Sukses

1 Euro Berapa Rupiah? Ketahui Nilai Kurs dan Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta 1 Euro berapa Rupiah, sering kali dibicarakan bagi orang Indonesia yang ingin berkunjung ke negara yang menggunakan mata uang Euro sebagai transaksinya. Euro merupakan mata uang resmi yang berlaku di negara Eropa.

Mata uang Euro digunakan sebagai alat pembayaran yang sah pada negara-negara di wilayah tersebut. Lambang mata uang Euro adalah simbol yang menyerupai huruf kapital E dengan garis pada bagian tengah.

1 Euro berapa Rupiah bisa saja berbeda setiap harinya. Hal ini tentunya merujuk kepada beragam faktor, seperti nilai tukar Euro yang sedang menguat, sehingga nilai tukar ke Rupiah menjadi melemah, begitu pula sebaliknya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai 1 Euro berapa Rupiah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Mata Uang Euro

Sebelum mengetahui 1 Euro berapa Rupiah, anda perlu mengenal mata uang Euro terlebih dahulu. Euro merupakan  mata uang yang dipakai di 19 negara anggota Uni Eropa. Secara giral, mata uang ini mulai dipakai sejak tanggal 1 Januari 1999, tetapi secara fisik baru dipakai pada tanggal 1 Januari 2002. Uang kertas Euro di mana-mana rupa dan gambarnya sama, tetapi sisi belakang uang logamnya berbeda-beda di setiap negara.

Uang logam setiap negara diberi lambang identitas masing-masing negara anggota UE yang berada di Zona Euro (Eurozone). Euro adalah mata uang cadangan terbesar kedua serta mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia setelah dolar Amerika Serikat.

3 dari 5 halaman

Sejarah Mata Uang Euro

Sebelum mengetahui 1 Euro berapa Rupiah, anda perlu mengenal sejarah mata uang Euro. Sejarah mata uang Euro berawal pada tahun 1991, ada sebanyak 12 negara komunitas Eropa yang menyelenggarakan Maastricht Treaty. 12 negara tersebut meliputi Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Irlandia, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Portugal, Yunani, dan Luksemburg.

Negara-negara tersebut kemudian menyepakati serikat ekonomi dan moneter serta pertukaran bersama yang sesuai. Termasuk diantaranya adalah mata uang baru yakni Euro. Kemudian, Euro resmi dikeluarkan pada 1 Januari 1999. Penggunaan mata uang tunggal dapat mendorong perdagangan dengan menekan fluktuasi valuta asing dan mengurangi harganya.

Lalu, negara-negara lainnya bergabung menggunakan Euro. Pada 28 Februari 2002, Euro menjadi mata uang 12 negara anggota Uni Eropa. Karena banyak yang bergabung, maka kini sebanyak 19 dari 22 negara anggota Uni Eropa menggunakan Euro. Negara-negara di mana Euro berlaku dan disebut dengan Eurozone.

Simbol mata uang Euro adalah huruf kapital E dengan garis pada bagian tengah. Simbol mata uang Euro sendiri dirancang setelah melalui survei publik yang mempersempit sepuluh proposal asli menjadi dua. Komisi Eropa kemudian memilih desain yang dibuat oleh perancang Belgia, Alain Billiet.

Inspirasi untuk simbol mata uang Euro yaitu € itu sendiri berasal dari epsilon Yunani (Є) yang merujuk kepada tempat lahirnya peradaban Eropa dan huruf pertama dari kata Eropa, dilintasi oleh dua garis paralel untuk 'menyatakan' stabilitas Euro.

4 dari 5 halaman

1 Euro Berapa Rupiah

Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa nilai kurs 1 Euro berapa Rupiah dapat berubah-ubah setiap harinya. Saat artikel ini ditulis, 1 Euro berapa Rupiah nilai tukar Euro milik negara Eropa ke Rupiah Indonesia adalah 15.004,72 Rupiah Indonesia, pada 16 Agustus 2022 pukul 14.03 UTC (Universal Time Coordinated). Itu artinya, 1 Euro berapa Rupiah hari ini adalah Rp15.004.

1 Euro berapa Rupiah hari ini adalah Rp15.004, bagaimana jika dikonversikan dengan nilai yang lebih besar?

Dicontohkan menghitung dengan konversi 1 Euro berapa Rupiah hari ini. 1 Euro bernilai 15.004 IDR, kemudian untuk mengetahui nilai dari 10 Euro berapa Rupiah Indonesia, kalikan 1 Euro berapa Rupiah hari ini adalah Rp15.004 dengan 10 Euro (15.004 x 10 = 150.040). Apabila nilai tukar 1 Euro berapa Rupiah hari ini adalah Rp15.004, maka €10 adalah 150.040 Rupiah Indonesia (IDR).

5 dari 5 halaman

Negara-Negara yang Menggunakan Mata Uang Euro

Mata uang yang berlaku di negara-negara Eropa adalah Euro. Berikut ini ada beberapa negara yang menggunakan mata uang Euro sebagai transaksi, yaitu:

1. Perancis

2. Yunani

3. Austria

4. Jerman

5. Spanyol

6. Portugal

7. Slovenia

8. Belanda

9. Latvia

10. Belgium

11. Finlandia

12. Siprus

13. Estonia

14. Luksemburg

15. Slowakia

16. Slovenia

17. Malta

18. Italia

19. Irlandia

Selain itu juga ada beberapa negara kecil di Eropa yang menggunakan mata uang Euro sebagai transaksi, yakni:

1. Andorra

2. Monako

3. San Marino

4. Vatikan

Kemudian beberapa daerah yang juga diperbolehkan menggunakan mata uang Euro sebagai transaksi, yaitu:

1. Montenegro

2. Kosovo

3. Guyana Prancis

4. Guadeloupe di kepulauan Karibia, salah satu Departemen seberang laut Prancis

5. Martinik di kepulauan Karibia, salah satu Departemen seberang laut Prancis

6. Mayotte di Samudra Hindia, salah satu Departemen seberang laut Prancis

7. Réunion di Samudra Hindia, salah satu Departemen seberang laut Prancis

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS