Sukses

7 Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Menghilangkannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa penyebab jerawat di dahi yang sering terjadi? Memahami penyebab jerawat di dahi yang sering terjadi adalah produksi minyak atau sebum berlebihan. Selain itu, penyebab jerawat di dahi adalah penumpukan sel kulit mati, keringat, hingga infeksi bakteri.

Tak hanya itu, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ahli dermatologi dan kecantikan mengungkap penyebab jerawat di dahi dipengaruhi oleh perubahan hormonal, stres atau tekanan, konsumsi obat tertentu, hingga masalah kebersihan. Seperti sering menyentuh dahi dengan tangan, tidak rajin mencuci rambut dan wajah, tidak cocok dengan riasan, serta iritasi pakaian atau aksesoris.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat di dahi tersebut?

Para ahli mengatakan cara menghilangkan jerawat di dahi harus disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Bisa menggunakan obat bebas dan obat resep pada kondisi sedang sampai parah. Kemudian cara menghilangkan jerawat di dahi bisa dengan perawatan rumahan saat kondisinya sangat ringan atau tidak parah.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab jerawat di dahi dan cara menghilangkannya menurut ahli dermatologi dan kecantikan, Kamis (18/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

7 Penyebab Jerawat di Dahi dan Penjelasannya

Penyebab jerawat di dahi adalah sama dengan penyebab kemunculan di berbagai area wajah dan tubuh, seperti pipi, hidung, dagu, hingga punggung. Penyebab jerawat di dahi adalah penumpukan kotoran di pori-pori kulit, penumpukan sel kulit mati, keringat, infeksi bakteri, dan minyak atau sebum.

Ahli dermatologi Debra Sullivan, Ph.D., MSN, R.N., CNE, COI melansir dari Health Line menjelaskan penyebab jerawat di dahi yang paling sering terjadi karena produksi minyak atau sebum berlebih. Faktor pemicu produksi minyak berlebih dari penyebab jerawat di dahi adalah hormon di masa pubertas, stres, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Kemudian ditegaskan oleh ahli kesehatan dan kecantikan wanita Cynthia Cobb, DNP, APRN, WHNP-BC, FAANP melansir dari Medical News Today. Penyebab jerawat di dahi adalah perubahan hormonal, ini sangat umum pada masa pubertas karena kadar berfluktuasi secara signifikan pada periode ini. Stres menjadi penyebab jerawat di dahi tetapi pemicunya belum jelas.

Kemudian penyebab jerawat di dahi karena konsumsi jenis obat tertentu, ini menjadi efek sampingnya. Efek konsumsi obat yang menjadi penyebab jerawat di dahi adalah steroid tertentu, antikonvulsan, barbiturat, atau litium.

1. Penyebab jerawat di dahi adalah perubahan hormonal.

2. Penyebab jerawat di dahi adalah stres atau tekanan.

3. Penyebab jerawat di dahi adalah konsumsi obat-obatan tertentu.

Apa lagi yang bisa menjadi penyebab jerawat di dahi?

Penyebab jerawat di dahi pun dipengaruh faktor eksternal lainnya, seperti masalah kebersihan. Kedua ahli tersebut membenarkan penyebab jerawat dapat dipengaruhi masalah eksternal, ini penjelasannya:

4. Penyebab jerawat di dahi adalah ketika seseorang tidak rajin mencuci rambut dan wajah. Dijelaskan, tidak mencuci rambut dan wajah secara teratur dapat menyebabkan timbunan minyak di dahi dan penyumbatan yang memicu timbulnya jerawat.

5. Penyebab jerawat di dahi adalah penggunaan produk rambut tertentu, seperti gel, minyak, atau lilin, terkait dengan jerawat yang dikenal sebagai jerawat pomade.

Dijelaskan, produk rambut tersebut bisa menjadi penyebab jerawat di dahi karena ering mengandung bahan-bahan seperti cocoa butter atau minyak kelapa. Mereka dapat membuat kulit ekstra berminyak. Jerawat yang disebabkan oleh produk rambut disebut jerawat pomade.

6. Penyebab jerawat di dahi adalah ketika seseorang menggunakan produk riasan tertentu atau yang baru, begitu pula sering menyentuh dahi saat tangan kotor.

7. Penyebab jerawat di dahi adalah iritasi karena aksesoris seperti topi, ikat kepala, kerudung, dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi parah bagi pemilik kulit wajah sensitif.

3 dari 3 halaman

8 Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami penyebab jerawat di dahi, kemudian apa yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan dan mengobati jerawat di dahi? Para ahli mengungkap penyebab jerawat di dahi dan cara menghilangkannya tergantung pada tingkat keparahan. Ahli kecantikan Cynthia Cobb membolehkan cara menghilangkan jerawat di dahi berikut ini:

1. Cara menghilangkan jerawat adalah menggunakan obat bebas.

Banyak orang melakukan cara menghilangkan jerawat di dahi dengan obat bebas. Misalnya saja gel, sabun losion, dan krim tersedia untuk mengobati jerawat. Diperbolehkan penggunakan produk ini sebagai cara menghilangkan jerawat karena mengandung bahan aktif benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan resorsinol.

2. Cara menghilangkan jerawat adalah menggunakan krim atau losion.

Cara menghilangkan jerawat di dahi tersebut akan memberikan efek berbeda pada setiap individu, jadi coba saja dan kenali yang terbaik untuk perawatan. Sementara bagi pemilik kulit sensitif, cara menghilangkan jerawat di dahi dibolehkan dengan menggunakan krim atau losion. Bagi mereka, perawatan awal akan memuculkan iritasi kulit, dan ini tidak apa-apa.

3. Cara menghilangkan jerawat adalah menggunakan obat resep.

Khusus cara menghilangkan jerawat di dahi pada kondisi parah, bisa dengan obat resep jerawat seperti kortikosteroid, antimikroba, antibiotik, retinoid, dan kontrasepsi kombinasi. Selain itu, hindari memencet jerawat di dahi untuk menghindari timbulnya jaringan parut dan infeksi lebih parah lagi.

Apakah pengobatan rumahan bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat di dahi? Cara menghilangkan jerawat di dahi diperbolehkan untuk kasus jerawat di dahi yang sangat ringan atau tidak parah. Seperti apa saja yang diperbolehkan sebagai cara menghilangkan jerawat di dahi tersebut?

4. Cara menghilangkan jerawat di dahi adalah dengan mengompres hangat dahi dua kali sehari untuk menghilangkan sebum dan meningkatkan pemulihan.

5. Cara menghilangkan jerawat di dahi adalah mengoleskan minyak lidah buaya langsung ke dahi.

6. Cara menghilangkan jerawat di dahi adalah mencampur beberapa tetes minyak tea tree oil dengan air untuk dioleskan ke dahi.

7. Cara menghilangkan jerawat di dahi adalah mencampur seperempat cuka sari apel yang diencerkan dengan tiga seperempat air untuk dioleskan ke dahi dengan kapas.

8. Cara menghilangkan jerawat di dahi adalah mencampur 2-3 sendok teh gel lidah buaya dengan 3-4 tetes tea tree oil untuk masker wajah semalaman, lakukan setiap malam sampai jerawat membaik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS