Sukses

4 Contoh Teks Hasil Laporan Observasi yang Singkat, Lengkap Strukturnya

Contoh teks hasil laporan observasi adalah hasil pengamatan langsung ke lapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Contoh teks hasil laporan observasi bisa menjadi pedoman untuk membuatnya secara singkat dan benar. Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang berisi informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Secara sederhana, contoh teks hasil laporan observasi adalah hasil pengamatan langsung ke lapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada. Informasi yang diperoleh meliputi objek tentang keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian, dan kebudayaan.

Contoh teks hasil laporan observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Hal itu berarti isi teks laporan hasil observasi tersebut harus memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca. Untuk lebih memahami tentang teks hasil laporan observasi, maka anda bisa melihat contoh teks hasil laporan observasi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai contoh teks hasil laporan observasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Struktur Teks Hasil Laporan Observasi

Mengutip dari buku Cara Cepat menguasai Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X,XI,XII karya Tomi Rianto, berikut struktur dari teks hasil laporan observasi, yaitu:

1. Judul

Judul merupakan bagian teks laporan hasil observasi yang ditulis untuk memunculkan ciri khas sesuatu yang akan diinformasikan.

2. Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan bagian teks laporan hasil observasi yang berisi pengenalan fenomena benda yang akan menjadi topik pembicaraan secara singkat, namun jelas.

3. Deksripsi Bagian

Deskripsi bagian adalah bagian struktur teks laporan hasil observasi yang berisi gambaran dari fenomena atau benda yang diamati dari bagian ke bagiannya.

4. Deskripsi Manfaat

Deskripsi manfaat adalah bagian struktur teks hasil laporan observasi yang berisi mengenai manfaat atau keuntungan dari topik yang sedang dibicarakan.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Hasil Laporan Observasi yang Singkat

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks hasil laporan observasi yang singkat lengkap dengan strukturnya, yaitu:

1. Contoh Teks Hasil Laporan Observasi 1

Judul : Bunga Mawar

Pernyataan umum:

Mawar adalah satu di antara tanaman hias yang populer, yang merupakan tanaman semak dari jenis genus Rosa. Tanaman mawar memiliki tinggi 2-5 meter dan ada lebih dari 100 spesies. Batang mawar berduri tajam, licin, dan halus, serta bentuk daun yang menyirip dengan panjang sekitar 5-15 cm.

Ada berbagai macam warna bunga mawar, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, bahkan hitam. Di bagian mahkota bunga, terdapat empat sampai lima helai daun mahkota. Mawar hidup di daerah yang sejuk.

Deskripsi bagian:

Budidaya bunga mawar bisa dilakukan dengan menanam biji, okulasi, dan stek batang. Di masa pertumbuhannya, perawatan merupakan faktor paling penting agar bunga mawar tumbuh kukuh dan tentunya indah.

Beragam cara bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar, diantaranya dengan membasmi rumput liar dan gula di sekitar tanaman, menyiram tanaman dengan rutin, dan memberi pupuk secara rutin 3-4 bulan sekali dengan dosis yang sesuai.

Perlu kamu tahu, pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk menyiram tanaman karena suhu udara tidak terlalu panas. Lakukan juga pemangkasan terhadap tangkai yang sudah layu dan dahan yang kering dengan tujuan agar batas menjadi kukuh dan tumbuh tunas yang baru.

Di Indonesia, kita dapat menemukan jenis bunga mawar seperti modern garden roses, buck roses, old garden roses, climbing roses, shrub rose, english rose, dan wild rose (mawar liar).

Deskripsi manfaat:

Dikarenakan warna dan bentuknya yang sangat indah, bunga mawar biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Tetapi, di balik keindahannya, bunga mawar mempunyai banyak manfaat, di antaranya sebagai anti bakteri, anti viral, anti depresan, anti peradangan, dan sumber vitamin C.

Selain itu banyak produk kecantikan seperti parfum, sabun, pelembab, dan sebagainya yang menggunakan bunga mawar sebagai bahan pembuatannya. Mawar juga bisa dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

2. Contoh Teks Hasil Laporan Observasi 2

Judul: Komodo

Pernyataan umum:

Komodo merupakan hewan sejenis reptil besar yang berkaki empat dan wujudnya menyerupai kadal-kadal-an. Bedanya, ukuran hewan ini sangatlah besar. Komodo merupakan hewan langka yang sudah masuk kategori dilindungi. Komodo sudah dicanangkan menjadi satwa nasional bagi negeri ini.

Deskripsi bagian:

Jika dilihat dari jauh dan dilihat sekilas, komodo tampak seperti biawak biasa. Tetapi, ketika perhatikan dengan saksama, binatang ini ukurannya jauh lebih besar dari biawak. Panjang tubuhnya bisa mencapai tinggi rata-rata orang indonesia, atau sekitar 165 cm. Panjang ekornya setara panjang badannya sehingga membuat panjang total hewan ini menjadi sekitar tiga meter lebih. Komodo memiliki badan yang panjang, lebih besar dari kepalanya.

Kepalanya agak memanjang, mirip dengan reptil pada umumnya. Matanya kecil dan berwarna. Mulutnya agak memanjang. Giginya banyak, menyelimuti rahang di sekujur rahangnya. Gigi Komodo cukup panjang dan sangat tajam. Lidahnya yang berwarna kuning sering menjulur keluar dan bercabang pada tepiannya.

Kulitnya bersisik dan tampak keras, namun memiliki pola yang Indah. Warna kulitnya cokelat kehitam-hitaman dengan sedikit bias kuning keemasan. Pada bagian leher terdapat lipatan-lipatan kulitnya yang bersisik. Lipatan tersebut ditemukan pula di bagian ketiak depan dan lipatan paha bagian belakang. Bagian punggung ekornya bersisik menyerupai gergaji dengan arah miring ke belakang. Cakar komodo sangatlah tajam dan menukik. Bentuknya mirip cakar burung elang. Warnanya hitam legam dan biasa digunakan untuk bertarung melawan mangsanya.

Deskripsi manfaat:

Binatang ini boleh dibilang hewan yang menyeramkan, namun memiliki sisik yang indah dan bertubuh kekar dan gagah. Komodo merupakan satu di antara satwa nasional yang harus dipertahankan sebagai salah satu bukti nyata kekayaan negeri ini.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Hasil Laporan Observasi yang Singkat

3. Contoh Teks Hasil Laporan Observasi 3

Judul: Pohon Kelapa

Pernyataan umum:

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, dengan tinggi bisa mencapai tiga meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia. Banyaknya manfaat menjadikan tunas kelapa dijadikan sebagai lambang dari Pramuka di Indonesia. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudra Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Deskripsi bagian:

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Deskripsi manfaat:

Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman. Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat, dan masih banyak lagi.

4. Contoh Teks Hasil Laporan Observasi 4

Judul: Hutan

Deskripsi umum:

Hutan adalah paru-paru dunia. Tidak hanya berperan penting dalam ekosistem, hutan juga berpengaruh besar terhadap flora, fauna, juga manusia. Rusia dinobatkan sebagai negara dengan total luas wilayah hutan terbesar di dunia. Kemudian diikuti Brazil, Kanada, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

Deskripsi bagian:

Walau memiliki peranan yang besar bagi Bumi, sayangnya total luas wilayah hutan tiap tahunnya terus menurun. Sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti penebangan hutan, pembukaan lahan, hingga alih fungsi lahan.

Deskripsi manfaat:

Dalam ekosistem, peran hutan sangatlah banyak. Salah satunya menjadi habitat alami bagi sejumlah flora dan fauna. Hutan juga berfungsi sebagai penghasil oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Manfaat yang dimiliki hutan ini, diharapkan mampu menyadarkan kita para manusia, untuk menjaga serta melestarikan hutan. Karena hutan bukan hanya milik kita, tetapi seluruh makhluk hidup di permukaan Bumi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.