, panel surya dan turbin angin tidak menghasilkan sama sekali.

3) Udara dan Air yang Lebih Bersih

Membakar bahan bakar fosil untuk menghasilkan listrik tidak hanya membuat kerusakan iklim, hal ini juga menyebabkan pencemaran udara yang kita hirup dan air yang kita minum. Pembangkit listrik tenaga batu bara, misalnya, melepaskan volume tinggi karbon dioksida (CO2) dan dinitrogen oksida (N2O) langsung ke atmosfer atau setara dua kali gas rumah kaca yang paling kuat.

Namun selain itu, mereka juga memancarkan merkuri, timbal, sulfur dioksida, partikulat, dan logam berbahaya, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mulai dari kesulitan bernapas hingga kematian dini .

Listrik bahan bakar fosil juga dapat mencemari saluran air, baik dari polusi udara yang jatuh ke tanah saat hujan, maupun bahan limbah yang dihasilkan selama proses produksi. Di sisi lain, energi terbarukan tidak menimbulkan polusi, limbah, atau risiko kontaminasi terhadap udara dan air.

4 dari 5 halaman

Manfaat Energi Alternatif

4) Bentuk Listrik yang Lebih Murah

Dengan pesatnya pertumbuhan energi terbarukan selama sepuluh tahun terakhir, tenaga surya dan angin kini menjadi sumber listrik termurah di banyak bagian dunia. Penurunan dramatis dalam biaya dengan energi yang berasal dari tenaga surya dan angin bahkan telah menyebabkan banyak perusahaan multinasional berinvestasi dengan menggunakan tenaga alternatif ini.

Meskipun apa yang dimaksud dengan energi alternatif memerlukan biaya yang lebih mahal saat pembuatannya, namun dalam jangka waktu panjang energi alternatif berhasil mengurangi biaya tagihan yang lebih besar daripada biaya tagihan energi konvensional.

5) Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Dengan meningkatnya fokus pada pemanasan global dan banyak pemerintah menetapkan tujuan pengurangan karbon yang ambisius, salah satu keuntungan energi alternatif yang mengejutkan adalah bahwa energi tersebut dengan cepat menjadi sumber utama pertumbuhan lapangan kerja baru.

Di Amerika misalnya perusahaan yang berfokus memproduksi energi alternatif sekarang mempekerjakan tiga kali lebih banyak orang daripada bahan bakar fosil, dan Biro Statistik memperkirakan bahwa teknisi turbin angin dan panel surya akan menjadi pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat selama dekade berikutnya.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Sumber Energi Alternatif

Jenis-jenis Sumber Energi Alternatif

1. Energi Surya

Energi surya atau matahari merupakan sumber apa yang disebut energi alternatif yang paling umum dikenal, dan untuk alasan yang baik. Energi surya selalu ada dan biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan dapat dikembalikan melalui penghematan tagihan energi.

Satu-satunya potensi kemunduran panel surya adalah bahwa mereka rentan terhadap kerusakan dari waktu ke waktu dan tidak sepenuhnya aman untuk cuaca di negara-negara dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti negara dengan empat musim.

 

2. Energi Angin 

Energi Angin adalah salah satu sumber energi terbersih dan paling mudah diakses. Tenaga angin berkelanjutan dan tidak melepaskan emisi karbon sebagai produk sampingan. Ini juga sepenuhnya terbarukan, karena akan selalu ada angin.

Sumber energi seperti bahan bakar fosil seringkali berfluktuasi harganya. Sebuah ladang angin khas  membayar kembali jejak karbonnya dalam waktu sekitar enam bulan atau bahkan kurang, yang menyediakan energi nol-emisi selama beberapa dekade yang menggantikan energi bahan bakar fosil.

 

3. Energi Biomassa 

Jenis energi ini dapat datang dalam beberapa bentuk. Energi biomassa dapat mencakup apa saja, mulai dari pembakaran kayu hingga pembakaran sampah, seperti yang dilakukan banyak negara maju seperti Amerika saat ini. Dengan biomassa dalam bentuk pembakaran kayu, panas yang dihasilkan seringkali setara dengan sistem pemanas sentral.

Selain itu biaya yang diperlukan cenderung lebih rendah daripada rumah tangga atau bangunan yang menggunakan bahan bakar fosil. Namun, ini bukan sumber energi hijau, meskipun secara teknis dapat diperbarui.

 

4. Energi Nuklir 

Energi Nuklir diambil dari inti atom, yang harus dipecah untuk mendapatkan energinya, sebuah proses yang disebut fisi. Ini dimanfaatkan di pembangkit listrik, di mana batang bahan nuklir menyesuaikan berapa banyak listrik yang dihasilkan.

Semakin banyak batang yang ada selama reaksi berantai, reaksi akan semakin lambat dan terkendali. Menghapus batang akan memungkinkan reaksi berantai yang lebih kuat dan menciptakan lebih banyak listrik. Apakah energi nuklir harus dianggap terbarukan atau tidak adalah perdebatan terus-menerus.

 

5. Biofuel 

Biofuel mirip dengan biomassa, namun biofuel menggunakan materi biologis (hewan dan tumbuhan) untuk menciptakan energi. Biofuel dapat diperbaharui ketika tanaman digunakan karena, tentu saja, tanaman selalu dapat tumbuh.

Namun, mereka memang membutuhkan mesin khusus untuk ekstraksi, yang secara tidak langsung dapat berkontribusi pada peningkatan emisi bahkan jika biofuel dalam penggunaanya tidak menghasilkan emisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.