Sukses

5 Cara Membuat Iklan yang Menarik dan Unik, Bisa Dijadikan Referensi

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat iklan yang menarik membutuhkan ide dan ketelatenan. Iklan sendiri harus dibuat menonjol dari segi desain penampilan gambar dan kata-kata yang digunakan untuk membujuk maupun informasi kepada publik.

Iklan adalah proses membujuk seseorang agar terpengaruh dengan pesan yang disampaikan. Dengan begitu, cara membuat iklan yang menarik harus memperhatikan segi bahasa dan kata-kata, disarankan singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung apapun. 

Cara membuat iklan yang menarik juga bertujuan untuk memasarkan sebuah produk usaha supaya dapat laku keras. Cara membuat iklan yang menarik dan mampu menarik perhatian masyarakat dibutuhkan trik khusus, ini juga bisa dijadikan referensi anda.  

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat iklan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Iklan Secara Umum

Iklan adalah sebuah informasi yang berisi pesan untuk membujuk orang lain, agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan bukan hanya untuk komersial saja, namun juga dapat berupa edukasi atau informasi yang membujuk pembacanya untuk melakukan hal-hal baik, seperti tidak menggunakan obat terlarang, menanam pohon, hingga tidak membuang sampah sembarangan. Pada umumnya, iklan dipromosikan  melalui televisi, radio, media sosial, majalah, dan banyak ditemukan pada baliho di jalan.

3 dari 5 halaman

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Kriyantono

Mengutip dari buku Teknik Praktis Riset Komunikasi (2008) karya Rachmat Kriyantono, iklan adalah bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

Suhandang

Dikutip dari buku Jurnalisme Kontemporer (2005) karya Suhandang, iklan adalah salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

Durianto

Dikutip dari buku Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif (2003) karya Durianto, iklan adalah proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

Wright

Mengutip dari buku The Sociological Imagination (1978) karya Wright, iklan adalah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

4 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Iklan

Setelah mengetahui pengertian iklan, anda juga perlu mengenali unsur-unsur iklan. Berikut rinciannya:

1. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan salah satu bagian terpenting dari iklan. Kalimat ini berfungsi untuk membujuk orang untuk menggunakan suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

2. Attention (Perhatian)

Iklan yang baik merupakan iklan yang mampu menarik perhatian masyarakat. Sehingga diperlukan ide kreatif agar masyarakat mampu melirik iklan tersebut.

3. Interest (Minat)

Setelah mampu mendapatkan perhatian masyarakat, iklan tersebut harus menimbulkan minat untuk mencari tahu tentang produk atau jasa tersebut lebih lanjut.

4. Desire (Keinginan)

Suatu iklan harus mampu menggerakan hati konsumen. Hal ini berkaitan dengan segmen dan preferensi dari masyarakat yang menjadi sasaran iklan.

5. Conviction (Rasa Percaya)

Untuk mendapatkan rasa percaya konsumen, maka iklan harus dibuat dengan tujuan mengedukasi dan bukan menipu. Sehingga kita tidak mengiklankan sebuah kenyataan yang dibuat-buat atau harus sesuai dengan realita.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Iklan yang Menarik dan Unik

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat iklan yang menarik dan unik yang bisa jadi referensi anda, yakni:

1. Pilih tempat untuk beriklan yang strategis

Cara membuat iklan yang menarik dan unik yang pertama adalah dengan memilih tempat yang strategis. Carilah tempat yang sering dilihat dan dilalui banyak orang. Dengan begitu, kemungkinan besar iklan yang kamu buat banyak dibaca oleh masyarakat yang berminat dengan produk yang diiklankan.

2. Buat judul atau slogan yang menarik dan unik

Cara membuat iklan yang menarik dan unik selanjutnya adalah dengan membuat judul atau slogan yan singkat dan menarik. Judul atau slogan adalah kunci yang berperan penting. Supaya menarik minat masyarakat untuk membaca iklan, gunakanlah bahasa yang lugas dengan pilihan kata yang tepat. Jadi, buatlah judul atau slogan unik dan semenarik mungkin agar mampu membuat masyarakat penasaran untuk membaca iklan lebih lanjut.

3. Perhatikan detaik desain

Cara membuat iklan yang menarik dan unik selanjutnya adalah memperhatikan detail desain. Sisi desain juga patut dipertimbangkan saat membuat iklan, seperti penggunaan font, gaya penulisan, kombinasi warna, dan lain sebagainya. jika ingin membuat banyak iklan, pastikan anda sudah memiliki konsistensi penggunaan warna, jenis font, serta menyertakan logo produk agar mudah diingat masyarakat. Hal ini dapat menjadi ciri khas yang unik dari bisnis anda.

4. Berikan penawaran menarik

Cara membuat iklan yang menarik dan unik selanjutnya adalah memberikan penawaran yang menarik. Hal ini juga sebagai trik memasarkan produk atau bisnis anda yang paling efektif. mkan penawaran tersebut dalam iklan, misalnya penawaran gratis ongkos kirim (ongkir), potongan harga, buy one get one free, dan lain sebagainya.

5. Tampilkan tokoh terkenal dan penting

Cara membuat iklan yang menarik dan unik selanjutnya adalah menampilkan tokoh yang terkenal dan penting. Hal ini juga dapat membuat konsumen atau masyarakat menjadi tertarik untuk membaca iklan yang anda buat. Saat ini juga banyak iklan yang memanfaatkan ikon yang digemari oleh masyarakat. Tak jarang juga banyak iklan yang menampilkan tokoh penting dan artis terkenal sehingga membuat masyarakat penasaran. Sebab semakin kreatif, iklan tersebut akan semakin menarik perhatian masyarakat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS